Wamenkes: Vaksinasi COVID-19 Lansia Ditargetkan Selesai Juni

Dengan catatan, distribusi vaksin sudah merata

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono mengungkapkan, vaksinasi untuk lansia dan petugas pelayanan publik ditargetkan selesai Juni. Vaksinasi untuk dua kelompok masyarakat itu sendiri saat ini sudah masuk tahap kedua.

"Target sekarang yang kita kejar sasarannya (vaksinasi) adalah lansia sebesar 21,5 juta dan layanan publik sebesar 16,5 juta dan ini harus selesai pada bulan Juni, sebelum Juni," ujar Dante dalam siaran langsung di YouTube BNPB, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Airlangga: Target Vaksinasi Akan  Dinaikkan Jadi 1 Juta per Hari

1. Agar target ini tercapai, distribusi vaksin harus sudah merata

Wamenkes: Vaksinasi COVID-19 Lansia Ditargetkan Selesai Juni(IDN Times/Arief Rahmat)

Dante mengungkapkan agar target vaksinasi lansia dan petugas pelayanan publik tercapai pada Juni bisa tercapai, dengan catatan semua puskesmas di luar Ibu Kota/Kabupaten sudah mendapatkan distribusi vaksin yang merata.

"Dengan catatan semua puskemas yang sudah terdistribusi vaksinnya, dengan distribusi vaksin sekarang yang sudah ada di semua puskesmas di luar Ibu Kota/Kabupaten mudah-mudah semua tercapai," ujar Dante.

Selain itu, Dante juga menyebut Kemenkes menargetkan vaksinasi kepada 200 ribu orang agar target vaksinasi, termasuk vaksinasi untuk lansia dan petugas pelayanan publik, dapat tercapai.

"Dan 200 ribu akan kita bebankan kepada puskesmas, jadi seluruh puskemas di Indonesia kita akan menargetkan 200 ribu dalam bulan ini untuk mencapai tingkat vaksinasi yang optimal," ungkapnya. 

2. Vaksinasi di Indonesia saat ini capai 200 ribu per hari

Wamenkes: Vaksinasi COVID-19 Lansia Ditargetkan Selesai JuniHumas RS Kanker Dharmais Anjari Umarjiyanto mengikuti vaksinasi COVID-19 (Dok. Pribadi/Anjari Umarjiyanto)

Lebih lanjut, Dante menjabarkan bahwa vaksinasi di Indonesia saat ini sudah mencapai 200 ribu per hari. Alhasil, ia optimistis target vaksinasi satu tahun yang dicanangkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dapat tercapai.

"Memang sangat berat untuk mencapai satu tahun karena mencapai satu tahun ini artinya 1 juta suntikan (vaksin) per hari, tetapi target kita adalah bahwa 200 ribu sudah tercapai, kita akan mencapai target lagi 500 ribu suntikan per hari," ujar Dante.

Nantinya, agar target vaksinasi 500 ribu per hari bisa tercapai, vaksinasi akan dilakukan secara massal. Kemenkes akan menggandeng beberapa pihak, beberapa di antaranya adalah stakeholder dan elemen masyarakat.

"Bagaimana cara melakukan strategi untuk mencapai 500 ribu sehari? kita melakukan vaksinasi massal dengan menggandeng beberapa stakeholder, beberapa associate pemerintah, dan elemen masyarakat," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Daftar Lokasi Vaksinasi untuk Lansia di DKI Jakarta

3. Airlangga targetkan vaksinasi 1 juta per hari

Wamenkes: Vaksinasi COVID-19 Lansia Ditargetkan Selesai JuniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah hingga saat ini terus berupaya mempercepat penanganan COVID-19, salah satunya dengan menjalankan program vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.

Dia mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan target vaksinasi bagi masyarakat hingga mencapai satu juta dosis per hari.

"Tentu rate vaksinasi menjadi penting sekarang sekitar 160 ribuan (dosis vaksin), kemudian di target berikutnya dinaikkan ke 500 ribu dan berikutnya 1 juta per hari," ujar Airlangga.

Baca Juga: Gratis! RS Swasta di Semarang Layani Vaksinasi Lansia, Ini Alurnya  

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya