Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Teman

Demi kebaikan bisnis dan hubungan pertemanan!

Memulai bisnis dengan teman yang sudah akrab bisa terasa menyenangkan dan bermanfaat. Namun, keputusan ini juga mendatangkan tantangan uniknya sendiri. Alasannya, tidak semua teman baik bisa menjadi rekan bisnis yang baik, sehingga kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal demi menjaga bisnismu tetap berjalan dan hubungan pertemananmu juga tidak rusak.

Nah, sebelum kamu benar-benar merekrut temanmu menjadi mitra bisnis, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan demi kebaikan bisnis dan hubungan pertemanan.

1. Seberapa baik kamu dan temanmu berkomunikasi

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Temanilustrasi beberapa orang sedang berbicara (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Kemampuan berkomunikasi secara terbuka merupakan elemen esensial yang menyatukan hubungan apa pun, termasuk bisnis. Saat kamu mempertimbangkan untuk membangun sebuah bisnis dengan teman, kamu mungkin merasa lebih mudah karena sudah memiliki dasar-dasar komunikasi yang baik. Namun, tentu saja komunikasi di dalam pertemanan tidak sama persis dengan komunikasi sebagai rekan bisnis.

Saat sudah berteman selama beberapa waktu, artinya kamu sudah saling mengenal satu sama lain dengan teman-temanmu, termasuk bagaimana pendapat mereka tentang bisnis. Dengan begitu, harapannya kamu tidak akan merasa kebingungan, memastikan terdapat keselarasan, dan mampu bekerja melalui keputusan sulit sebagai tim yang kuat dan kompak.

2. Seperti apa visi temanmu dalam menjalani bisnis

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Temanilustrasi dua orang sedang berdiskusi (pexels.com/Tirachard Kumtanom

Kamu mungkin sudah tahu bahwa kamu dan temanmu sama-sama memiliki minat besar dalam membangun usaha. Namun, pernahkah kamu dan temanmu bertukar pikiran dan mendiskusikan tentang ke mana arah bisnis dan bagaimana cara kalian akan sampai di sana sebagai sebuah tim?

Ini adalah pertanyaan kunci untuk mempertimbangkan apakah temanmu bisa menjadi rekan bisnis yang cocok untukmu. Setelah kamu memastikan bahwa temanmu memiliki visi yang selaras, mulailah memecahnya menjadi tujuan konkret.

Tetapkan peran yang jelas dan tetapkan tanggung jawab. Jika hal ini tidak ditentukan, kamu mungkin menemukan bahwa bisnismu terombang-ambing tanpa arah yang jelas.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Jualan Online dari Nol, Harus Dicoba!

3. Apakah kamu dan dia bisa saling percaya satu sama lain

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Temanilustrasi bisnis (pexels.com/Jopwell)

Dalam membangun bisnis, kepercayaan adalah hal krusial yang wajib dimiliki semua pihak. Dan, sebagai teman, kamu seharusnya sudah tahu apakah temanmu bisa menjadi rekan bisnis yang dipercaya.

Pikirkan saat-saat di mana calon mitra bisnismu memenuhi janji, bekerja lebih keras, dan membantu kamu mencapai tujuan bersama. Jika kamu memiliki keraguan, jangan anggap enteng dan meyakinkan diri sendiri jika dia akan berubah seiring waktu. Sebab, kamu dan temanmu akan bekerja sama dalam membuat keputusan penting.

4. Bisakah kamu dan temanmu memisahkan urusan pribadi dan bisnis?

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Temanilustrasi teman (pexels.com/Kampus Production)

Agar bisnismu tetap bertahan, kamu harus menetapkan batas yang jelas antara hubungan pribadi dan profesional. Perlu diingat, kamu harus bisa membedakan antara jenis percakapan yang kamu dan temanmu lakukan, khususnya kapan dan di mana.

Misalnya, di dalam kantor atau berada di tempat kerja, kamu dan temanmu harus meninggalkan obrolan pribadi. Juga, pertimbangkan untuk membuat alamat email atau grup yang digunakan khusus untuk bisnis. Jadwalkan rapat dengan agenda tertentu agar fokus tidak teralihkan.

Kamu mungkin akan merasa bahwa tanggung jawab baru ini mengubah hubunganmu dan temanmu, tetapi seharusnya tidak tiba-tiba menghilangkan hubungan pribadimu dengan temanmu. Pada akhirnya, persahabatan dengan teman-temanmu harus terus tumbuh melalui suka dan duka.

5. Apa saja kekuatanmu dan temanmu

Pertimbangkan 5 Hal Ini jika Ingin Memulai Bisnis dengan Temanilustrasi bisnis (pexels.com/jopwell)

Memiliki persahabatan yang kuat bisa menjadi aset berharga yang mendorong semangat berbisnis, tetapi menikmati kebersamaan tidak menjamin kemitraan bisnis yang kuat. Kamu juga perlu mempertimbangkan keahlian, kualifikasi, dan pengalaman mitra bisnis secara objektif sebelum mengambil risiko.

Kamu dan temanmu idealnya memiliki kekuatan yang saling melengkapi sehingga dapat berkolaborasi secara efektif. Jadi, luangkan waktu untuk memahami di mana kekuatan masing-masing dan tugas seperti apa yang cocok untuk kamu dan rekan bisnismu.

 

Memulai bisnis dengan teman memang terasa menyenangkan. Namun, sebelum benar-benar memutuskan untuk melibatkannya dalam bisnis, pertimbangan dulu semua hal ini untuk melindungi bisnis dan hubunganmu.

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis? 3 Bisnis Ini Bisa Laku Setiap Hari Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya