Anies Pilih Pasar Gembrong Dibanding Rapat, Anggota DPRD: Pencitraan!

Anggota DPRD sebut rapat paripurna lebih penting dihadiri

Jakarta, IDN Times - Kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur menuai kritik dari anggota DPRD DKI Jakarta. 

Sebab, Anies seharusnya hadir dalam rapat paripurna terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2021. Kehadiran Anies kembali diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

“Saya mengamati beberapa paripurna Pak Gubernur tidak pernah hadir selalu diwakili oleh Pak Wakil Gubernur terus,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco, Senin (25/4/2022).

1. Kedatangan Anies di LKPJ juga penting tapi pilih ke Pasar Gembrong

Anies Pilih Pasar Gembrong Dibanding Rapat, Anggota DPRD: Pencitraan!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Basri mengatakan, kedatangan Anies dalam agenda LKPJ 2021 itu penting. Sebab, sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta Anies punya peran untuk menerangkan apa saja program yang sudah berjalan sepanjang 2021.

“Sekali lagi pak wagub yang saya hormati, ini pesan keras buat pak gubernur, buat pak wagub dan eksekutif. Tolong hanya jangan hanya pentingkan kepentingan dan pencitraan diri sendiri,” ujar dia.

Sementara itu, Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP mengatakan, kedatangan Anies ke lokasi kebakaran Pasar Gembrong tidaklah urgent.

Baca Juga: [BREAKING] Anies di Pasar Gembrong: Kami Tak Akan Biarkan Warga Sendirian

2. Anies bisa menerjunkan anak buah dari dinas-dinas terkait

Anies Pilih Pasar Gembrong Dibanding Rapat, Anggota DPRD: Pencitraan!Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi korban kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) (IDN Times/Uji Sukma)

Dia menyebut, Anies bisa menerjunkan anak buah di dinas-dinas terkait untuk mengurus kebakaran di Pasar Gembrong.

“Kan gini, karena pak Anies punya perangkat, jajaran, dinas-dinas dan sebagainya. Bahkan setelah pembacaan ini (LKPJ) pun, beliau bisa datang ke sana. Tapi kalau dia mengutamakan ke sana bahwa ini (LKPJ) nggak penting,” tutur dia.

3. Riza sebut kunjungan ke Pasar Gembrong tidak bisa ditinggalkan

Anies Pilih Pasar Gembrong Dibanding Rapat, Anggota DPRD: Pencitraan!Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Menanggapi hal ini, Wagub Riza Patria mengatakan agenda mendatangi korban kebakaran di Pasar Gembrong adalah kegiatan yang tak bisa ditinggalkan.

“Prinsipnya kalau dia bisa hadir, pasti akan hadir. Karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggal, jadi saya mewakili, kan sama aja yang penting perwakilan pemprov hadir,” tutur Riza.

Kendati begitu, Riza mengatakan akan menyampaikan kritik terhadap ketidakhadiran Anies itu kepada koleganya itu.

“Pasti semuanya akan kita sampaikan,” terangnya.

Baca Juga: Peluk Warga dan Teriakan Presiden untuk Anies di Pasar Gembrong

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya