Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di 3 Provinsi 

Anies unggul di tiga provinsi, Ganjar di dua provinsi

Jakarta, IDN Times — Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) di lima provinsi yang ada di Pulau Jawa. Berdasarkan survei itu, Anies Baswedan unggul di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sementara untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur, elektabilitas tertinggi diraih oleh Ganjar Pranowo.

Survei dilakukan pada 26 November-2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel pada masing-masing provinsi adalah 1000 responden dengan margin of error 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen di setiap provinsi.

Baca Juga: Spanduk Liar Tolak Kedatangan Anies Baswedan Beredar di Banda Aceh

1. Tiga capres terkuat menurut survei Poltracking

Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di 3 Provinsi ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menurut survei, elektabilitas 3 capres terkuat ada di masing-masing provinsi. Di DKI Jakarta, dalam simulasi 3 capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan 49,6 persen, Ganjar Pranowo 27,5 persen, dan Prabowo Subianto 15,7 persen,

Kemudian lima cawapres terkuat berdasarkan hasil temuan survei ini yakni Khofifah Indar Parawansa 18,6 persen, Erick Thohir 18,3 persen, Ridwan Kamil 9,6 persen, Muhaimin Iskandar 8,9 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 7,7 persen.

Baca Juga: NasDem Minta Jangan Kaitkan Politik Identitas dengan Anies Baswedan

2. Anies unggul di tiga provinsi

Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di 3 Provinsi Anies Baswedan melakukan safari politik ke Tanah Papua pada Kamis (8/12/2022). (instagram.com/aniesbaswedan)

Anies unggul di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Di DKI Jakarta, Anies memiliki elektabilitas 49,6 persen, kemudian di Banten 47,6 persen, dan di Jawa Barat 36,3 persen.

Di DKI Jakarta, Anies mengalahkan Ganjar Pranowo 27,5 persen dan Prabowo Subianto 15,7 persen. Kemudian di Banten, Anies menang dalam survei mengalahkan Ganjar 16,1 persen dan Prabowo Subianto 28,5 persen.

Sementara di Jawa Barat, elektabilitas Anies bersaing dengan Prabowo Subianto 30,8 persen, dan jauh di atas Ganjar Pranowo 18,7 persen.

“Angka elektabilitas di atas memberikan gambaran di Jakarta dan Banten, Anies Baswedan relatif lebih tinggi, terpaut di atas 19 persen dibandingkan kandidat lainnya. Sementara di Jawa Barat, Anies Baswedan relatif kompetitif, hanya terpaut 6 persen dengan Prabowo Subianto,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Momen Ganjar Pranowo Jemput Megawati di Bandara, Kangen Ketemu Ketum

3. Ganjar unggul di Jateng dan Jatim

Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di 3 Provinsi Dok. Humas Pemprov Jateng

Kandidat yang dinilai cukup potensial, Ganjar Pranowo unggul dengan angka elektabilitas cukup tinggi di Jawa Tengah, yakni 71,4 persen. Dia juga unggul di Jawa Timur dengan 36,1 persen.

Elektabilitas Anies di Jawa Tengah jauh dibanding Ganjar. Di provinsi ini, Anies hanya mendapatkan 9 persen suara dan Prabowo hanya mendapat 10,8 persen.

Kemudian di Jawa Timur, Anies mendapat 19,6 persen suara, sedangkan Prabowo Subianto mendapat 25,5 persen.

Baca Juga: Reaksi Ganjar Pranowo Saat Jokowi Singgung soal Pemimpin Rambut Putih

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya