Mantap! Mensos Pastikan Bansos Tunai Berlanjut hingga 2021

Mensos optimistis program bansos tunai capai 100 persen

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan Kementerian Sosial akan melanjutkan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) pada 2021. Juliari menuturkan, bansos tunai tersebut akan tetap disalurkan selama Januari hingga Juni 2021 untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19.

"Yang bansos tunai saat ini memang masih kita anggarkan dari Januari ke Juni saja," kata Juliari dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/11/2020).

1. Mensos optimistis penyaluran bansos tunai bisa memenuhi target 100 persen

Mantap! Mensos Pastikan Bansos Tunai Berlanjut hingga 2021Mensos Juliari (Dok. Kemensos)

Juliari melanjutkan, penyaluran bansos tunai saat ini masih berjalan hingga Desember 2020 nanti. Dari total anggaran Rp32,4 triliun, realisasi penyaluran program bansos tunai telah mencapai Rp25,86 triliun atau sebesar 79,80 persen. Dia pun optimistis, penyaluran program ini akan segera memenuhi target hingga 100 persen.

"InsyaAllah ini juga tidak akan menemui kendala untuk penyerapan 100 persen," ucap Juliari.

Baca Juga: Bansos Pemerintah untuk Usaha Mikro Dinilai Belum Tepat Sasaran

2. Bansos reguler seperti PKH dan BPNT akan tetap berjalan tahun depan

Mantap! Mensos Pastikan Bansos Tunai Berlanjut hingga 2021Menteri Sosial Juliari P. Batubara melaunching Bantuan Sosial Beras (BSB) dengan target 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dengan besaran 15 kg/KPM/bulan selama 3 bulan di Kota Surabaya, Jawa Timur (Dok. Kemensos)

Juliari mengatakan, terkait bantuan sosial reguler seperti PKH dan BPNT dipastikan akan tetap berjalan pada tahun depan dengan jumlah indeks dan target keluarga penerima manfaat yang sama. Untuk program PKH, pada tahun ini pemerintah menargetkan penyaluran kepada 10 juta keluarga penerima manfaat. Program PKH ini pun telah mencapai target 100 persen dengan total anggaran sebesar Rp36,71 triliun.

"Untuk yang reguler, tentunya sepanjang tahun, Januari-Desember 2021 dengan indeks dan target yang sama," jelasnya.

3. Sejumlah program bansos tidak akan dilanjutkan tahun depan

Mantap! Mensos Pastikan Bansos Tunai Berlanjut hingga 2021Menteri Sosial Juliari P Batubara Koordinasi kesiagaan bencana dengan instansi terkait (Dok. Kemensos)

Meski begitu, Juliari mengatakan sejumlah program bansos lainnya tidak akan dilanjutkan pada tahun depan. Namun, pemerintah tetap mempertimbangkan kondisi di lapangan, sehingga jika program-program lainnya masih diperlukan di tahun depan, maka tak menutup kemungkinan untuk dilanjutkan kembali.

"Sesuai arahan Bapak Presiden kita lihat lagi, karena apa yang disampaikan beliau, anggaran kita harus fleksibel melihat kondisi, sehingga program-program yang ada nanti kita sesuaikan kembali apabila memang dianggap perlu untuk diluncurkan kembali," kata Juliari.

Baca Juga: Disalurkan ke 10 Juta KK Terdampak COVID-19, Bansos Beras Ditutup

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya