7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies 

Semua gambar memuat rekam jejak, prestasi, visi misi Anies

Jakarta, IDN Times - Situs Haveaniesday yang diluncurkan pada Selasa, 23 Januari 2024, telah menjadi kejutan untuk Anies Baswedan, karena berisi banyak informasi terkait calon presiden nomor urut 1 tersebut.

Kejutan dari Anies Bubble dan Olppaemi Project tersebut tidak hanya berisi rekam jejak, prestasi, dan program Anies dan Muhaimin Iskandar (AMIN), tapi situs yang namanya berasal dari kalimat “Have a nice day” tersebut juga mempunyai ragam fakta-fakta lain. Berikut 7 hal tentang situs Haveaniesday.

Baca Juga: Anies Didukung Raja Dangdut: Di Sana Ada Bansos, di Sini Ada Rhoma

1. Semua gambar memuat rekam jejak, prestasi, dan visi misi Anies-Cak Imin

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Ilustrasi situs Have Anies Day. (Tangkapan layar situs Have Anies Day)

Memasuki situs haveaniesday.com, pengguna dapat meng-klik beberapa benda yang merepresentasikan visi misi Anies-Muhaimin atau Cak Imin. 

Benda-benda tersebut seperti lampu yang bila diklik berisi visi misi AMIN terkait listrik dan air, pot bunga yang berisi visi misi terkait Petani Peternak Perkebunan (3P), mainan tikus berisi visi misi dalam pemberantasan korupsi, kresek belanja terkait kebutuhan pokok, gambar ikan yang merepresentasikan nelayan, tas terkait pendidikan, kartu nama terkait visi misi penghadiran 15 juta lapangan kerja, dompet terkait perlindungan hukum bagi masyarakat miskin, dan mainan kereta terkait visi misi untuk meng-upgrade pembangunan secara merata.

Dari gambar di situs tersebut, terhitung ada 10 visi misi pasangan AMIN yang bisa diketahui dari gambar-gambar yang bisa diklik di situs tersebut.

Tak ketinggalan prestasi Anies dari 2004 sampai 2021 secara internasional dan nasional, yang direpresentasikan sebagai gambar piala di rak buku.

2. Ada juga jadwal kampanye

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat menyapa warga Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Selain itu, dalam situs tersebut juga ada gambar kalender yang berada di bagian atas tengah situs. Bila diklik, gambar kalender ini memperlihatkan jadwal kampanye Anies.

Paparan kalender tersebut dibentuk sebagai board game yang menujukkan kata “GO” sebagai awal mulai tanggal kampanye. Setiap kotak yang dapat diikuti memperlihatkan tanggal dan daerah yang akan menjadi tempat kampanye Anies. 

Dari situ diketahui awal kampanye Anies yakni dimulai dari 21 Januari di daerah Tangerang Selatan, Banten. Lalu sesuai panah hingga akhir jadwal tersebut akan mencapai 5 Februari di daerah Manado dan Kotamobagu, Sulawesi Utara serta Semarang, Jawa Tengah. 

3. Nama-nama kucing peliharaan Anies

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies ilustrasi kucing (pexels.com/Altaf Shah)

Gambar kucing-kucing yang merupakan peliharaan Anies juga terlihat sangat mencolok di dalam situs haveaniesday.com.

Saat mengklik salah satu kucing tersebut, maka terlihat nama-nama mereka mulai dari Oboy, Aslan, Snowball, dan Milo.

Di bagian paparan tersebut juga ada akun Instagram @Pawswedan yang berisi ragam postingan kucing-kucing Anies. 

4. Buku bacaan dan media sosial Anies

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Ilustrasi situs Have Anies Day. (Tangkapan layar situs Have Anies Day)

Beberapa hal lain yang dapat diklik adalah buku-buku yang memaparkan rekomendasi bacaan dari Anies. 

Pada bagian kiri bawah di atas gambar meja juga terlihat gambar animasi handphone yang memaparkan layout aplikasi-aplikasi. Bila diklik akan membawa ke ragam situs dan media sosial yang terkait dengan media sosial, projek, dan situs berhubungan dengan Anies. 

Bagian kanan atas yang merupakan gambar dedaunan pohon dapat memaparkan skejul Humanies, kemudian di bawahnya ada logo burung hantu di sebuah gedung yang bila diklik memaparkan toples penuh dengan uang, yang merepresentasikan fundraising untuk foodtruck dan videotron yang berhasil mengumpulkan Rp200 juta di batch I. 

5. Disambut meriah pendukung Anies

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Capres nomor urut satu, Anies Baswedan ketika tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif III, Pekanbaru, Riau pada 27 Januari 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Olppaemi Project membagikan tautan Haveaniesday melalui X atau Twitter mereka pada 23 Januari 2024, dan disambut dengan berbagai komentar yang mengekspresikan kekaguman dan kesenangan terhadap situs tersebut. 

Anies sendiri mengaku salut terhadap komunitas Anies Bubble dan Olppaemi Project. Bahkan menurutnya, tim pemenangan AMIN tidak pernah terpikir untuk membuat hal seperti itu. 

"Ini luar biasa. Saya salut, kenapa? Karena anak-anak muda itu kreativitasnya tak terhingga. Infinite. Jadi, mereka bisa membuat hal-hal yang kita gak terpikir," ucap Anies. 

6. Desain situs menuai pujian

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Ilustrasi media sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Postingan Olppaemi Project terkait situs Haveaniesday juga menerima banyak pujian terkait desain. 

Bila mengklik gambar mobil pada situs, maka akan terlihat profil pihak-pihak yang berperan dalam pembuatan Haveaniesday. 

Setiap orang yang berperan digambarkan dalam bentuk ikon-ikon tertentu tanpa menyebutkan identitas asli. 

Situs hanya memberi samaran nama seperti Ager yang berperan sebagai developer, Jeje sebagai illustrator dan animator, Caryn sebagai schedule editor desainer, dan Shaka G sebagai developer situs “Bubble”. Ada juga Annies Bubble yang berperan sebagai product manager, head designer, copywriter, dan illustrator

7. Anies terharu dengan munculnya situs Haveaniesday

7 Fakta Situs Haveaniesday yang Dibuat Pendukung Anies Calon Presiden Nomor Urut 01, Anies Baswedan, saat kampanye akbar di Kota Banda Aceh, Aceh. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Anies sendiri selain salut dan mengagumi, juga berterima kasih kepada anak muda yang membuat situs Haveaniesday. 

"Jadi, salut dan terima kasih untuk teman-teman yang sudah bikin (situs). Terima kasih karena sudah menyebarkan semangat kebaikan. Yuk, kita kerjakan usaha kita untuk membuat Indonesia lebih baik dengan buat gerakan semacam ini. Terima kasih untuk semuanya," ucap Anies. 

Selebihnya, Anies memberikan hormat besar kepada Humanis yang sering berinovasi untuk kampanye Pemilu 2024, yang dilakukan secara sukarela dengan modal dari donasi dan urunan publik. 

"Ini yang kami cita-citakan sebagai sebuah pesan perubahan. Kampanye jadi gerakan. Proses politik jadi gerakan. Partisipasi itu muncul dan dikerjakan secara sukarela. Jadi, ini bentuk kerelawanan yang luar biasa. Kami senang sekali," tutur dia. 

Selain kejutan situs Haveaniesday, Anies juga sempat dikirimkan coffee truck di acara 'Desak Anies' di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 18 Januari 2024 oleh komunitas pendukungnya. 

Tidak hanya itu, videotron yang sempat dipasang menjukkan rekam jejak dan wajah Anies sebagai capres di ruang publik tanpa ajakan untuk memilihnya sebagai presiden. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya