Command Center 112, Layanan Darurat 911 Ala Surabaya

Seperti di Amerika Serikat

Di kota besar, peristiwa yang bersifat darurat seperti kecelakaan, perampokan, kebakaran ditemukan , atau bahkan tawuran pasti jamak ditemukan. Hal-hal demikian tentu harus mendapat respon dan penanganan segera dari pihak berwajib. 

Beberapa negara maju umumnya telah memiliki sistem terpadu untuk menampung laporan darurat dari masyarakat. Amerika Serikat misalnya, mereka memiliki layanan telepon darurat 911.

Command Center 112, Layanan Darurat 911 Ala SurabayaRudy Bastam/IDN Times

Kota Surabaya kini pun telah mempunyai layanan darurat bernama Command Center (CC) 112. Lalu seperti apa kegiatan di dalamnya, berikut laporan IDN Times.

Cara kerja persis dengan 911.

Command Center 112, Layanan Darurat 911 Ala SurabayaRudy Bastam/IDN Times

CC 112 adalah suatu sistem layanan pengaduan masyarakat secara terpadu. Dalam sistem ini, warga Surabaya dapat melakukan pengaduan kedaruratan yang terjadi di sekitarnya. "Masyarakat yang mengalami masalah apapun bisa menghubungi layanan 112. Di sini telah ada operator kita yang siap menerima," kata Kadiskominfo Surabaya, Antiek Sugihati, kepada IDN Times, Jumat (6/10).

Cara kerja kerja CC 112 juga hampir sama dengan 911 di Amerika Serikat. Masyarakat yang menemukan kejadian dapat langsung menelepon nomor 112 yang langsung tersambung dengan Command Center di Gedung Siola. Operator CC yang kemudian meneruskan informasi kepada instansi atau tim di lapangan untuk segera mengambil tindakan. 

Baca juga: Surabaya Sediakan Mall Khusus untuk Urus KTP Hingga Paspor

Hanya butuh 7 menit. 

Command Center 112, Layanan Darurat 911 Ala SurabayaRudy Bastam/IDN TimesCommand Center berkomitmen untuk memberikan layanan yang cepat dan tepat bagi masyarakat Surabaya. "Hanya 7 menit, kalau di luar negeri bisa 5 menit, kita bisa 7 menit. Jadi sudah mendekati." ujar Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Setiap hari, kata Risma, Command Center menerima berbagai pengaduan mulai dari kecelakaan, kebakaran, banjir, penemuan jenazah, jalan berlubang, lampu mati, dan tawuran. Untuk menggunakan layanan ini, penelpon tidak dikenakan biaya panggilan sepeserpun.

Baca juga: Aturan Tes CPNS Diprotes, Menpan RB Buka Suara

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya