Comscore Tracker

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilan

Camilan lezat yang bisa dinikmati kapan saja

Kentang merupakan bahan masakan yang paling mudah ditemukan di dapur masyarakat Indonesia. Tak hanya sebagai bahan utama, kentang juga cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan. 

Jika kamu salah satu penggemar camilan berbahan kentang, ada beberapa olahan kentang asal Amerika yang bisa kamu jadikan pilihan. Tak selalu digoreng, ada juga yang dipanggang dan dijadikan casserole seperti yang bisa kamu lihat dalam daftar di bawah ini.

1. Disco fries

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilandisco fries (instagram.com/grasslandbutter)

Olahan kentang asal New Jersey ini sangat populer di kalangan pengunjung club. Itu kenapa ia dinamakan disco fries. Camilan ini terbuat dari kentang goreng yang disajikan bersama saus cokelat dan keju mozarella.

2. Scored potatoes  

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanscored potatoes (instagram.com/xoandso)

Scored potatoes merupakan olahan kentang yang populer di kawasan Maryland. Kentang biasanya dibelah dan disayat agar bumbu yang dioles meresap dengan baik. Paprika, peterseli, garam, merica dan mentega adalah bumbu yang paling umum digunakan.

3. Funeral potatoes 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanfuneral potatoes (instagram.com/donuts2crumpets)

Funeral potatoes merupakan olahan kentang berbasis casserole yang dibuat dari kentang, keju, bawang, sup krim dan krim asam. Biasanya bagian atasnya diberi mentega, serpihan jagung, atau keripik kentang.

Hidangan ini dinamakan funeral potatoes karena biasanya disiapkan untuk menghibur anggota keluarga yang sedang berduka setelah pemakaman dari orang yang mereka cintai.

4. Home fries

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanhome fries (instagram.com/tasteofthesouthmagazine)

Home fries dijadikan sebagai pelengkap menu sarapan. Makanan ini dibuat dengan memotong kentang dalam ukuran yang besar lalu digoreng hingga renyah dan berwarna keemasan. Sebelum dikonsumsi kentang akan dicampurkan dengan sedikit garam. 

5. Chocolate covered potato chips 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanchocolate covered potato chips (instagram.com/clarks.chocolate.creations)

Chocolate covered potato chips cocok buat kamu yang suka menikmati chips. Makanan ini dibuat dari keripik kentang yang dicelupkan dalam lelehan cokelat. Masyarakat Amerika lebih menyukai keripik kentang bergerigi dibanding yang dipotong lurus, karena dapat menampung coklat lebih banyak.

Baca Juga: 5 Olahan Kentang Khas Skandinavia yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

6. Potato skins 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanpotato skins (instagram.com/whataretheyhaving)

Potato skins awalnya dibuat untuk memanfaatkan kulit kentang yang selama ini dibuang. Itulah kenapa untuk membuat hidangan yang satu ini bagian kulit kentangnya tidak dikupas sama sekali.

Potato skins dibuat dari kentang yang bagian tengahnya diisi dengan keju, bacon, atau krim asam.

7. Cheese fries 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilancheese fries (instagram.com/lbk_foods)

Pada dasarnya cheese fries adalah kentang goreng yang disiram dengan lelehan keju. Namun ada banyak variasi yang menambahkan berbagai sayuran, daging, dan rempah-rempah ke dalamnya. Camilan yang satu ini amat mudah kamu temui di restoran cepat saji Amerika.

8. Chili cheese fries 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanchili cheese fries (instagram.com/imnotafattyijusteatalot)

Chili cheese fries sangat cocok untuk kamu yang menyukai camilan dengan cita rasa pedas. Hidangan yang satu ini sangat populer di kawasan Texas.

Chili cheese fries terdiri dari kentang goreng yang ditaburi dengan cabai dan keju parut.

9. Knish 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanknish (instagram.com/harmonyplantfare)

Knish makan hidangan Yahudi yang populer di kota New York. Makanan yang satu ini dibuat dari pastry yang diisi dengan campuran bawang dan kentang tumbuk.

Kini knish memiliki isian yang bervariasi, seperti brokoli keju cheddar daging kornet hingga asinan kubis.

10. Stuffed hash browns 

10 Ragam Olahan Kentang Amerika Serikat, Cocok Dijadikan Camilanstuffed hash browns (instagram.com/delishuk)

Stuffed hash browns merupakan olahan kentang yang populer di Alaska. Makanan ini dibuat dari kentang parut yang dicampur dengan telur yang sudah dikocok. Biasanya kentang parut ini akan dibentuk seperti patty hamburger. Lalu bagian tengahnya diisi dengan keju atau daging cincang.

Olahan kentang di atas terlihat menggiurkan bukan? Di Amerika sendiri olahan-olahan kentang ini tak semua yang dijadikan sebagai camilan, beberapa di antaranya justru mereka konsumsi sebagai side dish atau makanan utama. Apalagi kentang juga memiliki kalori yang cukup tinggi. Jadi jika kamu menikmatinya, jangan sampai kebablasan ya.

Baca Juga: Resep Pancake Kentang tanpa Kentang yang Lezat ala Yunhyeong IKON

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya