Survei LSI Denny JA: Ganjar-Airlangga Paling Populer Saingi Anies-AHY

Ganjar-Airlangga pasangan paling dipilih responden

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil simulasi capres dan cawapres 2024. Menurut survei terbaru itu, pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto paling populer dan tak terkalahkan.

Survei dilakukan secara tatap muka kepada 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan pada 11-20 September 2022 dengan margin of error 2,9 persen.

“Empat belas bulan sebelum Pilpres 2024, pasangan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto (Ganjar-AH) merupakan pasangan paling populer atau disukai, dengan elektabilitas tertinggi,” kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: PPP Beri Sinyal PDI Perjuangan Gabung KIB Usai Airlangga-Puan Bertemu

1. Ganjar-Airlangga pasangan paling disukai

Survei LSI Denny JA: Ganjar-Airlangga Paling Populer Saingi Anies-AHYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ganjar-Airlangga menjadi pasangan yang paling disukai menurut survei tersebut. Pasangan ini mendapat suara 24,9 persen, lebih tinggi daripada pasangan lainnya seperti Prabowo-Anies 14,8 persen, Anies-AHY 13,4 persen, Prabowo-Sandiaga 11,5 persen, dan Anies-Airlangga 4,5 persen.

Nama pasangan Ganjar-Airlangga juga lebih tinggi menurut popularitasnya (31,1 persen) ketimbang Prabowo-Muhaimin Iskandar (29,6 persen), dan Anies Baswedan-Puan Maharani (14,1 persen).

Dalam simulasi tiga nama lainnya, pasangan Ganjar-Airlangga juga lebih populer (30 persen), dari pada Prabowo-Puan (23,9 persen), dan Anies-AHY (22,8 persen).

2. Ganjar-Airlangga meraup suara pemilih Islam

Survei LSI Denny JA: Ganjar-Airlangga Paling Populer Saingi Anies-AHYGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Survei LSI Denny JA juga mencatat pasangan Ganjar-Airlangga meraup suara pemilih Islam sebesar 28,4 persen, dan pemilih non- Islam 43,9 persen.

Sementara pasangan lainnya seperti Prabowo-Puan memenangkan suara Islam 24,5 persen, dan non-Islam 18,3 persen. Kemudian pasangan Anies-AHY memenangkan suara pemilih Islam 23,7 persen, dan non-Islam 14,6 persen.

Baca Juga: Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Ganjar: PSI Iki Sopo?

3. Airlangga telah bertemu Puan

Survei LSI Denny JA: Ganjar-Airlangga Paling Populer Saingi Anies-AHYKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers pergantian Wakil Ketua DPR RI di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (29/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani kembali melanjutkan safari politiknya. Kali ini, Ketua DPR 2019-2024 itu menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Puan mengajak Airlangga dan Golkar untuk bekerja sama. Sebab, PDIP dan Golkar dinilai punya banyak kesamaan.

"Kehadiran kami berdua di sini tentu saja untuk berbicara, untuk menyamakan pendapat apa yang terbaik bagi bangsa dan negara. Bahwa sebagai partai nasionalis yang sama-sama sudah mengarungi asam garam (dan) pasang surut dinamika dalam membangun bangsa dan negara, kami sama-sama memahami dan menyepakati bahwa kita harus bisa bersama-sama dalam membangun bangsa dan negara," ujar Puan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya