Ini Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris 

Saat ini penguasa kerajaan dijabat oleh Raja Charles III

Jakarta, IDN Times - Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Dia meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia, karena sakit pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Ratu Elizabeth menjadi pemimpin Kerajaan Inggris terlama. Dia memimpin selama 7 tujuh dekade menggantikan ayahnya, Raja George VI.

Ratu kelahiran 1926 itu memerintah Inggris Raya dan 14 wilayah persemakmuran lainnya. Atas kepergiannya, sang putra, yakni Pangeran Charles, menjadi Raja Inggris menggantikan mendiang ibunya.

Setelah Charles, siapa yang akan meneruskan takhta Kerajaan Inggris?

Baca Juga: Raja Charles: Kepergian Ibuku Tercinta, Kesedihan Terbesar Kami Semua

1. Pangeran Wiliam jadi urutan pertama

Ini Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Kate Middleton dan Pangeran William (instagram.com/dukeandduchessofcambridge)

Dilansir dari Guardian, Jumat (9/9/2022), Pangeran William merupakan urutan pertama penerus takhta Kerajaan Inggris. William merupakan anak pertama Raja Charles dan mendiang Putri Diana.

Saat ini, William mendapat gelar Duke of Cornwall. Istrinya, Kate Middleton, otomatis mendapat gelar Duchess of Cambridge.

Dari pernikahannya dengan Middleton, William memiliki tiga anak yaitu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Baca Juga: Ini Gelar Baru Pangeran William dan Kate Middleton 

2. Pangeran George di urutan kedua dan Pangeran Harry kelima

Ini Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Infografis daftar pewaris Kerajaan Inggris setelah ditinggal mendiang Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah William, urutan kedua pewaris takhta Kerajaan Inggris adalah Pangeran George, anak pertama dari William dan Middleton.

Sementara urutan ketiga adalah Putri Charlotte dan urutan keempat adalah Pangeran Louis.

Adapun anak kedua dari Raja Charles dan Putri Diana, Pangeran Harry berada di urutan kelima, meski ia telah menyatakan keluar dari keluarga kerajaan.

Harry menikah dengan Meghan Markle yang sempat membuat heboh publik Inggris dan dunia karena mengungkapkan masalah yang ada di keluarga kerajaan.

Baca Juga: Deretan Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Cita untuk Ratu Elizabeth II

3. Anak Harry dan Markle urutan keenam dan ketujuh

Ini Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris kolase: Archie Harrison, Prince Harry, Meghan Markle, Lilibet Diana (instagram.com/alexilubomirskiLilibet Diana (instagram.com/misanharriman)

Sementara itu, Anak Harry dan Meghan Markle yakni Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Diana Mountbatten-Windsor menjadi urutan keenam dan ketujuh dalam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Archie dan Lili menjadi keturunan kerajaan Inggris yang lahir dari keluarga dua ras.

Kemudian, urutan kedelapan pewaris takhta adalah Pangeran Andrew yang merupakan anak ketiga dari Ratu Elizabeth.

Namun Andrew tak lagi memegang peran resmi dalam kerajaan karena mundur akibat kasus tindakan seksual dengan perempuan di bawah umur.

Selanjutnya, anak Andrew dengan Sarah Ferguson yaitu Putri Beatrice menjadi urutan kesembilan pewaris takhta. Adapun anak Beatrice, yakni Sienna Elizabeth Mapelli menjadi urutan kesepuluh pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Urutan ke-11 adalah Putri Eugenie, adik dari Putri Beatrice. Urutan ke-12 adalah Philip Hawke Brooksbank yang merupakan anak dari Putri Beatrice. 

Anak terakhir dari Ratu Elizabeth yakni Pangeran Edward berada di urutan ke-13 pewaris takhta. Ia mendapat gelar Earl of Wessex.

Pada urutan ke-14 adalah James, Viscount Seven, anak kedua dari Pangeran Edward. Urutan ke-15 adalah Lady Louise Windsor, anak pertama Pangeran Edward. 

Urutan ke-16 dan urutan terakhir untuk sementara ini adalah Princess Royal, Anne, yang merupakan anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth. 

Baca Juga: PM Inggris: Ratu Elizabeth II Dicintai dan Dikagumi di Seluruh Dunia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya