Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi TPS

TPN juga memerintahkan kader mengedukasi pemilih

Jakarta, IDN Times - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud bakal menyiapkan 1,6 juta saksi di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Indonesia.

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Zainul Majdi, atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menjelaskan, penyiapan para saksi itu ditujukan untuk menjaga suara rakyat.

"Karena itu kita sekarang sedang menyiapkan, 1 TPS dua saksi, yang kami totalkan insya Allah 1,6 juta orang saksi di seluruh Indonesia untuk 800 ribuan TPS," kata TGB di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

1. Para calon saksi akan dibekali pengetahuan sebagai saksi TPS

Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi TPSWakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, TGB M. Zainul Majdi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Tak asal tunjuk, TPN Ganjar-Mahfud akan menggelar Training Of Trainer (TOT) untuk para calon saksi. Mereka akan dibekali pengetahuan sebagai saksi di TPS.

"Nanti akan segera dimulai TOT-nya dalam waktu terdekat, di situ para calon saksinya itu akan menyampaikan rule, apa yang harus mereka lakukan, hak mereka, termasuk apa yang tidak boleh mereka lakukan," ujar TGB.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Mau Manfaatkan Bonus Demografi Indonesia

2. TPN juga memerintahkan kader parpor mengedukasi pemilih

Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi TPSSimulasi pemungutan suara di TPS 9 Desa Negari. (IDN Times/Wayan Antara)

Selain menyiapkan saksi, para kader parpol pengusung Ganjar-Mahfud di seluruh wilayah juga akan diminta mengedukasi para pemilih guna mencegah kecurangan pemilu.

"Karena bagi kami, literasi pemilih itu adalah kewajiban, kita ingin Pemilu yang berkualitas," ujar TGB.

3. Masa kampanye 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024

Cegah Kecurangan, TPN Ganjar-Mahfud Siapkan 1,6 Juta Saksi TPSGanjar dan Mahfud usai debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Ilman Nafi’an)

KPU pada 13 November 2023 telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjadi peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: KPU dan Bawaslu Keberatan Kelola Dana Saksi Pemilu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya