Comscore Tracker

Ivanka Trump dan Suami Hadiri Pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem

Kedatangan mereka disambut oleh duta besar Amerika Serikat untuk Israel

Yerusalem, IDN Times – Putri Donald Trump, Ivanka Trump, bersama suaminya, Jared Kushner, belum lama ini tiba di Yerusalem menjelang pembukaan kantor kedutaan besar Amerika Serikat untuk Israel. Mereka mewakili Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang berhalangan hadir. Apa alasannya?

1. Momen kedatangan Ivanka Trump bersama suaminya

Ivanka Trump dan Suami Hadiri Pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalemtwitter.com/CGTNOfficial

Dilansir dari BBC, putri orang nomor satu di Amerika Serikat bersama suaminya tiba di Yerusalem belum lama ini. Datang sebagai delegasi Amerika Serikat, Ivanka Trump dan Jared Kushner disambut oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel, David Friedman.

Usai tiba di Yerusalem, Kushner dijadwalkan akan menemui Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada waktu sore setempat. Tak hanya mereka berdua, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin, dan Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Sullivan, juga berada di Yerusalem meski berstatus sebagai pribadi.

2. Trump tidak datang ke sana dengan alasan keamanan

Ivanka Trump dan Suami Hadiri Pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalemtwitter.com/realDonaldTrump

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dijadwalkan datang ke Yerusalem untuk menghadiri acara pembukaanm ini. Namun, alasan keamanan membuat Trump mengurungkan niatnya datang ke Yerusalem. Padahal, Presiden Trump pada akhir tahun 2017 lalu mengumumkan bahwa Yerusalem merupakan ibukota dari Israel. Pernyataan yang disampaikan oleh Trump tersebut menuai kecaman keras dari berbagai negara di dunia, khususnya negara-negara dengan mayoritas muslim seperti Indonesia.

Pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel sempat dibahas di sidang PBB dan hasilnya pihak yang pro mengalami kekalahan telak atas negara-negara yang kontra dengan pernyataan Trunp. Perlahan-lahan, negara-negara yang semula menolak atau tidak menjawab pada sidang PBB mulai melunak dan mengikuti jejak Amerika Serikat. Dengan memindahkan ibukota ke Yerusalem, proses perdamaian antara Israel dengan Palestina terancam gagal akibat kebijakan Trump ini.

3. Momen tersebut bertepatan dengan ulang tahun Israel ke-70

Ivanka Trump dan Suami Hadiri Pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalemtwitter.com/writerjiliang

Momen pembukaan kedutaan besar di Yerusalem ini bertepatan dengan hari ulang tahun Israel ke-70 tahun yang bertepatan pada tanggal 14 Mei 2018. Menjelang acara pembukaan, beberapa negara menyatakan protes keras atas aksi tindakan Amerika Serikat yang sebelumnya dianggap sebagai mediator dalam masalah ini selama bertahun-tahun lamanya. Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menganggap masalah ini sebagai tamparan keras dunia internasional sepanjang abad ini.

Pembukaan kedutaan besar Amerika Serikat di Yerusalem ini dijadwalkan akan dimulai pada hari Senin pukul 16.00 waktu setempat.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya