Baliho SBY Bertebaran di Jaksel saat Masa Tenang

Bawaslu menyoroti soal etika baliho SBY di masa tenang

Jakarta, IDN Times - Sejumlah baliho Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bertebaran di beberapa titik di Jakarta Selatan pada masa tenang kampanye Pemilu 2024, Selasa (13/2/2024).

Pantauan IDN Times, baliho SBY terpasang di tiga titik yakni di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Stasiun Lenteng Agung, JPO Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan Jalan Raya Lenteng Agung menuju Depok.

Banner didominasi warna biru itu terdapat gambar SBY berkaca mata sedang melambaikan tangannya. Di gambar tersebut tertulis "Masih Ingat Saya?"

Baca Juga: Masa Tenang, AHY Klaim Sudah Turunkan APK Partai Demokrat di Jakarta

1. Bawaslu memastikan baliho SBY tidak memenuhi unsur kampanye

Baliho SBY Bertebaran di Jaksel saat Masa TenangBaliho SBY ‘Masih Ingat Saya?’ bertebaran di Jakarta Selatan saat masa tenang kampanye (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai, baliho SBY di masa kampenye tidak melanggar aturan pemilu. Sebab baliho tersebut tidak memenuhi unsur kampanye terkait visi-misi, program, dan citra diri.

“Kalau pelanggaran kampanye tidak memenuhi unsur citra diri bahwa masa tenang tidak boleh ada kampanye. Secara unsur normatif foto SBY ‘Masih ingat saya’ tidak memenuhi unsur kampanye menyampaikan visi-misi, progran dan atau citra diri,” kata anggota Bawaslu, Totok Hariyono kepada IDN Times.

2. Bawaslu menyoroti soal etika baliho SBY di masa tenang

Baliho SBY Bertebaran di Jaksel saat Masa TenangKonpers Bawaslu soal pemetaan TPS rawan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Namun demikian, Bawaslu menyayangkan pemasangan baliho di masa kampanye. Totok pun membiarkan masyarakat menilai secara etika.

“Tapi kalau ditanya soal etika, silakan dinilai sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Jika Prabowo Menang Pilpres, SBY: Demokrat akan Sukseskan Pemerintahan

3. AHY copot APK Partai Demokrat di Jakarta

Baliho SBY Bertebaran di Jaksel saat Masa TenangKetum Demokrat AHY turunkan APK di Jaksel/dok Demokrat

Sebelum memasuki masa kampanye, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat di Jakarta. Pembersihan tersebut dilakukan bersama kader dan relawan pada Sabtu, 10 Februari 2024 malam, di wilayah Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

“Saya punya prinsip bahwa sesuatu itu sangat ditentukan oleh kepemimpinan, jadi salah satu bentuk kepemimpinan yang paling sederhana adalah memberikan contoh, artinya melakukan sendiri. Tentu harapannya ini bisa mengajak serta dan termasuk menginspirasi yang lainnya. Kalau hanya sekedar instruksi rasanya belum bisa secara utuh menunjukkan kepada seluruh kader pentingnya upaya ini,” tegas AHY dalam keterangan, Senin (12/2/2024).

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/KI7ONDPAdMA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya