TPN Ganjar-Mahfud Pastikan MNC Profesional Siarkan Debat Capres

TPN jawab keberatan TKN Prabowo-Gibran

Jakarta, IDN Times - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD meyakini MNC Group menjawab soal protes kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 2 karena MNC Group menjadi stasiun televisi penyelenggara debat kedua capres.

Wakil Ketua TPN, Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) memastikan, MNC bakal profesional dalam menyiarkan debat calon presiden (Capres) pada Minggu (7/1/2024).

“Kalau ada hal-hal ya silakan disampaikan kepada KPU, tetapi ada satu hal yang perlu kita cermati adalah MNC Group ini kan satu media yang profesional. Saya yakin, haqul yakin ya tidak akan mempertaruhkan reputasi dan kredibilitas MNC Group sebagai satu media profesional," kata TGB di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).

1. TPN sebut MNC hanya melaksanakan perintah KPU sebagai penyelenggara debat

TPN Ganjar-Mahfud Pastikan MNC Profesional Siarkan Debat CapresWakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, TGB M. Zainul Majdi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

TGB mengatakan, MNC Group hanya menjalankan perintah dan mandat Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menunjuknya sebagai penyelenggara debat kedua capres.

“MNC Group hanya melaksanakan kesepakatan yang telah dibicarakan dan disetujui, dan ditunjuk oleh KPU untuk menjadi penyelenggara," ujar TGB.

"Tidak mungkin dipertaruhkanlah untuk sesuatu yang tidak worth it itu. Jadi justru MNC Group akan sangat profesional dan kita akan bisa sampaikan pada waktunya," imbuhnya.

Baca Juga: Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua 

2. TKN Prabowo-Gibran protes ke KPU soal penyelenggara debat Capres

TPN Ganjar-Mahfud Pastikan MNC Profesional Siarkan Debat CapresSekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid. (IDN Times/Irfan F)

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengaku telah bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar televisi penyelenggara debat capres pada Minggu (7/1/2024) nanti tidak dimonopoli Grup MNC.

“Kami sudah kirim permintaan kepada KPU, agar dalam satu debat penyelenggaranya tidak dimonopoli oleh satu grup TV yang pemiliknya sama dan pihak terafiliasi,” kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/1/2024).

“Kebetulan dalam debat ketiga, penyelenggara TV yang diusulkan KPU adalah grup MNC; MNC TV, Global TV, Inews TV, RCTI. Di mana kebetulan stasiun TV tersebut kebetulan dimiliki satu grup, dimiliki grup bisnis yang sama yang dipimpin oleh Harry Tanoesudibyo, Ketua Umum Partai Perindo dan juga menjadi pendukung salah satu paslon,” imbuhnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres Kedua

3. Timnas AMIN singgung posisi Hary Tanoe

TPN Ganjar-Mahfud Pastikan MNC Profesional Siarkan Debat CapresGanjar Pranowo dan Megawati Soekarnoputri menghadiri rapat TPN di Gedung High End, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga mempersoalkan MNC Group sebagai salah satu stasiun televisi penyelenggara siaran debat pilpres ketiga mendatang.

Jubir Timnas AMIN, Iwan Tarigan, menyinggung kepemilikan MNC Group oleh Hary Tanoesoedibjo yang juga merupakan Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo pendukung paslon Ganjar-Mahfud.

"Mengenai penyelenggaraan debat capres ketiga yang menggunakan MNC Group. Sampai hari ini dari pihak 01 Timnas AMIN belum menyampaikan keberatan atas penyelenggara menggunakan MNC Group," kata Iwan, Selasa (2/1/2024).

"Tetapi secara logika sehat agar pihak KPU terhindar dari fitnah dan prasangka negatif dan menjaga kepercayaan publik maka patut dan harus dilakukan KPU, bisa menggunakan MNC Group tetapi dikombinasikan dengan media yang lebih netral di mana kita semua tahu owner MNC adalah Bapak Hary Tanoe dan Partai Perindo beliau sebagai ketumnya jelas mendukung pasangan 03," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya