Comscore Tracker

Jokowi: Herd Immunity Harus Tercapai di Bogor pada Agustus

Jokowi harap masyarakat terlindungi dari COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menargetkan herd immunity atau kekebalan komunal bisa segera tercapai di Bogor pada Agustus mendatang. Dengan tercapainya kekebalan komunal tersebut, ia berharap penyebaran COVID-19 bisa berkurang.

"Kita harapkan kita tetap bekerja keras mempercepat program vaksinasi ini secepat-cepatnya. Paling tidak di Kabupaten Bogor ini bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Stadion Pakansari Bogor, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/6/2021).

1. Jokowi harap COVID-19 bisa hilang dari Indonesia

Jokowi: Herd Immunity Harus Tercapai di Bogor pada AgustusPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stadion Pekansari Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan, pada hari ini sebanyak 10 ribu orang mengikuti program vaksinasi di Kabupaten Bogor. Pelaksanaan vaksinasi massal tersebut dilakukan di Stadion Pakansari dan sejumlah rumah sakit.

"Saya kira terus dilanjutkan karena kita membutuhkan percepatan, kecepatan vaksinasi ini dalam rangka mencapai kekebalan komunal, herd immunity yang kita harapkan pernyebaran COVID bisa kita hambat, kita hilangkan dari negara kita," ujar Jokowi.

Baca Juga: Percepat Herd Immunity, Ratusan Pelaku UMKM Semarang Ikut Vaksinasi COVID-19

2. Jokowi ingin penumpang transportasi publik bisa terlindung dari COVID-19

Jokowi: Herd Immunity Harus Tercapai di Bogor pada AgustusPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stasiun Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelum meninjau vaksinasi di Stadion Pakansari, Jokowi juga telah meninjau vaksinasi di Stasiun Bogor. Vaksinasi massal itu diperuntukkan bagi para penumpang KRL.

Dengan adanya program vaksinasi ini, Jokowi berharap masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi di wilayah aglomerasi dapat terlindungi dari COVID-19.

"Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi penyangga dari ibukota Jakarta, sehingga interaksi mobilitas semuanya tinggi," ujar Jokowi.

3. Jokowi ingin prioritas vaksin di tempat-tempat yang interaksinya tinggi

Jokowi: Herd Immunity Harus Tercapai di Bogor pada AgustusPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Stasiun Bogor ini, kata Jokowi, sebagai upaya pemerintah untuk memberikan prioritas vaksin bagi penumpang transportasi publik, seperti kereta api hingga bus.

"Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi baik itu stasiun, kereta, terminal bus, airport dan juga pelabuhan karena di situlah kalau tidak kita segerakan akan terjadi penyebaran," tutur Jokowi.

Baca Juga: 5 Negara yang Paling Mendekati Herd Immunity, Nomor 1 Israel

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya