Rumahnya Terancam Digusur, Seorang Emak-Emak Ngadu ke Gibran

Gibran blusukan ke Pasar Rumput

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menampung aspirasi seorang emak-emak yang mengaku terkena gusur akibat pelebaran Stasiun Manggarai.

Hal itu terjadi saat Gibran mengunjungi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023).

Emak-emak yang tak diketahui namanya itu lantas meminta agar segera direlokasi ke Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Setiabudi Jaksel.

"Itu rumah susun kosong gak ke pakai, kapan kita dong pak pindah ke situ?" tanya emak-emak itu.

"Rumah saya kan pengen digusur tuh pak kena pelebaran Stasiun Manggarai," timpalnya.

1. Tanggapan Gibran soal emak-emak minta direlokasi ke rusun

Rumahnya Terancam Digusur, Seorang Emak-Emak Ngadu ke GibranCalon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menyambangi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menanggapi permintaan perempuan itu, Gibran sempat mengarahkan pandangan ke arah atas rusun. Wali Kota Solo itu lantas menenangkan emak-emak sembari berlalu pergi.

"Ntar ya bu ya, di rusun sini ya," ujar Gibran.

Sontak jawaban dari Gibran tersebut disambut teriakan emak-emak yang mengaku pendukung Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka.

"Iya pak nomor dua nih pak," ungkap emak-emak.

2. Sambangi Pasar Rumput, Gibran traktir warga cilok, bakso hingga siomai

Rumahnya Terancam Digusur, Seorang Emak-Emak Ngadu ke GibranCalon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menyambangi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times di lokasi, Gibran tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Gibran langsung disambut masyarakat hingga pedagang yang berjualan.

Gibran sempat membelikan makanan hingga minuman untuk masyarakat, di antaranya bakso, cilok, siomai, hingga cendol. Aksi Gibran itu langsung disambut antusiasme masyarakat, mulai dari anak-anak sampai emak-emak.

"Makasih mas Gibran, makasih ya mas," kata warga yang hadir sambil antre.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul dari Anies dan Ganjar

3. Warga minta Gibran turunkan harga beras

Rumahnya Terancam Digusur, Seorang Emak-Emak Ngadu ke GibranCalon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menggelar blusukan ke Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, Gibran juga menyapa sejumlah warga di sekitar pasar. Wali Kota Solo itu sempat menyambangi pedagang untuk menanyakan pasokan hingga harga.

Gibran sempat mengunjungi salah satu pedagang beras di pasar. Dia bertanya kepada pedagang beras mengenai tren kenaikan harga beras.

"Beras berapa? Naik ya? Sejak kapan?" tanya Gibran.

Pedagang dan masyarakat pun mengeluhkan harga beras yang mengalami kenaikkan harga. Mereka pun meminta kepada putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu untuk kembali menurunkan harga.

"Beras naik mas, turunin mas, turunin," keluh warga.

Gibran juga sempat membeli berbagai sembako, di antaranya minyak, cabai, hingga gula.

Selain itu, Gibran membagikan sejumlah buku tulis kepada anak-anak yang berada di lokasi.

Sementara, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Nusron Wahid, memastikan Gibran ambil cuti untuk persiapan mengikuti debat calon presiden (capres) yang akan diselenggarakan Selasa (12/12/2023).

Gibran ambil cuti pada hari ini hingga  Selasa, 12 Desember 2023. Dia menuturkan, Gibran saat ini berada di Jakarta.

"Ya Mas Gibran cuti dua hari. Senin Selasa ada di Jakarta sekalian persiapan debat," ujar dia dalam keterangannya, Senin (11/12/2023).

Berdasarkan agenda yang diterima IDN Times, Gibran berencana blusukan ke sejumlah titik di DKI Jakarta.

Agenda blusukan pertama Gibran ke Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kemudian, Gibran mengunjungi Bakso Bara di Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya