10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling Kecil

Terdapat 38 provinsi di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar sekaligus wilayah terbesar ke-14 di dunia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ragam luas daerah hingga provinsi di setiap pulaunya.

Total jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.000 lebih, dan terbagi dalam 38 provinsi. Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI), provinsi adalah sebuah wilayah atau daerah yang dikepalai oleh gubernur.

Dari 38 provinsi di Indonesia, berikut provinsi terkecil yang dirangkum IDN Times.

Baca Juga: 9 Provinsi Terluas di Indonesia, Papua hingga Kalimantan

1. DKI Jakarta

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilIlustrasi Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Siapa sangka, DKI Jakarta yang merupakan kota metropolitan yang tak pernah tidur, merupakan provinsi terkecil di Indonesia. Luas wilayahnya hanya 661,52 km² atau 0,03 persen dari luas Indonesia.

Meskipun merupakan provinsi terkecil di Indonesia, DKI Jakarta menjadi provinsi paling padat penduduk dengan jumlah penduduk mencapai 10,64 juta jiwa.

Jakarta juga menjadi pusat ekonomi, politik, dan budaya Indonesia. Di sini, kita dapat menemukan berbagai macam gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan modern, museum, galeri seni, dan tempat wisata bersejarah.

2. DIY Yogyakarta

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilTugu Yogyakarta. (dok. pribadi/Angga Kurnia Saputra)

Provinsi kedua terkecil di Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang terletak di bagian selatan pulau Jawa. Luas wilayahnya hanya mencapai 3.133,15 kilometer persegi atau 0,16 persen dari luas Indonesia. 

Provinsi yang sering disebut sebagai "Kota Pelajar" ini menampilkan daya tarik dari perpaduan antara tradisi dan modernitas di setiap bagian kotanya. Keberagaman dalam seni, musik, dan tradisi terus berkembang di Provinsi Yogyakarta berkat status istimewanya.

Meskipun merupakan provinsi terkecil kedua di Indonesia, DIY tidak sekecil DKI Jakarta yang memiliki luas kurang dari 1.000 kilometer persegi.

3. Bali

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilNeka Art Museum, wisata di Ubud (nekaartmuseum.com)

Di urutan selanjutnya, provinsi terkecil di Indonesia adalah Bali. Bali merupakan provinsi sekaligus salah satu pulau yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain kekayaan alam yang indah, kultur budaya Bali juga sangat menarik. Bali hanya memiliki luas lahan sebesar 5.780,06 km persegi atau 0,30 persen dari luas Indonesia.

Keindahan alam dan budaya Bali mengundang banyak wisatawan asing untuk datang ke pulau ini. Kecilnya luas wilayah Bali menjadi aset dalam pengelolaan pengalaman wisata yang terpadu.

4. Kepulauan Riau

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilMasyarakat Provinsi Kepri sedang beraktivitas dengan latar belakang kapal ikan nelayan setempat (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan luas wilayah terkecil keempat di Indonesia. Luas wilayah di Provinsi ini yakni 8.201,72 km persegi atau 0,43 persen dari luas Indonesia. Terletak di sebelah utara Pulau Sumatra, provinsi ini memiliki pengaruh besar dalam ekonomi.

Dengan banyak gugus pulau yang ada di provinsi ini, menjadikan sektor bahari sebagai mata pencaharian utama masyarakat seperti nelayan atau sektor pariwisata bahari yang menjadi andalan. 

5. Banten

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilBerdasarkan pantauan pada H-2 Lebaran 2024, situasi jalan tol terlihat lancar dibandingkan dengan H-3, namun masih terjadi antrean kendaraan yang akan memasuki Pelabuhan Merak. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga)

Di urutan kelima, Banten merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki luas wilayah sebesar 9.662,92 km persegi atau 0,5 persen dari luas negara. 

Berada di pesisir barat Pulau Jawa, Banten menjadi pintu gerbang utama ke Jakarta, ibu kota negara. Provinsi ini memiliki keuntungan dalam hal konektivitas dan aksesibilitas dari Pelabuhan Merak.

Provinsi ini merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, karena merupakan pecahan dari Jawa Barat.

6. Gorontalo

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilProyek Bendungan Bulango Ulu, bendungan pertama di Gorontalo, Sulawesi Utara. (dok. Hutama Karya)

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang relatif baru, dengan luas mencapai 11.257,07 kilometer persegi atau sekitar 0,59 persen dari total luas Indonesia.

Provinsi ini kaya akan sumber daya alam dan memiliki warisan ragam budaya, yang telah dimanfaatkan untuk mengembangkan sektor pariwisata dengan melibatkan aktif masyarakat setempat.

7. Sulawesi Utara

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilSituasi terkini Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Senin (22/4/2024). Dok. Basarnas Manado

Sulawesi Utara merupakan provinsi ketujuh di Indonesia yang memiliki luas terkecil. Sulawesi Utara memiliki luas wilayah 13.892,47 km persegi atau 0,72 persen dari luas Indonesia. Sulawesi Utara memiliki gugus kepulauan terluar di Indonesia, dan berbatasan dengan Filipina yakni Pulau Miangas. 

Terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, Provinsi Sulawesi Utara menjadi destinasi ekowisata dan penyelaman terkenal. Dengan luas wilayah yang terbatas, provinsi ini berhasil mengembangkan potensi keberagaman lanskapnya menjadi tujuan pariwisata yang tak terlupakan.

8. Bangka Belitung

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilPerkebunan Lada Bangka belitung (Antara News)

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki luas 16.424,06 kilometer persegi atau 0,86 persen dari luas Indonesia. Warisan budaya, pesona alam, dan perdagangan bersatu di provinsi lepas pantai timur Sumatra ini.

Sebagai "Provinsi Seribu Pulau", wilayah ini memiliki destinasi wisata yang memikat. Mulai dari Pulau Belitung yang menawarkan pantai pasir putih yang indah hingga festival lokal, semuanya menjadikan provinsi ini menonjol sebagai tujuan wisata.

9. Sulawesi Barat

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilPantai Melasti Pesisir Barat. (Instagram/iniobay)

Provinsi Sulawesi Barat merupakan provinsi terkecil di Indonesia berikutnya yang hanya memiliki luas wilayah sebesar 16.787,18 km persegi. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia, karena merupakan pemekaran dari Sulawesi Selatan. 

Sulbar memiliki potensi wisata yang besar, yang belum banyak dieksplorasi. Pemerintah daerah Sulbar terus berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata, dengan membangun infrastruktur dan fasilitas wisata yang memadai.

Dengan keindahan alam dan budayanya yang unik, Sulbar berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

10. Nusa Tenggara Barat

10 Provinsi Terkecil Di Indonesia, Jakarta Paling KecilSirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Nusa Tenggara Barat (NTB), provinsi yang terletak di tengah Kepulauan Nusa Tenggara, menjadi provinsi terkecil ke-10 di Indonesia dengan luas wilayah 18.572,32 km².

Meskipun tergolong kecil, NTB menyimpan pesona alam pantai dan budaya yang luar biasa, terpancar dari dua pulau utamanya, Lombok dan Sumbawa.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya