Comscore Tracker

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!

Ciptakan tren wisuda yang lebih bermanfaat saja

Wisuda adalah salah satu momen paling berarti dalam tahap kehidupan seseorang. Kamu yang sempat mengenyam pendidikan sampai merasakan wisuda pasti setuju akan hal ini. Yang paling khas dari wisuda selain pengesahan kelulusan dari pimpinan instansi terkait, adalah toga dan topi wisudanya.

Begitu bangganya ketika para wisudawan dan wisudawati menerima semua atribut itu. Kamu yang belum merasakannya pasti nanti akan berpikiran hal yang sama.

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!twitter.com/buffstatensfp

Sering kita melihat adegan di televisi atau film yang menggambarkan mereka sedang melempar topi wisuda ke atas setinggi-tingginya. Meskipun banyak yang belum tahu asal muasal budaya ini dan tidak ada yang mengharuskan mereka melakukannya. Ternyata hasil penelitian menyatakan bahwa itu sangat berisiko dan berbahaya lho. Kok bisa? Baca selengkapnya di sini!

1. Kalau kamu melemparkan topi wisuda/topi toga ke udara, itu dapat berbahaya karena bisa menyakitimu

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!adorama.com

Sudut tajam dari mortarboard-nya itu bisa menyebabkan luka yang cukup serius kalau menghantam seseorang dengan sudut yang "pas". University of East Anglia dari Ingris menyatakan bahwa mortarboard yang terjatuh adalah risiko yang susah diterima umum.

Mereka menganggap itu risiko yang mengada-ada padahal sangat jarang terjadi. Namun dalam beberapa tahun belakangan ini, beberapa mahawiswa dikabarkan mengalami cidera akibat hal tersebut.

2. Budaya yang ditelan mentah-mentah tanpa paham esensinya menuntut mahasiswa untuk mengikuti dan melestarikannya, sehingga mereka ikut-ikutan melempar topi wisudanya tinggi-tinggi

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!oynat.info

Sudah banyak sekali wisuda yang dilakukan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pemandangan melempar topi wisuda juga gak jarang kita temui.

Ketika ditanya, banyak yang menyatakan bahwa itu sudah menjadi "kebiasaan" yang dilakukan orang saat wisuda, sementara gak banyak yang paham asal muasalnya. Mereka hanya mengikutinya karena terlihat "keren" sesuai tontonan mereka.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Hidup Tanpa Saudara Bisa Pengaruhi Otakmu

3. Dulunya yang memulai pelemparan topi itu adalah wisudawan militer Amerika Serikat, yang dilakukan secara spontan tapi ternyata melahirkan makna di baliknya

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!pooledick.co.uk

Awalnya pelemparan topi itu dilakukan di wisuda militer Amerika Serikat. Sebagian besar lulusan melemparkan topinya secara spontan ke atas tepat setelah pengumuman. Mengingat sekali lulusan bisa mencapai ribuan, kecil kemungkinan untuk menemukan topi mereka masing-masing kembali. Ya, semua berawal dari ekspresi spontan.

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!hooversun.com

Sehingga akhirnya "tradisi" tersebut dijadikan untuk simbolis melempar cita-cita setinggi-tingginya sekaligus menjadi impian serta cita-cita bagi anak-anak yang memunguti topi tersebut. Namun sekali lagi, itu simbolis subjektif saja.

Tidak ada kewajiban atau dampak buruk jika tidak melakukannya. Kalaupun ada kabar yang beredar, seperti nantinya tidak akan beruntung ke depannya, itu semua cuma mitos belaka.

4. Untungnya, baru-baru ini sudah banyak solusi untuk menyiasati risiko pelemparan topi wisuda, yaitu dengan menggunakan editing digital

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!village.blogs.pressdemocrat.com

Banyak perusahaan fotografi yang menawarkan akan menambahkan efek "topi yang terlempar" secara digital pada foto yang diambil, agar gak ada yang perlu melewati risiko berbahaya ini. Namun secara gak langsung, juga seakan tetap menjalani tradisi wisuda terlepas kamu percaya atau gak. Itu jauh lebih baik daripada harus menangggung luka/cidera serius.

Kalau dosen atau fotografermu yang meminta untuk melakukannya, kamu bisa menolaknya karena telah mengetahui risikonya. Ada banyak kok pose yang lebih kece untuk memaknai hari wisudamu. Lagipula ini hari bahagia, meskipun pada akhirnya tidak sampai menimbulkan cedera berat, bisa menjadikan suasana tidak enak jika ada teman yang terkena topimu.

Jangan Lagi Melempar Topi Wisudamu Ke Atas, Mortarboardnya Berbahaya!cliparts.co

Jadi sudah tahu kan bahwa sebenarnya tradisi ini bukan sesuatu yang berarti jika dibandingkan dengan risikonya. Aktivitas berisiko seperti itu bisa kamu ganti dengan berdoa demi kelancaran cita-citamu. Daripada harus menanggung cedera serius yang berakibat secara berkepanjangan. Hati-hati ya dengan topi wisudamu. Kamu dan temanmu mungkin belum mengalaminya, tapi jangan sampai telanjur menyesal saja.

Baca Juga: 4 Kembar Dempet Ini Bercerita Bagaimana Mereka Berhubungan Seks!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 14:30:05

Progress: 767.353 dari 813.350 TPS (94.34475%)

Just For You