Jokowi Resmikan Tugu Api di Kemenhan Bersama Prabowo dan Megawati

Tugu api dibangun untuk mengingat founding fathers

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" meremsikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Selasa (9/11/2021). Peresmian tugu tersebut dihadiri juga oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan tugu tersebug akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat, yaitu semangat menjaga Pancasila, persatuan, kesatuan, dan kerukunan nasional, serta semangat untuk terus berinovasi memajukan negeri.

"Bung Karno pernah menyatakan: warisi apinya, jangan abunya. Warisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia maju," ujar Jokowi dalam sambutannya seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Patung Bung Karno 7 Meter di Bandar Lampung Diresmikan Megawati

1. Jokowi sebut keberadaan tugu api sebagai pengingat pada founding fathers

Jokowi Resmikan Tugu Api di Kemenhan Bersama Prabowo dan MegawatiPresiden Jokowi resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kemenhan (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebagai bangsa yang besar dan dengan sejarah besar, kata Jokowi, Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa Tanah Air perannya sangat penting. Dia menuturkan Indonesia bisa banyak berbuat untuk kepentingan dunia dan layak menjadi salah satu pemimpin dalam peta dinamika dunia.

Menurutnya, kuncinya hanya semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dan harus selalu menyala.

"Keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam ini adalah salah satu pengingat kobaran semangat kita, semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers dan membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan," ucap dia.

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

2. Selain tugu api, ada juga Patung Presiden Soekarno yang dibangun

Jokowi Resmikan Tugu Api di Kemenhan Bersama Prabowo dan MegawatiPresiden Jokowi resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kemenhan (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Bersamaan dengan tugu api tersebut, dibangun juga Patung Presiden Sukarno. Pembangunan patung itu dilakukan guna menghormati jasa kepada Bung Karno sebagai perintis kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan, patung tersebut menggambarkan Bung Karno sedang menunggangi kuda saat melaksanakan inspeksi pasukan pada Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang, 5 Oktober 1946, di Yogyakarta.

"Api tidak pernah padam sebagai simbol dari semangat, harapan, keberanian, dan gairah bangsa Indonesia untuk senantiasa mencintai Tanah Air, rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI, serta semangat untuk terus membangun bangsa dan negara demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945," ujar Prabowo.

Baca Juga: Jubir Menhan: Prabowo Punya Chemistry Baik dengan Andika Perkasa

3. Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra juga hadir dalam acara

Jokowi Resmikan Tugu Api di Kemenhan Bersama Prabowo dan MegawatiPresiden Jokowi resmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kemenhan (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam acara peresmian tuga ini selain dihadiri oleh Megawati dan Prabowo, ada juga putra Bung Karno Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra yang ikut hadir. Selain itu, hadir juha Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Ada juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, para pimpinan lembaga negara yang turut hadir dalam acara.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya