Comscore Tracker

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!

Cuma butuh 5 sampai 10 menit masaknya!

Menu sarapan ala barat terkenal dengan kepraktisan dalam memasaknya. Tidak banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan sarapan ala barat. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan di toko dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain cara masaknya yang simpel, memasak menu sarapan ala barat juga jauh dari kata berantakan. Jadi, gak perlu khawatir dapur jadi kotor dan susah dibersihkan.

Menu sarapan ini juga terbilang sehat, bergizi, sekaligus mengenyangkan perut di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Berikut ini 7 ide sarapan praktis dan sehat ala barat yang bikin perut kenyang.

1. Roti panggang dan telur

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pixabay.com/stevepb

Memadukan roti panggang dengan telur mata sapi bisa jadi ide sarapan sehat yang cerdas, karena tidak merepotkan di pagi hari. Kamu bisa menambahkan 1 sendok makan unsalted butter pada wajan anti lengket saat memanggang roti untuk rasa roti bakar yang creamy.

Dalam memasak telur mata sapi, tambahkan seasoning atau bumbu seperti garam dan lada hitam untuk menambah kelezatan telur. Meskipun simpel, namun menu ini kaya akan protein dan karbohidrat yang bikin kamu bertenaga menjalani aktivitas hingga siang hari.

2. American breakfast

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pexels.com/Life Of Pix

Meskipun hidangan American breakfast memiliki kesan mewah dan mahal di Indonesia, namun sebenarnya hidangan ini bisa kamu buat di rumah untuk sarapan keluarga dengan budget yang lebih hemat, lho! Kamu bisa membuat American Breakfast versimu dengan empat bahan simpel yang kaya gizi seperti telur, kacang merah, sosis sapi, dan roti tawar.

Bahan telur bisa kamu masak menjadi omellete ataupun telur mata sapi. Sementara itu, bahan kacang merah terlebih dahulu harus direbus hingga empuk, kemudian ditumis dengan dressing tomat alias saus tomat.

Roti tawar bisa dikreasikan menjadi menu French toast dengan cara merendam roti tawar terlebih dahulu dalam campuran berisi telur yang sudah dikocok, butter cair, susu putih cair, gula, dan vanili cair. Terakhir, panggang roti dan sosis sapi hingga kecokelatan untuk melengkapi sepiring sarapan ala Amerikamu.

3. Roti bakar oles alpukat dan scrambled egg

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pixabay.com/Einladung_zum_Essen

Menu sarapan ala barat lainnya yang bisa kamu coba, yaitu roti bakar oles alpukat dengan scrambled egg alias telur orak arik. Sebelum memasak hidangan ini, pastikan kamu menggunakan alpukat mentega dengan kualitas yang baik untuk rasa hidangan yang tidak terlalu pahit.

Kamu hanya perlu mengoleskan roti tawar dengan buah alpukat yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan telur orak arik di atas olesan alpukat. Untuk bumbu, taburkan garam dan lada hitam di atas olesan alpukat, kemudian panggang roti hingga kecokelatan tanpa membaliknya.

Selain mengenyangkan, menu ini dijamin menyehatkan tubuh karena kandungan alpukat mentega yang rendah lemak dan rendah karbohidrat.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Oatmeal yang Lebih Menarik, Cocok untuk Menu Sarapan

4. Campuran muesli dan buah pisang

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pixabay.com/stevepb

Sarapan dengan sereal manis yang kandungan gulanya tinggi memang sudah menjadi kebiasaan sejak kecil. Namun, untuk alasan kesehatan, kamu perlu sarapan dengan sereal yang rendah gula. Sarapan dengan muesli, yaitu sereal yang terdiri dari campuran oats, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering bisa jadi pilihan yang tepat terutama ketika kamu menjalani diet.

Berbeda dari granola yang rasanya manis, sereal muesli cenderung hambar karena tidak ada campuran gula dalam pengolahannya. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan potongan buah, seperti pisang cavendish untuk menambah rasa manis pada serealmu. Potongan buah pisang yang kaya serat ternyata bikin perut kenyang maksimal hingga makan siang, lho !

5. Smoothie bowl

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pexels.com/Madison Inouye

Bagi kamu yang ingin sarapan dengan menu yang ringan dan lembut, menu smoothie bowl bisa jadi solusi yang tepat. Kamu bisa mengombinasikan buah pisang dengan buah stroberi untuk dijadikan smoothie. Untuk membuat smoothie bowl, pastikan buah dalam keadaan beku atau dingin sebelum diblender untuk menghasilkan cairan smoothie yang kental.  

Cara membuatnya yaitu kamu hanya perlu memasukkan buah beku ke dalam blender. Tambahkan madu, susu putih cair, dan sedikit yogurt untuk menghasilkan smoothie yang kental dan creamy. Terakhir, blender buah hingga halus dan tuang ke mangkok.

Untuk topping, kamu bisa menggunakan granola serta potongan pisang. Selain makin cantik, topping juga bisa menambah tekstur dalam smoothie bowl-mu saat masuk ke dalam mulut. Dijamin yummy banget!

6. Salad sayur

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!pixabay.com/RitaE

Salad sayur bisa menjadi alternatif pilihan sarapan pagi yang tidak memakan banyak waktu. Kamu hanya perlu mencuci sayuran dan menyusunnya di piring tanpa harus repot-repot memasaknya. Kandungan dalam sayuran yang kaya akan vitamin dan serat juga bisa melancarkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh.

Untuk menyiapkan salad sayur, kamu hanya perlu memotong buah tomat, selada, timun, dan wortel ke dalam ukuran yang lebih kecil. Untuk saus alias dressing, kamu bisa membeli dressing salad yang banyak dijual di supermarket agar makin praktis.

Untuk sentuhan akhir, kamu bisa menambahkan potongan keju feta ataupun keju parmesan parut ke dalam saladmu untuk menambah rasa gurih dan asin.

7. Potongan buah dan madu

8 Ide Sarapan Sehat Ala Barat, Praktis Buatnya dan Bikin Kenyang!unsplash.com/Rafael Corrêa

Lebih simpel dari salad, sarapan dengan potongan buah bisa makin menghemat waktu kamu di pagi hari. Kamu bisa menggunakan buah-buahan seperti melon, tomat, pepaya, ataupun mencampur beberapa jenis buah lainnya dalam satu piring.

Untuk menambah rasa manis sekaligus memberikan efek mengenyangkan, tuangkan 1 sendok makan madu di atas potongan buah. Adapun penggunaan madu juga berfungsi untuk memberikan tekstur yang kental pada potongan buah, sehingga menambah kelezatan buah saat dimakan.

Itu dia 7 ide sarapan sehat ala barat yang bisa kamu coba di rumah untuk sarapan bersama keluarga. Memilih untuk memasak menu sarapan ala barat selain tidak ribet juga menghemat waktu kamu di pagi hari.

Selain itu, gizi kamu dan keluarga juga terlengkapi dengan komposisi makanan di piring yang komplit akan karbohidrat, protein, hingga vitamin. Pastikan untuk mencobanya di rumah ya!

Baca Juga: 10 Menu Sarapan Serba Susu, Mengenyangkan dan Nikmat Banget! 

Anisa Rima Fadhilah Photo Writer Anisa Rima Fadhilah

Psychology and Food Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya