Rekapitulasi Pilkada 2018, Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota Makassar

#Pilkada2018 Kolom kosong meraih suara lebih dari 50 persen

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan sebagian hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota telah diselesaikan pada 7 Juli 2018, sedangkan tingkat provinsi paling lambat diumumkan besok, Senin 9 Juli 2018.

1. Tiga daerah di Papua belum selesai rekapitulasi

Rekapitulasi Pilkada 2018, Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota MakassarInfografis Rappler Indonesia

Arief mengatakan rekapitulasi penghitungan suara di tiga kabupten/kota belum rampung. Yakni di Kabupaten Jaya Wijaya, Mimika, dan Paniai.

"Sebagian selesai, sebagian belum. Untuk tingkat kabupaten/kota sudah selesai semua, kecuali dua di Kabupaten Jaya Wijaya dan Mimika. Sementara, di Paniai ada penundaan pemungutan suara. Jadi ada tiga yang belum selesai prosesnya," ujar Arief di Kantor KPU, Minggu (8/7). 

2. Kemenangan kolom kosong hanya di Kota Makassar

Rekapitulasi Pilkada 2018, Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota MakassarAntara FOTO/Aji Styawan

Sementara, Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, dari 16 paslon yang melawan kolom kosong, hanya Pilkada Kota Makassar yang dinyatakan kalah. Ke-15 daerah lain dimenangkan paslon yang memperoleh lebih dari 50 persen suara sah.

"Kolom kosong hanya menang di Pilkada Kota Makassar. Untuk 15 daerah lain dimenangkan oleh paslon masing-masing daerah itu," ujar Ilham.

3. Pilkada Kota Makassar akan diulang

Rekapitulasi Pilkada 2018, Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota MakassarAntara FOTO/Aditya Pradana Putra

Karena kolom kosong menang, Ilham menyatakan, Pilkada Kota Makassar akan diulang pada 2020. Kekosongan jabatan kepala daerah akan diisi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Seperti diketahui, hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kota Makassar pada Sabtu (7/7) menyatakan, kolom kosong unggul dari paslon tunggal Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Ciccu). Kolom kosong tercatat memperoleh lebih dari 50 persen suara sah. Sementara, Appi-Ciccu mengantongi 47 persen suara sah.

Rekapitulasi Pilkada 2018, Kolom Kosong Menangi Pilkada Kota MakassarIDN Times/Sukma Shakti

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya