Comscore Tracker

Kunjungi Ahok di Mako Brimob, Yenny Wahid Dapat Pesan Khusus

Ahok menuliskan pesan untuk Yenny di sebuah kertas

Jakarta, IDN Times - Aktivis perempuan Yenny Wahid menjenguk Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama yang ditahan di rutan Mako Brimob, Depok pada Senin (20/8) lalu. Yenny kemudian berbagai cerita mengenai kunjungannya di media sosial.

"Kami bicara banyak hal, mulai dari kegemaran barunya yaitu bernyanyi, sampai proses perenungan dalam yang dilakukannya, untuk ikhlas menerima takdirnya," ujar Yenny di akun Instagramnya yang diunggah pada Selasa (21/8). 

Ahok juga menitipkan pesan khusus untuk Yenny. Apa isi pesan tersebut? 

1. Ahok berpesan agar Yenny tetap berjuang demi kemanusiaan dan toleransi

Kunjungi Ahok di Mako Brimob, Yenny Wahid Dapat Pesan Khusus(Putri Gus Dur, Yenny Wahid) www.instagram.com/@yennywahid

Yenny diketahui menjadi Direktur Wahid Institute yang salah satu isunya fokus kepada masalah keberagaman dan membela kaum minoritas serta voiceless. Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta berpesan kepada Yenny agar ia tetap berjuang demi keadilan, kemanusiaan dan toleransi.

"Terima kasih atas kunjungannya hari ini. Teruskan perjuangan untuk perikemanusiaan, toleransi, dan keadilan seperti yang selalu Gusdur minta agar kita lakukan," tulis Ahok kepada Yenny.

Rupanya pesan itu ditulis menggunakan tulisan tangan agar bisa ditunjukkan kepada publik.

Baca Juga: Dijual Secara Online, Buku Baru Ahok Dihargai Rp 1 Juta

2. Menjadikan Gus Dur sebagai teladan

Kunjungi Ahok di Mako Brimob, Yenny Wahid Dapat Pesan KhususPinterest

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga berpesan kepada Yenny untuk meneladani sikap almarhum ayahnya yakni Abdurahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. Ia juga pernah menjadi Presiden ke-4 Republik Indonesia.

Ia berpesan kepada Yenny agar tidak takut membela kebenaran dan keadilan walau harus kehilangan jabatan. Kalau ingin menghadapi tantangan, maka gunakan perspektif dan pola pikir yang benar.

"Tantangan-tantangan ini bukan untuk menjatuhkan kita tetapi justru untuk mempromosikan kita agar tetap untuk berjuang supaya rumah Pancasila untuk semua anak bangsa," kata Ahok.

Sosok Gus Dur yang juga ayah Yenny merupakan sosok yang selalu menginspirasi Ahok dalam menjalankan pemerintahannya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hubungan keduanya diketahui memang dekat.

Bahkan, Gus Dur pernah terbang langsung ke Bangka Belitung untuk membantu Ahok berkampanye agar ia terpilih sebagai gubernur Babel. Dalam haul Gus Dur di area Ciganjur tahun 2015 lalu, Ahok berkisah gara-gara membantunya berkampanye, sempat ada pernyataan Gus Dur adalah kiai palsu. Apalagi alasannya kalau bukan karena Ahok beragama Kristen.

Lalu apa komentar Gus Dur ketika itu?

"Kata Gus Dur biarin aja. Saya sodorin nih kertasnya, eh tapi saya lupa Gus Dur kan juga enggak bisa bacanya," kata Ahok yang disambut tawa hadirin saat itu.

3. Menurut Yenny Ahok kini lebih bijak

Kunjungi Ahok di Mako Brimob, Yenny Wahid Dapat Pesan KhususInstagram @basukibtp

Dalam perjumpaannya dengan Ahok, Yenny tidak melihat banyak perubahan dalam diri pria berusia 52 tahun itu. Ia tetap banyak bercerita dan memiliki semangat tinggi.

"Namun, sekarang makin banyak hikmah dan wisdom yang keluar dari mulutnya termasuk cerita tentang perjuangannya untuk mengatasi dirinya sendiri," kata Yenny di akun media sosialnya tersebut.

Yenny berbincang mengenai banyak hal dengan Ahok. Mulai dari kegemaran baru Ahok bernyanyi, sampai proses perenungan dalam yang ia lakukan selama ditahan selama satu tahun lebih di rutan Mako Brimob. Apalagi di tengah penahanannya itu, Ahok juga diterpa badai perceraian dengan istrinya. Pernikahan yang terjalin selama 20 tahun lebih malah kandas.

Ahok pun, kata Yenny tetap ingin berjuang bagi Indonesia. Apakah itu berarti ketika Ahok bebas murni di tahun 2019 nanti, ia akan ikut membantu kampanye salah satu kubu?

"Tunggu saja, dia pasti akan bercerita kepada kita semua," kata Yenny menjawab tanda tanya tersebut.

Baca Juga: Ahok Dapat Remisi Lagi, Diprediksi Bisa Bebas Murni Tahun 2019

Topic:

Berita Terkini Lainnya