Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda 

Karena investasi saham banyak untungnya, lho. Berani coba? 

Di zaman sekarang, setiap orang merasa tidak asing lagi dengan kata ‘investasi’ yang sering di dengar atau dibaca di berbagai media massa. Ada banyak jenis investasi yang pada umumnya sering ditawarkan seperti investasi properti, emas, valas dan saham. Dari sekian banyak investasi yang ada, salah satu jenis investasi yang cukup populer di Indonesia adalah investasi saham. Banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi saham. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, berinvestasi saham juga sangat mudah dilakukan dan bersifat fleksibel. Tentu kamu pun akan mendapatkan profit yang maksimal jika mampu menganalisa pasar dengan baik dan memilih saham yang tepat. So, tunggu apalagi? Kamu harus mencoba berinvestasi saham pada usia muda. Mau tahu kenapa? Yuk, kita simak lima alasan kenapa kamu harus berinvestasi saham sejak usia muda.

1. Memberikan imbal hasil yang relatif tinggi dibandingkan investasi lainnya

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda Pixabay.com/Mediamodifier

Jika kamu berinvestasi saham, kamu tentu akan mendapatkan imbal hasil yang relatif tinggi dibandingkan investasi lainnya. Jika kondisi tren pasar sedang bagus maka, kamu bisa mendapatkan keuntungan sekitar dua puluh sampai tiga puluh persen bahkan lebih selama satu tahun. Luar biasa, bukan? Kisaran keuntungan ini tentu lebih tinggi dibandingkan investasi properti atau emas yang mungkin hanya bisa mengalami kenaikan sepuluh hingga lima belas persen dalam setahun. Namun, semua tetap tergantung dari bagaimana kondisi pasar pada saat kamu ingin menjual saham tersebut.

2. Investasi saham memberikan berbagai keuntungan sehingga membuat profitmu semakin maksimal

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda Pexels.com/Lukas

Jika kamu berinvestasi saham sejak usia muda, tentu profit yang kamu dapatkan akan menggunung selama kamu memilih saham yang tepat. Dalam investasi saham, ada dua jenis keuntungan yang akan kamu dapatkan yaitu deviden dan capital gain. Menarik, bukan? Capital gain adalah keuntungan yang akan kamu dapatkan dari selisih harga beli dan harga jual dari saham yang kamu miliki. Sedangkan deviden adalah keuntungan yang kamu dapatkan berdasarkan nilai harga yang ditentukan dari setiap lembar saham yang kamu miliki. Pasti kamu tergiur, kan?

3. Investasi saham sangat mudah ditransaksi dan bersifat likuid

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda Pixabay.com/Geralt

Jika kamu ingin berinvestasi saham, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka rekening di salah satu perusahaan sekuritas. Setelah itu, kamu sudah bisa bertransaksi untuk menjual dan membeli saham melalui aplikasi yang disediakan. Sangat mudah, bukan? Selain itu, berinvestasi saham bersifat likuid. Jika kamu membutuhkan uang tiba-tiba, kamu bisa menjual sahammu saat itu juga lalu mencairkan uangmu ke rekening tabungan. Kurang lebih tiga atau empat hari, uang dari hasil penjualan sahammu akan masuk ke dalam rekening tabunganmu. Gampang aja, kan? 

Baca Juga: Sore Ini, Pemerintah Bakal Resmi Kuasai 51 Persen Saham Freeport 

4. Seperti halnya menabung, investasi saham adalah tabungan jangka panjang untuk masa depanmu

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda Pixabay.com/Nattanan23

Jika kamu berinvestasi saham sejak muda, tentu kamu tidak perlu khawatir dengan masa depanmu. Setidaknya, kamu punya tabungan jangka panjang berupa saham-saham yang telah kamu beli sejak muda. Jika suatu saat kamu membutuhkan uang maka, kamu dapat mengambil uangmu dengan cara menjual sahamnya. Istilah yang biasa digunakan adalah ‘menabung uang di saham’. Kenaikan harga saham cenderung tinggi hingga mampu menyaingi laju inflasi setiap tahun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menabung uang di saham karena memberikan return yang relatif tinggi. 

5. Hasil investasi saham dapat menjadi ‘passive income’ di saat kamu sudah pensiun kelak

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Saham Sejak Muda Pexels.com/Rawpixel.com

Jika berinvestasi saham sejak usia muda maka, kamu akan mendapatkan ‘passive income’ dari hasil investasimu. Jika kamu telah pensiun nanti, kamu tetap punya pendapatan selama hasil investasi sahammu berkembang. Setidaknya, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dari hasil investasi sahammu. Anggaplah, kamu pun sedang mempersiapkan dana pensiunmu dengan berinvestasi saham sejak muda. Wow... luar biasa, ya! Tentu kamu harus mempersiapkan keuanganmu secara matang sebelum memasuki masa pensiun. 

Itulah lima alasan kenapa kamu harus berinvestasi saham sejak usia muda. Kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan jika berinvestasi saham sejak muda. So, tunggu apalagi? Segeralah berinvestasi saham. Jangan sampai menyesal, lho. Ingatlah bahwa berinvestasi saham adalah salah satu peluangmu untuk mencapai kebebasan finansial di masa depanmu kelak. Selamat mencoba ya. Salam profit! 

Baca Juga: Ujung Jalan Berliku Divestasi Saham Freeport 

Rosselini Utami Wijaya Photo Community Writer Rosselini Utami Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 02:00:03

Progress: 759.323 dari 813.350 TPS (93.35747%)

Just For You