6 Spesies Hewan Ini Berhasil Diidentifikasi di Tahun 2019

Menambah keanekaragaman hayati Indonesia nih

Keanekaragaman hayati Indonesia merupakan hal yang sangat memukau dari negeri ini. Terdapat berbagai macam spesies hewan dari berbagai macam marga yang tersebar di seluruh penjuru pulau Indonesia.

Pada tahun 2019 ini ditemukan berbagai macam spesies baru yang dipublikasikan pada akun Instagram Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Adapun 6 spesies baru tersebut dapat dilihat di bawah ini.

1. Tarsius niemitzi (Sulawesi Tengah)

6 Spesies Hewan Ini Berhasil Diidentifikasi di Tahun 2019Mongabay.co.id

Hewan ini dipublikasikan 11 November 2019 di Instagram LIPI. Hewan ini ditemukan oleh dua ilmuwan, yakni Alexandra Nietsch dan Carten Niemitz di Pulau Sulawei tahun 1993.

Namun, Trasius jenis ini baru diidentifikasi tahun 2019 dan dipublikasikan melalui jurnal Primate Conservation. Penamaan tarsius ini diambil dari nama Carten Niemitz yang merupakan seorang tokoh biologi dengan julukan Bapak Tarsius karena konstribusinya dalam menemukan dan mempelajari hewan Tarsius.

2. Meghophrys kalimantanensis (Kalimantan)

6 Spesies Hewan Ini Berhasil Diidentifikasi di Tahun 2019Mongabay.co.id

Penemuan spesies baru katak tanduk ini awalnya diduga merupakan spesies katak tanduk pinokio. Namun, spesies katak tanduk ini memiliki sepasang lipatan lateral tambahan pada sayap dibandingkan katak tanduk pinokio sehingga di tahun 2019 ini para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Semarang, Kyoto University dan Aichi University of Education mengidentifikasi katak tanduk ini menjadi spesies baru.

Katak ini ditemukan dari hasil ekspedisi di pengunungan Meratus, Kalimatan Timur dan Kalimantan Selatan. Spesies baru ini dipublikasikan dalam jurnal Zooxta Vol. 4679. Selain spesies baru dari katak bermarga Megophyrus, juga ditemukan tiga spesies katak dari marga Sigalegalephrynus yakni Sigalegalephrynus gayoluensensis, Sigalegalephrynus burnitelongensis, dan Sigalegalephrynus harveyi yang ditemukan di daerah sumatera.

Penemuan spesies katak Sigalegalephrynus ini dipulikasikan oleh LIPI di akun Instagramnya pada 13 Oktober 2019.