Dubes Timor Leste: BJ Habibie Perlakukan Saya Sangat Luar Biasa

Cerita Dubes Timor Leste mengenang kebaikan BJ Habibie

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto XP Carlos membagi cerita pengalamannya mengenang kebaikan sosok BJ Habibie. Albert juga mengatakan Habibie menganggap Dubes Timor Leste itu sebagai anaknya sendiri saat berkunjung ke kediaman BJ Habibie pada tahun 2016.

Kenangan itu terjadi saat Alberto diutus oleh Presiden Timor Leste, Taur Matan Ruak pada 2016 untuk menyampaikan undangan dan meminta kesediaan Habibie datang sebagai tamu kehormatan tertinggi "Grande Collar" di Timor Leste. Alberto menyampaikan rasa haru karena disambut oleh Habibie seperti anak sendiri.

1. Penghargaan tertinggi BJ Habibie di Timor Leste

Dubes Timor Leste: BJ Habibie Perlakukan Saya Sangat Luar Biasa(Masyarakat Timor Leste antusias saat menghadiri peresmian taman dan jembatan BJ Habibie pada Kamis 29 Agustus 2019) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

BJ Habibie memang memiliki tempat tersendiri di hati para rakyat Timor Leste. 20 tahun yang lalu, Habibie merupakan salah satu tokoh dari referendum kebebasan Timor Leste. Bahkan, nama BJ Habibie diabadikan menjadi sebuah nama jembatan di Timor Leste. 

Pada 2016, Presiden Taur Matan Ruak, mengutus Alberto untuk menyampaikan undangan kehormatan tertinggi "Grande Collar" kepada BJ Habibie atas jasanya bagi Timor Leste.

Baca Juga: [FOTO] BJ Habibie Jadi Nama Jembatan dan Taman di Timor Leste

2. Alberto mendapatkan sambutan luar biasa dari BJ Habibie

Dubes Timor Leste: BJ Habibie Perlakukan Saya Sangat Luar Biasa(Masyarakat Timor Leste saat menyaksikan peresmian jembatan dan taman BJ Habibie pada Kamis 29 Agustus 2019) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dikutip dari laman Antaranews.com, Alberto sangat terharu dengan sambutan yang luar biasa dari pihak BJ Habibie. Dia juga menyampaikan, Habibie menyambutnya seperti anak sendiri. Keduanya tampak sangat dekat dengan perbincangan yang hangat saat kunjungan ke kediaman Habibie.

"Saya tidak membayangkan kalau pada saat saya sampai ke rumah Habibie, saya diterima dengan perlakuan yang luar biasa oleh beliau," ujar Alberto.

Meskipun Habibie menolak untuk menerima penghargaan tersebut, mereka berdua tetap meneruskan perbincangan mereka dengan hangat membahas nostalgia kejadian referendum Timor Leste 20 tahun yang lalu.

3. Habibie memberikan koleksi DVD Film Habibie dan Ainun

Dubes Timor Leste: BJ Habibie Perlakukan Saya Sangat Luar BiasaANTARA/Suriani Mappong

Di sela perbincangan hangat tersebut, Habibie juga memperlihatkan koleksi pribadi buku miliknya. Bahkan, sebelum Alberto pulang, Habibie sempat memberikan sekeping DVD Film Habibie dan Ainun kepada Dubes Timor Leste tersebut. 

"Sebelum saya pulang, Pak Habibie bilang 'kalau ada waktu, kita nonton bersama yuk'. Saya bawa DVD itu ke Timor Leste dan saya kasih untuk ditonton bersama sekeluarga," ujarnya.

4. Pascawafatnya Habibie, hubungan baik Indonesia dan Timor Leste akan tetap terjaga

Dubes Timor Leste: BJ Habibie Perlakukan Saya Sangat Luar Biasa(BJ Habibie dijadikan nama jembatan dan taman di Timor Leste) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Setelah mengetahui BJ Habibie wafat pada hari Rabu (11/9) petang, menurutnya, beserta seluruh rakyat Timor Leste akan tetap mengenang jasa dan kebaikan dari Habibie. Alberto juga mengatakan akan terus menjaga hubungan baik dengan keluarga Habibie yang ditinggalkan. 

"Hubungan baik dengan Indonesia akan tetap kami jaga," tutupnya.

Baca Juga: Potret 20 Tahun Referendum dan Jembatan BJ Habibie di Timor Leste

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya