USAID Gelar Pelatihan IT untuk Ribuan Mahasiwa UNPAD

Bekerja sama dengan AWS dan Elitery

Jakarta, IDN Times – Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) berkolaborasi dengan Elitery dan Amazon Web Service (AWS) mengadakan program TALENTA di Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung.

Acara yang dihadiri oleh 220 mahasiswa secara offline di UNPAD dan 2.600 mahasiswa secara online ini bertujuan mendukung upaya universitas dalam menginisiasi gerakan literasi informasi dan digital.

Gerakan ini juga bertujuan memberikan pemahaman mengenai teknologi cloud computing kepada mahasiswa, sekaligus membuka wawasan tentang pemanfaatan teknologi serta kesempatan kerja di bidang cloud computing ini

Melalui acara yang digelar pada Jumat (8/9/2023), TALENTA menuntut mahasiswa UNPAD untuk wajib menyelesaikan pelatihan "Introduction to Cloud 101" di AWS Educate.

1. Berbagai kegiatan untuk peserta

USAID Gelar Pelatihan IT untuk Ribuan Mahasiwa UNPADBadan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) berkolaborasi dengan Amazon Web Service (AWS) mengadakan program TALENTA di Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung.

AWS Educate merupakan inisiatif pendidikan yang dirancang untuk mendukung pemahaman dan penggunaan layanan cloud AWS. Dalam setiap sesinya, mahasiswa memperoleh pemahaman tentang konsep dasar cloud computing, kompetensi yang sangat berharga dalam industri teknologi digital yang terus berkembang.

Ada pula kegiatan Booth TALENTA dan Games Challenges IG Stories yang bisa diikuti oleh para peserta. Acara ini menampilkan kegiatan interaktif yang memperkaya pengalaman para mahasiswa di bidang informasi dan teknologi.

Turut hadir di acara ini adalah M. Mispan Indarjo dari USAID, Kurniawan Wiraatmadja selaku Senior Partner Account Manager dari AWS, Ahmad Gilang selaku Project Director TALENTA.

2. Ingin bentuk puluhan ribu mahasiswa siap kerja

USAID Gelar Pelatihan IT untuk Ribuan Mahasiwa UNPADunsplash.com/Domeniko Louia

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, TALENTA terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan dan pengetahuan tentang cloud computing di kalangan mahasiswa UNPAD.

TALENTA juga ingin berkontribusi dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan di era teknologi informasi yang terus berkembang.

Program TALENTA akan memperkuat ekosistem ekonomi digital di Indonesia dengan melahirkan 60 ribu mahasiswa siap kerja dari 20 universitas dan mengakselerasi pengembangan 100 startup digital.

3. Para pihak penyelenggara

USAID Gelar Pelatihan IT untuk Ribuan Mahasiwa UNPADBadan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) berkolaborasi dengan Amazon Web Service (AWS) mengadakan program TALENTA di Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung.

Sebagai informasi, program TALENTA didukung oleh Rumah Siap Kerja (RSK), Elite Academy, Inspigo dan Creatella ini berfokus pada dua kegiatan. Aktivitas pertama yaitu implementasi pengembangan tenaga kerja teknologi cloud computing universitas dan mahasiswa, yang ingin menghasilkan ribuan mahasiswa kerja.

Aktivitas kedua adalah kegiatan Cloud Landing Zone untuk Startup dan UMKM pilihan, di mana mereka akan mendapatkan akses ke pendanaan dan kegiatan akselerasi dalam meningkatkan literasi digital dengan mengadopsi teknologi baru untuk operasional bisnis yang lebih efisien.

Adapun Elitery adalah penyedia solusi IT inovatif dan layanan managed service yang berspesialisasi dalam manajemen hybrid cloud. Elitery memiliki fokus untuk membantu organisasi mengoptimalkan infrastruktur cloud, meningkatkan efisiensi operasional, dan mencapai tujuan transformasi digital. 

Baca Juga: Indonesia Gandeng USAID Percepat Pembangunan di Papua

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya