Ria Ricis Bawa Bayi Naik Jet Ski Disorot Media Asing hingga Pemerhati Anak

Ria Ricis korbankan anak demi konten?

Jakarta, IDN Times - Momen liburan bersama anak jadi hal yang menyenangkan dan akan berkesan jika dilakukan dengan aman dan nyaman. Namun, baru-baru ini, keselamatan anak saat liburan jadi topik bahasan yang hangat dibicarakan usai YouTuber Ria Ricis dan suaminya yakni Teuku Ryan mengajak sang bayi menaiki jet ski tanpa menggunakan alat pengaman.

Hal itu dibagikan Ria Ricis dalam kontennya, di mana sang anak yakni Moana yang masih berusia lima bulan, duduk di pelukan suami menaiki jet ski dalam keadaan tidak menggunakan alat keamanan atau bahkan menaiki wahana yang tidak sesuai usianya.

Aksi Ricis dan suami yang tak memakaikan Moana pelampung membuat banyak pihak geram.

1. Ketua Komnas Anak minta Ria Ricis tidak eksploitasi anak demi konten

Ria Ricis Bawa Bayi Naik Jet Ski Disorot Media Asing hingga Pemerhati AnakKetua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, di Polres Jakarta Utara, Selasa (20/9/2022). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bahkan, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Perlindungan Anak) Arist Merdeka Sirait meminta agar Ria Ricis berhenti mengeksploitasi sang putri saat membuat konten dan hingga mengunggah konten Youtube Moana naik jet ski.

"Saya kira, apa yang sedang terjadi dan viral, Ibu Ria Ricis, membawa anaknya bersama suaminya, Moana masih berusia lima bulan naik jet ski, ketika saya melihat tayangan ini saja sudah sangat takut. Karena apa? Dimungkinkan akan terjadi kecelakaan," kata Arist Merdeka Sirait, dikutip dari kanal YouTube-nya, Selasa (17/1/2023).

Sentilan ini disampaikan Arist untuk kepentingan Moana dan meminta adik dari Oki Setiana Dewi agar tidak mengeksploitasi anak sendiri hanya karena konten.

"Oleh sebab itu, Ria Ricis jangan mengeksploitasi anaknya sendiri hanya konten. Semua orang tahu bahwa Ria Ricis adalah orang yang berada dalam kondisi YouTube digemari oleh para netizen," kata dia.

Dia bahkan mengingatkan jika memang tujuan Ricis hanya konten, maka video Moana naik jet ski masuk kategoru eksploitasi anak.

Baca Juga: Imbas Ajak Moana Naik Jet Ski, Ria Ricis Ditegur Komnas PA

2. Hingga disorot oleh media asing

Bahkan, Ria Ricis yang membawa sang putri menaiki jet ski sampai jadi perhatian sejumlah media asing. Salah satu media Amerika Serikat yakni Insider menyoroti aksi Ricis yang menuai banyak kecaman dengan judul berita "A YouTube mom with 30 million subscribers filmed her baby in a jet ski with no life jacket, sparking concern among viewers,".

Bahkan salah satu media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP) juga menyoroti aksi Ricis dengan tajuk "Indonesian YouTuber under fire for video of infant daughter on a jet ski with no life jacket.

3. Jet ski dinaiki balita, apa bisa?

Ria Ricis Bawa Bayi Naik Jet Ski Disorot Media Asing hingga Pemerhati AnakANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Melansir dari situs jetdrift dijelaskan bahwa meski balita bisa naik jet ski, hal ini tidak direkomendasikan demi alasan keamanan, sejumlah pantai di Amerika Serikat juga punya rekomendasi berat minumum penumpang jet ski atau perahu.

Dalam manual pemilik jet ski bahkan dijelaskan rekomendasi tinggi minimum penumpang, yang salah satunya adalah keharusan penumpang bisa meletakkan kedua kakinya di bagian ruang kaki jet ski. Ini adalah satu-satunya cara duduk dengan benar dan aman di kursi.

Balita, tidak cukup tinggi dan kakinya tidak bisa mencapai batas kaki jet ski yang artinya ada risiko lebih jauh tinggi untuk jatuh dari kursi atau terpental, pada akhirnya kesimpulannya jet ski tidak aman bagi balita.

3. Sempat pakaikan Moana pelampung

Ria Ricis Bawa Bayi Naik Jet Ski Disorot Media Asing hingga Pemerhati Anakpotret Ria Ricis dan Moana (instagram.com/riaricis1795)

Dengan ramainya pemberitaan soal konten sang buah hati, Ria Ricis akhirnya mengaku salah dan meminta maaf, hal ini disampaikan Ricis dan suami saat menghadiri salah satu program di televisi.

Melalui kanal Youtube The Hermansyah A6 dia juga menjelaskan kenapa tak memakaikan Moana pelampung, karena kata dia, pelampung yang dikenakan moana terlalu besar untuk badannya yang mungil, Moana bahkan disebut sampai terlihat tercekik, maka dari itu pelampung dilepas.

"Jadi memang di awal vlog aja aku bilang wah ntar rame nih, jadi aku sudah notice duluan. Sudah tahu. Cuma suami lihat kondisi laut juga, pertama pake life jacket, badannya mungil jadi lehernya kecekik, kita buka," ungkapnya.

Baca Juga: Kronologi Ria Ricis Pecat Karyawan, Gara-gara Ambil Makanan Sisa! 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya