Kepulangan Rizieq ke RI Disambut, Mahfud MD: Rusuh Kita Sikat!

Mahfud sebut pemerintah tak pernah menghalangi Rizieq

Jakarta, IDN Times - Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah tak akan menghalangi kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Indonesia. Namun, dia berpesan kepada para pengikut Rizieq agar tidak melakukan kerusuhan saat pendiri FPI itu tiba di tanah air.

"Yang penting jangan membuat kerusuhan, karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlak. Nah, kalau membuat kerusakan, itu berarti bukan pengikutnya Habib Rizieq. Kita sikat. Kalau pengikutnya Habib Rizieq yang tertib," ujar Mahfud dalam keterangan persnya yang ditayangkan di channel YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (5/11/2020).

1. Rizieq terhambat pulang ke Indonesia karena masalah dengan pemerintah Arab Saudi

Kepulangan Rizieq ke RI Disambut, Mahfud MD: Rusuh Kita Sikat!Menko Polhukam Mahfud MD mengikuti upacara kemerdekaan dengan Baju Adat Madura (Dok. Menko Polhukam)

Mahfud menyebut, pemerintah tidak pernah menghambat Rizieq kembali ke Indonesia. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengklaim, terhalangnya rencana Rizieq pulang ke Indonesia, karena urusannya dengan pemerintah Arab Saudi.

"Bahwa Habib Rizieq mau pulang, ya kita tidak pernah menghalanginya. Jika dia terhalang pulang, itu urusan dia dengan pemerintah Arab Saudi. Dan, kita sudah tahu. Ya kalau sekarang sudah selesai, pulang aja, kita enggak pernah menghalangi," ujar pria berusia 63 tahun tersebut.

Baca Juga: Rizieq Shihab Segera Pulang ke Indonesia, Simak Ini 5 Faktanya 

2. Mahfud minta para pengikut Rizieq tetap terapkan protokol kesehatan

Kepulangan Rizieq ke RI Disambut, Mahfud MD: Rusuh Kita Sikat!Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) saat berada di Gedung Grahadi, Surabaya, Minggu (5/7/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Terkait penanganan kepulangan Riziek nanti, Mahfud mengatakan pengamanan akan dilakukan secara reguler dan tergantung dari berapa banyak massa yang berkumpul. Dia pun tetap mengingatkan agar massa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah sekarang sedang dalam kampanye dan sosialisasi protokol kesehatan sebagai vaksin sementara sebelum datang vaksin yang sesungguhnya, maka protokol kesehatan supaya dipatuhi agar tidak saling memberi mudarat. Jangan saling menyulitkan antar umat. Jadi Anda jaga, orang lain jaga, silakan," bebernya.

3. Rizieq dan keluarga akan tiba di Indonesia pada 10 November 2020

Kepulangan Rizieq ke RI Disambut, Mahfud MD: Rusuh Kita Sikat!(Pendiri FPI Rizieq Shihab) Tangkapan layar YouTube Front TV

Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, sebelumnya menyampaikan segera pulang ke Indonesia. Setelah mendapatkan perpanjangan visa, ia pun langsung menetapkan waktu perjalanan untuk kembali ke Indonesia.

"Tiket sudah terbeli untuk saya dan keluarga, paspor juga sudah di tangan, tiket di tangan. Jadi insyaallah kalau tidak ada halang merintang semua akan berjalan dengan lancar," kata Rizieq.

Dalam keterangannya itu, Rizieq menyebut dia dan sekeluarga akan berangkat ke Indonesia pada Senin, 9 November 2020 mendatang. Pendiri FPI itu akan berangkat dari Kota Jeddah langsung menuju Jakarta.

"Insyallah saya dan keluarga hari Senin, tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu Saudi akan terbang dari bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudiah Airlines," ujarnya.

Dia memastikan bakal tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa, 10 November 2020, sekitar pukul 09.00 WIB di Terminal 3 Soekarno Hatta.  

Baca Juga: Pulang ke Indonesia Pekan Depan, Polisi Periksa Status Perkara Rizieq

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya