Comscore Tracker

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di Jakarta

Tapi lebih aman berbelanja secara daring

Jakarta, IDN Times - Jelang hari raya Idul Fitri Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat berubah menjadi lautan manusia. Meski masih di masa pandemik dan kasus COVID-19 di Indonesia berada di urutan 18 dunia, nyatanya masih banyak warga yang berkerumun demi belanja kebutuhan hari raya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat meninjau kepadatan pasar yang dibangun pada 1735 itu. Dia pun mengingatkan bahwa masyarakat Jakarta bisa pergi ke pasar lainnya agar tidak terjadi penumpukan di satu tempat.

"Di Jakarta ada banyak pasar. Kami menganjurkan untuk mendatangi berbagai pasar di Jakarta selain Pasar Tanah Abang. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan barang tanpa beresiko kerumunan dengan mendatangi tempat yang lain," ujarnya di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021).

Meski menyarankan sejumlah pasar lain, Anies Baswedan tetap menekankan agar masyarakat bisa belanja dengan protokol kesehatan atau melalui daring.

"Jangan memaksakan ke Tanah Abang jika sudah penuh, atau berbelanjalah di toko-toko daring yang pasti lebih aman," ujarnya.

Berikut adalah pasar lain yang bisa dijadikan pilihan selain pasar Tanah Abang.

Baca Juga: 7 Potret Kerumunan Masyarakat Padati Pasar Tanah Abang Hari Ini

1. Pasar Mayestik

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di JakartaSejumlah warga berbelanja di pedagang kaki lima (PKL) tepi trotoar sekitar Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pasar Masyestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah pasar yang diresmikan pada 1981. Pasar ini sempat mendapat peremajaan pada 2010 dan diresmikan kembali pada 2012 oleh Gubernur DKI Jakarta kala itu Fauzi Bowo.

Pasar ini adalah pusat perbelanjaan modern di Jakarta Selatan yang menyediakan tekstil dari sejumlah toko yang pemiliknya adalah keturunan India. Pasar ini juga menjual obat, kosmetik, pakaian, sayur, buah, daging, ayam, ikan, bahan kue, hingga kios-kios penjahit.

2. Pasar Senen

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di JakartaSejumlah warga berbelanja pakaian di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pasar Senen, Jakarta Pusat merupakan pasar tertua yang ada di Jakarta. Pasar ini mendapat julukan Senen karena awalnya kegiatan jual beli berlangsung setiap Senin dan didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa. 

Pasar ini dibuka pada 30 Agustus 1733, di kawasan yang dahulu dinamakan Weltevreden. Saat ini, pasar Senen adalah perpaduan antara pasar tradisional dan pasar modern serta terkenal sebagai pusat grosir tas dan aksesoris wanita.

Baca Juga: Segera Disulap Jadi Ikon Baru Jakarta, Anies Bangun Pasar Senen 

3. Thamrin City

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di JakartaMal di Jakarta kembali dibuka pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Thamrin City adalah pusat perbelanjaan yang dekat dengan Pasar Tanah Abang. Pusat perbelanjaan moderen ini resmi dibuka pada 2010. Di sini, pengunjung dapat menemui pedagang pakaian muslim, batik dan tenun.

Thamrin City berbentuk super blok yang  dilengkapi dengan 9 tower apartemen, town house, Hotel Amaris, perkantoran (PBTC), dan exhibition hall.

4. ITC Mangga Dua

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di JakartaIlustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

ITC Mangga Dua adalah pusat perbelanjaan yang ada di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara. Mal ini menawarkan berbagai macam barang, seperti tekstil, suvenir, dan berbagai macam aksesoris.

Diresmikan pada 1989, mal ini menyediakan berbagai macam kebutuhan dasar kain, baik untuk busana wanita, pria, anak-anak dan batik.

Mal ITC Mangga Dua juga menjual produk dari berbagai macam negara, seperti Tiongkok, Hongkong, Korea, hingga Thailand. Toko di sana dikenal karena harganya lebih murah dari toko pada umumnya.

5. ITC Cempaka Mas

Pasar Bukan Cuma Tanah Abang, Ini 5 Pilihan Belanja Murah di JakartaANTARA FOTO/Anis Efizudin

ITC Cempaka Mas Mega Grosir adalah pusat grosir dengan total 6 lantai. Ia terletak di persimpangan kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

Selain menyediakan pakaian, pusat perbelanjaan ini juga dikenal sebagai sentra handphone dan komputer terbersar setelah ITC Roxy Mas. Barang-barang di ITC Cempaka Mas terkenal bisa ditawar. 

Baca Juga: 5 Tempat di Jakarta Selain Pasar Subuh yang Menjajakan Kue Tradisional

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya