Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Westminster Hall

Jenazah disemayamkan selama empat hari

Jakarta, IDN Times - Peti jenazah Ratu Elizabeth II saat ini sudah berada di Westminster Hall dan disemayamkan selama empat hari ke depan.

Dari Istana Buckingham, peti jenazah Ratu diangkut dengan kereta kuda dari gerbang istana ke Westminster, pada pukul 14.22 sore waktu setempat.

1. Warga diperbolehkan memberikan penghormatan terakhir secara langsung

Dilansir BBC pada Kamis (15/9/2022), bunyi lonceng Big Ben dan dentuman meriam mengiringi prosesi keluarnya peti jenazah Ratu Elizabeth dari Istana Buckingham menuju Westminster Hall.

Raja Charless III, saudara-saudaranya, serta Pangeran William dan Pangeran Harry mengikuti prosesi tersebut dengan berjalan kaki di belakang iring-iringan peti jenazah.

Di Westminster Hall inilah rakyat diperbolehkan untuk memberikan penghormatan terakhir. Diperkirakan, ratusan ribu orang akan datang.

Baca Juga: Dubes RI Jadi Tamu Pertama Tanda Tangan di Buku Duka Ratu Elizabeth 

2. Ribuan orang menyaksikan prosesi

Sejak pagi hari, dilaporkan bahwa warga Inggris serta para turis sudah berkumpul di depan Istana Buckingham dan berjejer hingga Westminster, untuk melihat prosesi ini.

Tepuk tangan pecah ketika peti jenazah Ratu Elizabeth melewati Parade Penjaga Kuda.

Banyak warga yang mengangkat ponselnya untuk merekam prosesi ini, dan ada juga warga yang menangis melihat kepergian Ratu Elizabeth II.

3. Kebaktian digelar di Westminster Hall

Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan di Westminster Halltravelandleisure.com

Sesampainya di Aula Westminster, Uskup Agung Canterbury Justin Welby memimpin kebaktian yang dihadiri Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan.

Saat peti jenazah masuk, ribuan orang juga telah mengantre di sepanjang tepi Sungai Thames, menunggu giliran masuk ke aula dan memberi penghormatan.

Westminster Hall, gedung berusia 900 tahun, merupakan gedung tertua di Parlemen Inggris. Gedung ini juga menjadi tempat upacara Ratu Elizabeth II naik takhta.

Baca Juga: Kanada Tetapkan Hari Pemakaman Ratu Elizabeth sebagai Libur Nasional

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya