Comscore Tracker

25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap, Simak yuk

Dari tokoh dalam dan luar negeri

Istilah bisnis tentu sudah lekat di telinga sebagian besar masyarakat. Sehari-hari, kita menemukan berbagai aktivitas di sekitar kita yang berhubungan dengan bisnis. Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa sebenarnya bisnis itu?

Sejumlah ahli atau ekonom dari dalam dan luar negeri mengemukakan pendapatnya tentang pengertian dari bisnis. Pengertian bisnis menurut para ahli tersebut bisa kamu pahami melalui penjelasannya di bawah ini. Selain itu, ada juga pengertian bisnis menurut kamus luar negeri yang juga perlu kamu ketahui. Simak ulasannya dalam artikel ini!

1. Pengertian bisnis menurut para ahli dalam negeri

25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap, Simak yukilustrasi partner bisnis (Catherineary.com)

Pengertian bisnis menurut para ahli dari dalam negeri dikemukakan oleh beberapa tokoh ekonomi, di antaranya:

1. Mahmud Machfoedz

Menurut Mahmud Machfoedz, bisnis merupakan usaha perdagangan yang dilakukan sekelompok orang yang sudah terorganisasi untuk bisa mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual suatu barang atau jasa. Hal itu bertujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Bukhari Alma

Bisnis adalah jumlah usaha yang meliputi pertanian, produksi, komunikasi, konstruksi, distribusi, transportasi, usaha jasa dan pemerintah yang bergerak untuk membuat dan memasarkan barang/jasa kepada konsumen dengan tujuan memperoleh laba.

3. Kasmir dan Jakfar

Menurut Kasmir dan Jakfar, bisnis merupakan sebuah usaha yang dijalankan dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan.

2. Pengertian bisnis menurut para ahli luar negeri

25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap, Simak yukKerja sama bisnis (Pixabay/algedroid)

Sejumlah ekonom dari luar negeri juga memberikan penjelasan dari kata bisnis secara umum. Pengertian bisnis menurut para ahli luar negeri di antaranya:

1. Raymod E Glos, Richard D Steade, dan James R Lowry

Bisnis adalah rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan sesuatu dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang/jasa yang diinginkan konsumen.

2. R. D. Brown dan GJ Petrello

Menurut Brown dan Pretello, bisnis merupakan lembaga yang bisa menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat sekitar serta semua hal yang meliputi berbagai usaha yang bisa dilakukan pemerintah maupun swasta, baik untuk memperoleh laba atau tidak.

3. Tonya Skinner

Menurut Skinner, bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat.

4. Steinford

Pengertian bisnis menurut Steinford yakni segala aktivitas dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen.

5. Ronald J Ebert dan Ricky W Griffin

Ebert dan Griffin berpendapat bahwa bisnis adalah sebuah aktivitas yang menyediakan barang/jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen atau masyarakat.

6. LR Dicksee

Menurutnya LR Dicksee, bisnis merupakan bentuk kegiatan yang tujuan utamanya untuk bisa mendapat keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang memiliki kepentingan dalam aktivitas tersebut.

7. William Spregal

Bisnis merupakan semua aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penjualan barang atau jasa yang dapat diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis.

8. Vernon A Musselman dan John H Jackson

Musselman dan Jackson berpendapat bahwa bisnis adalah seluruh kegiatan yang terorganisasi oleh orang yang berada dalam bidang industri dan perniagaan serta mereka menyediakan jasa atau barang agar bisa memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kualitas hidup.

9. Mc Naughton

Pengertian bisnis menurut Mc Naughton merupakan pertukaran barang, uang, atau jasa untuk keuntungan mutual.

10. Lewis H Haney

Menurut Haney, bisnis adalah aktivitas manusia yang dihubungkan dengan produksi atau memperoleh kekayaan melalui pembelian dan penjualan barang.

11. Elmore Peterson dan E Grosvernor Plowman

Menurut Peterson dan Plowman, bisnis merupakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pembelian atau penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang.

12. T Chwee, dkk

Menurut T Chwee, dkk, bisnis merupakan sebuah sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.

13. Louis E Boone

Menurut Boone, bisnis adalah kegiatan dan usaha untuk mencari keuntungan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian. Ada bisnis yang memproduksi barang yang memiliki wujud, ada juga yang memberikan jasa.

14. Raymond E Glos

Menurut Glos, bisnis adalah kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berada di dalam industri perniagaan untuk menyediakan barang atau jasa dengan tujuan mempertahankan dan memperbaiki standar kualitas hidup mereka.

15. Robert Hughes dan Jack Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis adalah sebuah kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

16. Jeff Madura

Bisnis menurutnya adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

17. Robert Owen

Menurutnya, bisnis adalah perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual ke pasaran dan juga memberikan harga pada setiap layanan jasa.

18. Urwick dan Hunt

Menurut Urwick dan Hunt, bisnis adalah seluruh perusahaan yang membuat, mendistribusikan, dan menyediakan segala barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat umum, serta bersedia dan mampu membeli dan membayarnya.

19. Hooper

Menurut Hooper, bisnis merupakan keseluruhan dari berbagai bidang, seperti penjualan, manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, transportasi, asuransi, dan sebagainya yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara menyeluruh.

20. Allan Afuah

Menurut Allan Afuah, bisnis adalah kegiatan dari usaha individu atau kelompok yang terorganisasi dan terstruktur untuk menghasilkan dan menjual barang/jasa dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan.

3. Pengertian bisnis menurut kamus bahasa Inggris

25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap, Simak yukPerbedaan bisnis dan usaha berdasarkan segi penampilan (pexels.com/fauxels)

Setelah memahami pengertian bisnis menurut para ahli, pengertian bisnis menurut kamus bahasa Inggris juga perlu kamu pahami. Berikut penjelasannya:

1. Merriam Webster

Pada Merriam Webster, bisnis didefinisikan sebagai sebuah aktivitas pembuatan, pembelian, dan penjualan barang atau jasa yang kemudian ditukarkan dengan uang, kerja atau aktivitas.

2. Business Dictionary

Bisnis diartikan sebagai organisasi atau sistem ekonomi yang menukarkan barang atau jasa dengan bentuk lain, seperti uang.

Sekian tadi pengertian bisnis menurut para ahli yang bisa kamu pahami. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan kamu, ya!

Baca Juga: Jenis-Jenis Pasar dalam Ilmu Ekonomi, Lengkap dengan Contohnya

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya