Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pencegahan Pelanggaran Pemilu

Indeks kerawanan pemilu dirilis oleh Bawaslu RI

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengingatkan pentingnya pencegahan pelanggaran pemilu jelang kontestasi politik 2024 mendatang.

Menurut Bahtiar, pelanggaran pemilu tersebut salah satunya bisa dicegah melalui data Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Serentak Tahun 2024 yang telah diluncurkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Baca Juga: KPU Tidak Akan Hentikan Tahapan Pemilu Meski Dituduh Berbuat Curang

1. IKP dimanfaatkan sebagai upaya cegah pelanggaran pemilu

Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pencegahan Pelanggaran PemiluBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dan Pemilihan Serentak 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hal tersebut disampaikan Bahtiar dalam sambutan Webinar Sosialisasi Indeks Kerawanan Pemilu Tahun 2024. Dia menegaskan, tema webinar kali ini sengaja dipilih sebagai bentuk dukungan Kemendagri beserta kementerian dan lembaga pemerintah lainnya dalam mendukung suksesnya Pemilu Serentak 2024. 

Dia mengungkapkan, ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas Pemilu, termasuk ekosistem. Ketika dalam ekosistem ditemukan adanya kerawanan-kerawanan maka perlu dilakukan pencegahan. Selain itu, peringatan-peringatan melalui sajian IKP yang dikeluarkan Bawaslu menjadi tugas bersama yang harus dicegah secara terukur melalui langkah-langkah konkret.

“Justru dalam indeks ini jangan sampai terjadi di lapangan. Justru ini adalah upaya kita untuk melakukan pencegahan dini atau deteksi dini, melakukan penanganan dini terhadap masalah-masalah atau potensi-potensi kerawanan yang sudah dirumuskan dalam Indeks Kerawanan Pemilu 2024 oleh Bawaslu RI,” ujar dia, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024 Dugaan KPU Curang hingga Kisruh Curi Start Kampanye

2. IKP sangat penting dalam memetakan kerawanan pelanggaran

Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pencegahan Pelanggaran PemiluDirektur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Bahtiar saat mengunjungi IDN Times (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bahtiar mengatakan, IKP dari Bawaslu dapat memberi gambaran mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh berbagai pihak terkait kerawanan Pemilu Serentak 2024.

“Indeks kerawanan Pemilu ini perlu menjadi bahan kita, karena ini adalah hasil riset, hasil kajian ilmiah dengan metodologi yang sudah teruji, karena sudah dilakukan bertahun-tahun. Oleh karenanya tentu ini menjadi sangat penting,” imbuh dia.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Belasan Kiai di Surabaya, Bahas Pemilu?

3. Pemerintah yang baik dihasilkan dari pemilu yang berkualitas

Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pencegahan Pelanggaran PemiluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Sri Handoko Taruna mengatakan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk mengoptimalisasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan baik pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Pemerintahan yang baik dihasilkan oleh kualitas ke-Pemiluan yang baik. Sukses pelaksanaan Pemilu 2024 akan ditentukan oleh banyak faktor. Di antaranya kesiapan penyelenggara Pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah, serta kesiapsiagaan dari seluruh stakeholder,” ucap dia.

Adapun webinar ini turut mengundang berbagai narasumber dari Bawaslu, Komisi Pemilihan Pemilu (KPU), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Keamanan Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya