Comscore Tracker

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan Kandungannya

Ada kisah tentang Yakjuj dan Makjuj

Al-Qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang diturunkan Allah SWT dalam rangka menuntun umat manusia menuju jalan kebenaran. Kitab suci umat Islam itu terdiri dari 114 surah dalam 30 juz, diwahyukan secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

Sebagai pedoman hidup, Al-Qur’an memuat berbagai ketetapan hukum, baik yang mengatur individu maupun masyarakat. Seperti dalam juz 15 ini yang terdiri dari dua surah Makkiyah.

Simak rangkumannya berikut, lengkap dengan kandungan dan keutamaannya.

1. Surah Al Isra ayat 1–111

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan Kandungannyailustrasi Al Qur'an surah Al Isra (IDN Times/Langgeng Irma)

Juz 15 dimulai dengan surah Al Isra, dari ayat pertama hingga terakhir 111. Surah ini erat kaitannya dengan peristiwa Isra’ Mi’raj, yang merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan di malam hari, dari Al Masjidil Haram di Kota Makkah ke Al Masjidil Aqsha di Palestina. Karena itu, surah ini memiliki arti “Perjalanan Malam”.

Surah ini dinamakan pula Bani Israil. Lantaran beberapa ayat awalnya mengisahkan tentang kaum Bani Israil yang sangat besar namun kemudian mendapat azab Allah SWT karena berlaku menyimpang.

Baca Juga: Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 14, Lengkap dengan Kandungannya

2. Surah Al Kahf ayat 1–74

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan Kandungannyailustrasi Al Qur'an surat Al Kahf (IDN Times/Langgeng Irma)

Urutan surah dalam Al Qur’an juz 15 selanjutnya yaitu surah Al Kahf yang berarti “Gua”. Dinamakan demikian lantaran terdapat kisah Ashabul Kahfi, yaitu para pemuda dengan keimanan tinggi yang tidur di gua selama bertahun-tahun.

Selain Ashabul Kahfi, surah sepanjang 110 ini juga memuat kisah tentang ciri-ciri orang congkak serta pertemuan Nabi Musa as dan Nabi Haidir as, yang tentunya banyak pelajaran yang bisa diambil. Mulai dimasifkan bacaannya tiap malam Jumat, yuk!

3. Kandungan surah Al Isra ayat 1–111

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan KandungannyaIDN Times/Dwi Agustiar

Selain mengisahkan peristiwa Isra’ Mi’raj dan kaum Bani Israil, terdapat pokok kandungan lain yang perlu dipelajari oleh umat muslim. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Perintah untuk hanya mengesakan Allah SWT.

لَا تَجْعَلْ مَعَ اللّٰهِ اِلٰهًا اٰخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُوْمًا مَّخْذُوْلًا

Lā taj'al ma'allāhi ilāhan ākhara fa taq'uda mażmụmam makhżụlā.

Artinya: “Janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, nanti engkau menjadi tercela dan terhina.” (QS. Al Isra: 22).

  • Ajaran untuk berlaku baik kepada diri sendiri dan orang lain. Karena kebaikan pasti mendatangkan kebaikan, begitu pula dengan keburukan yang dilakukan pun akan kembali pada yang melakukan.
  • Tanda-tanda kebesaran Allah SWT di antara siang dan malam.
  • Memuat doa untuk kedua orang tua.

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

Wakhfid lahumā janāhaż-żulli minar-rahmati wa qur rabbir-ham-humā kamā rabbayānī sagīrā.

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (QS. Al Isra: 24).

  • Al Qur’an sebagai tuntunan dalam menuju kebahagiaan, sebagai penawar penyakit, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
  • Menjelaskan larangan memanfaatkan harta anak yatim, berbuat zina, dan meninggalkan salat fardhu.

4. Keutamaan surah Al Isra ayat 1–111

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan KandungannyaNapi Rutan Kelas II B Banda Aceh, sedang menjalani kegiatan mengaji (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Dalam surah Al Isra, banyak termaktub petunjuk bagaimana cara mengamankan diri dari di dunia maupun di akhirat. Baik dengan salat lima waktu, mendoakan orang tua, dan memenuhi janji.

Selain itu, ada pula beberapa keutamaan yang akan didapatkan bila senantiasa mempelajari dan mengamalkan surah Al Isra, di antaranya:

  • Kado berupa kabar gembira dan pahala besar.

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

Inna hāżal-qur'āna yahdī lillatī hiya aqwamu wa yubasysyirul-mu'minīnallażīna ya'malụnas-sālihāti anna lahum ajrang kabīrā.

Artinya: “Sungguh, Al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar,” (QS. Al Isra: 9).

  • Sebagai pengingat untuk menjauhkan diri dari zina dan sifat sombong.
  • Kian merasa dekat dengan Allah SWT, sehingga menjadi lebih tentram dalam menjalani hidup.
  • Dapat mengambil hikmah dari kisah ghaib yang disampaikan Allah SWT soal Isra’ Mi’raj dan kaum Bani Israil.

5. Kandungan surah Al Kahf ayat 1–74

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan KandungannyaIDN Times/Anjani Eka Lestari

Surah Al Kahf pun tentunya diturunkan dengan maksud tertentu oleh Allah SWT. Salah satunya untuk menerangkan tentang para pemuda yang memiliki keimanan tinggi. Mereka tidur selama bertahun-tahun di gua untuk menghindarkan diri dari kezaliman.

Selain itu, kita juga dapat mempelajari beberapa pokok kandungan dari surah Al Kahf berikut ini:

  • Penjelasan akan keberadaan nabi lain selain 25 nabi dan rasul yang wajib diimani seperti Nabi Haidir as dan Nabi Khidhir as.
  • Adab-adab murid yang baik kepada gurunya.
  • Tentang Yakjuj dan Makjuj yang merupakan kaum pembuat kerusakan di bumi. Nabi Zulkarnain as pun membuat dinding untuk menghalangi mereka dari manusia hingga hari yang ditentukan datang.

وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَىِٕذٍ يَّمُوْجُ فِيْ بَعْضٍ وَّنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَجَمَعْنٰهُمْ جَمْعًا

Wa taraknā ba'dahum yauma'iżiy yamụju fī ba'diw wa nufikha fis-sụri fa jama'nāhum jam'ā.

Artinya: “Dan pada hari itu Kami biarkan mereka (Yakjuj dan Makjuj) berbaur antara satu dengan yang lain, dan (apabila) sangkakala ditiup (lagi), akan Kami kumpulkan mereka semuanya.” (QS. Al Kahf: 99).

  • Perintah untuk mengimani dan mengagungkan Allah SWT semata.

6. Keutamaan surah Al Kahf ayat 1–74

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan KandungannyaSejumlah santri di pesantren Sam'an tengah mengaji Alquran braille usai salat Ashar. IDN Times/Debbie Sutrisno

Tentu ada banyak sekali pelajaran yang dapat umat muslim ambil dari kisah yang tertuang dalam surah Al Kahf. Berikut beberapa keutamaan membaca dan mengamalkan surah Al Kahf, yaitu:

  • Bersinar wajahnya sepanjang hari, seperti yang diriwayatkan dalam hadits sahih:

Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, cahaya akan meneraginya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

  • Hadiah berupa surga ‘Adn dan Firdaus bagi orang yang berbuat kebajikan dan mengamalkan ajaran dalam surah Al Kahf.
  • Ditabahkah hatinya dan ditenangkan pikirannya saat mendapat musibah.
  • Mendapat perlindungan Allah SWT apabila bertemu Dajjal di Hari Kiamat.

Dari riwayat Abu Arda’, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang hafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi, ia akan dilindungi dari fitnah Dajjal. Dan barangsiapa yang hafal penutup Surat Al-Kahfi, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Ahmad)

Itulah urutan surah dalam Al Qur'an juz 15 beserta kandungan dan keutamannya. Semoga kita senantiasa dapat mengamalkan ajarannya sedikit demi sedikit, ya. Amin.

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Baca Juga: Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta Kandungannya

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Jihad Akbar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya