BPN Prabowo-Sandiaga Setuju Materi Debat Capres Dibagikan

BPN sempat melontarkan kritikan pedas ke KPU soal debat

Jakarta, IDN Times - Gembar-gembor timses paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang menyindir KPU membagikan pertanyaan debat capres ternyata juga disetujui oleh pihaknya. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi urusan materi debat Priyo Budi Santoso.

Padahal dari pihak KPU sudah mengatakan kedua belah pihak antara petahana dan oposisi telah sepakat. Priyo kembali menjelaskan, bahwa aturan yang dibuat KPU dalam mengakomodir kepentingan kedua timses tentang materi debat capres yang diberitahukan bocoran pertanyaannya seminggu sebelumnya memang sudah disetujui, namun ia melihat lebih ideal jika pertanyaan diberikan kepada para kandidat tanpa harus diberitahukan soal yang akan dijawab oleh para capres.

"Bukan begitu idealnya, ke depan kita bisa saja gunakan seperti yang di Amerika Serikat (AS) pertanyaan suka-suka dari moderator yang betul-betul hebat dan panelis yang benar-benar netral. Tidak menunjukkan pertanyaan destruktif dan berpihak pada calon tertentu," katanya di Media Center Prabowo-Sandiaga di Sriwijaya, Jakarta Selatan, Senin (7/1).

1. Priyo tegur anggota BPN yang menyerang KPU

BPN Prabowo-Sandiaga Setuju Materi Debat Capres DibagikanIDN Times/Amelinda Zaneta

Mengenai jubir BPN yang serang KPU, politisi asal Partai Berkarya itu mengemukakan bahwa dirinya yang ikut dalam rapat koordinasi (rakor) dengan KPU dan menyepakatinya telah menegur anggota BPN Prabowo-Sandiaga karena tidak koordinasi dengan pihak yang mengikuti rakor.

"Kita kan setuju, itulah yang repot karena di sini kan banyak sekali yang kadang tidak ikut rapat dengan KPU mungkin kayak satu atau dua teman (Anggota BPN Prabowo-Sandi). Tapi kami sudah ingatkan, kami sudah tegur halus sebaiknya jangan seperti itu tidak enak dengan KPU karena sudah bertindak adil," sambung Priyo.

2. BPN apresiasi kinerja KPU

BPN Prabowo-Sandiaga Setuju Materi Debat Capres DibagikanIDN Times/Amelinda Zaneta

Menurutnya ini adalah bentuk kesalahpahaman belaka. Sehingga tidak ada yang salah dari KPU karena telah berusaha bertindak adil dalam mewadahi keputusan dari kedua belah pihak. Priyo malah mengapresiasi kinerja KPU dari seluruh kesepakatan yang telah dibuat.

"Saya tetap memuji KPU karena telah mengikhtiarkan sebagai wasit yang adil, itu kesaksian saya. Tapi walaupun tidak sempurna, dia mencoba mengakomodir kedua belah pihak ya walaupun di-'torpedo' (kritik) saya tetap mengapresiasi KPU, " ujarnya.

Baca Juga: Kontroversi Sosialisasi Visi-Misi Paslon Saat Debat Capres

3. KPU sesalkan tingkah timses Prabowo-Sandiaga

BPN Prabowo-Sandiaga Setuju Materi Debat Capres DibagikanANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara itu, dari pihak KPU menyesalkan tingkah dari para timses Prabowo-Sandiaga yang mengeluarkan kritikan kepada pihaknya. Padahal pihaknya menyebut saat rakor berlangsung tidak ada protes yang dilayangkan dari kedua pihak terutama timses Prabowo-Sandi.

"Kemarin tidak ada yang protes, tidak ada yang menolak dan tidak ada yang walk out, " kata Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, (7/1).

4. Andre Rosiade pernah serang KPU

BPN Prabowo-Sandiaga Setuju Materi Debat Capres DibagikanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya Juru Bicara Prabowo-Sandi Andre Rosiade menyebut contekan pertanyaan bisa menguntungkan pihak petahana. Dia bahkan menyebut KPU tidak perlu menerapkannya karena tidak membuat para capres menjawab pertanyaan dengan orisinil, tapi dengan jawaban yang telah disiapkan.

"KPU tidak perlu memberikan daftar pertanyaan supaya jawaban capres tampil lebih orisinil, dan masyarakat lebih tahu isi kepala masing-masing kandidat," sebutnya.

Baca Juga: Sandiaga Sujud Syukur di Titik Kunjungan Kampanye ke-1000

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya