10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus Corona

Keseharian perawat dan dokter di berbagai belahan dunia

Jakarta, IDN Times - Pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19 di hampir seluruh belahan bumi ini menyisakan cerita dari mereka yang memiliki profesi sebagai tenaga medis. Baik dokter, perawat, maupun petugas kesehatan lainnya yang setiap hari menangani langsung kasus pasien COVID-19, mempertaruhkan nyawa mereka.

Kehidupan mereka bersentuhan langsung dengan sumber penularan virus yang sudah menewaskan lebih dari lebih dari seratus ribu orang di seluruh dunia itu. Seorang perawat di Italia mengaku setiap hari, dia berangkat kerja dengan perasaan takut yang terselip dalam hatinya.

Meski dilengkapi dengan alat perlindungan diri, mereka tetap orang yang paling rentan terpapar virus tersebut. Di berbagai negara, kasus kematian pada dokter dan perawat yang menangani COVID-19 terus dilaporkan bertambah dari hari ke hari. 

Mengenakan setelah baju hazmat sebagai alat pelindung diri selama seharian bekerja, juga sebuah perjuangan. Mereka harus menahan diri dari makan, minum, buang hajat, atau beribadah salat.

Di sejumlah negara, bahkan kekurangan alat pelindung diri dan baju khusus sehingga tenaga medis terpaksa memakai jas hujan. Sungguh perjuangan luar biasa!

Seperti apa keseharian para tenaga medis di berbagai belahan dunia. Berikut 10 potret yang mencuplik mereka:

1. Inggris

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas NHS bertepuk tangan di luar Rumah Sakit Universitas Royal Liverpool dalam kampanye "Clap for our Carers" sebagai dukungan kepada NHS saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) terus berlanjut, Liverpool, Inggris, Kamis (9/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

2. Amerika Serikat

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas kesehatan duduk di bangku taman di Central Park kawasan Manhattan, Kota New York, Amerika Serikat, Senin (30/3/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah Moon)

Baca Juga: Jokowi: Terima Kasih Pada Semua Dokter, Perawat, TNI-Polri dan Relawan

3. Italia

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPara staf medis dengan pakaian pelindung berpose untuk foto di dalam unit perawatan intensif (ICU) d rumah sakit San Raffaele, Milan, Italia, Jumat (27/3/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Flavio Lo Scalzo)

4. Prancis

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas medis menunggu pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19), untuk naik kereta TGV medis kecepatan tinggi di sebuah stasiun di Strasbourg, Prancis, Jumat (3/4/2020). (ANTARA FOTO/Patrick Hertzog)

Baca Juga: Potret 19 Dokter yang Meninggal Dunia karena COVID-19

5. Amerika Serikat

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaSeorang petugas kesehatan duduk di tepi jalan saat ia menggunakan alat vaping saat beristirahat di luar Maimonides Medical Center dalam penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Brooklyn, New York City, New York, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Brendan McDermid)

6. Spanyol

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas medis mengenakan pakaian pelindung melambaikan tangan dari Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit La Paz, di Madrid, Spanyol, pada 18 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez

7. Malaysia

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas memakai pakaian pelindung diri berdoa sebelum melakukan operasi desinfeksi, sebagai upaya mengendalikan penyebaran virus corona (COVID-19), di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (1/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng)

Baca Juga: Perawat di Italia Ini Ceritakan Deritanya Bekerja Lawan Virus Corona

8. Thailand

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaPetugas medis menggunakan pakaian pelindung dan masker wajah di laboratorium berjalan untuk pengujian virus corona (COVID-19) di Bangkok, Thailand, Kamis (9/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun)

9. Tiongkok

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaSeorang anggota staf berjalan melewati sebuah sketsa Presiden China Xi Jinping memakai masker pelindung di tembok bangsal tertutup di dalam Rumah Sakit Leishenshan, sebuah rumah sakit sementara untuk penanganan pasien dengan penyakit virus korona (COVID-19), di Wuhan, provinsi Hubei, China, Sabtu (11/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song)

10. Indonesia

10 Potret Perjuangan Tenaga Medis di Dunia Lawan Pandemi Virus CoronaTenaga medis sebagai garda terdepan menghadapi pasien positif COVID-19. IDN Times/Candra Irawan

Baca Juga: 161 Tenaga Medis di Jakarta Positif Terjangkit Virus Corona

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya