Comscore Tracker

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!

Masih banyak hewan lain yang bisa kamu adopsi...

Bosan sama anjing atau kucing buat jadi hewan peliharaan? Sebenarnya, ada banyak hewan lain yang bisa kamu pelihara. Meski begitu, jangan coba-coba untuk memelihara hewan ini ya. Meski punya tampang yang lucu dan menggemaskan, hewan-hewan ini punya alasan tersendiri sehingga gak cocok buat jadi hewan peliharaan. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut beberapa di antaranya.

1. Monyet dan hewan primata lain, selain menggigit juga bisa menularkan penyakit pada manusia

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!wildlifealliance.org

Hewan-hewan primata, seperti monyet, simpanse, babun dan lemur memang punya tampang yang lucu. Mungkin kamu berpikir menyenangkan untuk menjadikan mereka hewan peliharaan. Gak jarang juga ada orang yang memperlakukan mereka seperti anak kecil atau bayi, sampai-sampai memakaikannya popok atau kereta bayi. Namun, nyatanya gak hanya berperilaku seperti bayi, mereka pun bisa mengacaukan rumah dan menjerit.

Masalah yang akan kamu temui saat memelihara monyet adalah mereka bisa saja mengamuk tanpa peringatan. Itu karena mereka gak punya akal. Bahkan, gak jarang mereka pun menggigit pemiliknya. Tentu saja gigitan tersebut berisiko menularkan penyakit Hepatitis A dan HIV-1, virus yang menyebabkan AIDS.

2. Singa dan kucing besar lain, meski kamu memotong kukunya, mereka masih tetap berbahaya

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!olderbeast.com

Kucing adalah salah satu hewan yang paling pas buat jadi hewan peliharaan. Lantas, gimana dengan kucing besar lain, seperti harimau, macan tutul atau puma? Apa masalahnya memelihara mereka sejak bayi? Pasti menyenangkan.

Namun, anggapan tersebut gak seindah yang kamu bayangkan. Kamu bisa saja menggunting kuku cakarnya agar gak berbahaya. Namun, berbeda dengan kucing, memotong kuku kucing besar hanya akan membuatnya gak bisa berjalan dengan baik, terutama jika gak dilakukan sesuai prosedur yang ada. Itu karena kuku mereka adalah bagian dari tulang terakhir pada setiap jari kaki.

Bahkan, sekalipun kamu sudah memotong kukunya, kucing besar seperti harimau masih tetap berbahaya. Itu karena mereka membunuh mangsanya dengan cara menggigit lehernya, bukan mencakar sampai mati. Bahkan, meski giginya gak membunuhmu, rahang mereka sudah cukup kuat untuk menghancurkan tulang-tulangmu.

3. Kobra dan ular berbisa lain, kamu gak akan tahu kapan kamu akan terkena bisa mereka

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!animalwallpaper.site

Bagi sebagian orang, kobra adalah salah satu hewan eksotis yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Namun, ini bukanlah ide bagus. Ular kobra bisa membunuhmu hanya dengan sekali gigitan dan dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga, mungkin kamu gak akan sempat untuk mengambil antiracunnya.

Bahkan, beberapa ular kobra bisa meludahkan racunnya ke matamu sehingga menyebabkan kebutaan dan rasa sakit yang luar biasa. Belum lagi, kalau ular ini kabur dari rumah. Bisa-bisa membahayakan tetanggamu. Sebenarnya, masih banyak ular peliharaan lain yang gak berbisa sehingga aman untuk dipelihara. Namun, tetap ikuti prosedurnya ya.

4. Beruang, meski lucu mereka tetap hewan buas lho

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!mnn.com

Gak bisa dimungkiri kalau beruang adalah hewan yang lucu. Itu sebabnya, mungkin kamu sering melihat beruang menjadi boneka dan pernak-pernik anak-anak. Meskipun lucu, jangan berpikiran untuk memeliharanya ya! Dengan berat mereka yang mencapai 680 kg, beruang bisa berdiri dan mencakarmu dengan sangat cepat.

Baca Juga: 12 Hewan yang Menyeramkan, Tetapi Bisa Terlihat Lucu dan Menggemaskan 

5. Kelelawar, meski lucu tapi mereka kotor dan menyebarkan banyak penyakit

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!deacademic.com

Kelelawar memang punya tampang lucu dengan mata yang besar. Namun, kamu perlu ingat bahwa mereka adalah hewan bergigi tajam yang membawa virus rabies dan SARS. Dengan penyakit yang dibawa mereka ini, mustahil kamu bisa merawat mereka di rumahmu. Jadi, lebih baik biarkan mereka di alam liar saja ya.

6. Serigala, meski punya kekerabatan dengan anjing, mereka masih terlalu liar

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!hdfreewallpaper.net

Kalau anjing saja bisa dipelihara, kenapa gak dengan serigala? Berbeda dengan anjing, saat ini serigala masih liar dan bertindak sesuai insting mereka. Mereka akan berburu saat lapar; bermain sesuaka hati; bahkan tidur sepanjang hari. Saat merasa terancam, serigala pun gak segan-segan akan menyerang. Serigala dapat membunuh rusa besar! Sama seperti kucing besar, serigala belum bisa dipercaya untuk menjadi hewan peliharaan.

7. Buaya dan aligator, buat sebagian orang mereka lucu lho, tapi tetap saja berbahaya

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!nationalgeographic.com

Buaya besar bisa membunuh mangsa sebesar sapi. Hewan ini bisa menyebabkan infeksi serius jika tergigit, bahkan bisa membuat seseorang diamputasi. Serangan ekornya saja bisa membuat kakimu patah, belum lagi gigitan mereka yang mengoyak-ngoyakkan tulangmu.

8. Rubah, kecuali rumah fennec atau siberia

Meski Lucu dan Gemas, Jangan Berpikir untuk Memelihara 8 Hewan Ini Ya!pixels.com

Sebagian besar rubah, seperti rubah merah memang bisa sangat jinak, namun mereka gak bisa benar-benar dipercaya. Mereka bisa berbahaya layaknya serigala, terutama jika dekat anak-anak.

Selain itu, mereka pun punya bau yang sangat menyengat, bahkan lebih buruk dari musang. Mereka punya insting liar untuk menggigit sehingga bisa mencelakaimu, meski mereka punya tampang yang lucu dan menggemaskan.

Jangan memaksakan diri untuk memelihara mereka ya. Bisa-bisa, kamu kenapa-kenapa lagi. Ya, cukuplah kamu puas melihat mereka di alam liar.

Baca Juga: 5 Fakta Punya Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya