Comscore Tracker

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alami

Rasa manisnya berasal dari jagung, alami! #LokalIDN

Tanaman jagung hampir dapat ditemui di seluruh pelosok Nusantara. Jagung merupakan salah satu tanaman palawija yang biasa dijadikan sebagai pengganti makanan pokok. Tak hanya itu, olahan berbahan dasar jagung juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kue lho! 

Kue yang umumnya memiliki cita rasa manis sangat cocok jika dipadukan dengan jagung yang juga memiliki rasa manis alami. Penasaran sajian kue apa saja yang bisa dipadukan dengan tanaman yang satu ini? Simak berikut ini ya!

1. Kue lumpur jagung

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alamiinstagram.com/yunita_lestari27

Hidangan kue lumpur biasa dipadukan dengan jenis umbi-umbian seperti labu kuning, ubi, ataupun pisang. Namun pernahkan kamu mencoba memadukan dengan jagung manis?

Selain memiliki tekstur yang lembut, tentunya hidangan kue lumpur dengan campuran jagung yang sudah diblender, susu, tepung terigu dan beberapa bahan lainnya juga dapat dijadikan alternatif camilan ataupun kudapan takjil di bulan Ramadan ini lho!

2. Muffin jagung

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alamiinstagram.com/yunita_tauladani

Sajian kue muffin sangat cocok dihidangkan di pagi hari untuk sarapan disandingkan dengan teh atau kopi panas. Kudapan kue yang satu ini semakin menggugah selera jika dipadukan dengan biji jagung manis yang renyah.

Cara membuat muffin jagung juga sama dengan membuat muffin pada umumnya. Hanya saja ada tambahan biji jagung yang sudah direbus dan ditaburkan di atas kue yang menambah sensasi gurih dan renyah ketika disantap.

Baca Juga: Resep Kue Jagung Manis yang Praktis, Sajian Menu Dessert Andalan!

3. Kue lepet jagung

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alamiinstagram.com/gisella_tania

Kue lepet biasa kamu temui di meja makan saat menjelang lebaran. Biasanya kue ini dihidangkan bersamaan dengan ketupat sayur dan opor ayam. Rasa gurih pada kue lepet akan semakin nikmat jika disuguhkan dengan campuran biji jagung manis.

4. Kue talam jagung

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alamiinstagram.com/julirahmayani

Kue talam merupakan salah satu makanan tradisional yang biasa dikreasikan dengan aneka bahan salah satunya yaitu pipilan jagung. Warna pipilan jagung yang ditaburkan di atas kue ini akan menambah kecantikan dan menjadikan kue ini semakin menggugah selera. 

5. Kue bingka jagung

5 Sajian Kue Lokal Berbahan Dasar Jagung, Manisnya Alamiinstagram.com/syedmunawwar

Kue bingka juga menjadi salah satu kue tradisional Nusantara yang memiliki cita rasa manis dan memiliki tekstur lembut. Kue bingka dapat dipadukan dengan pipilan jagung manis yang sudah direbus dan diblender.

Campuran adonan jagung manis dengan tambahan tepung dan buah kelapa menjadikan sajian kue yang satu ini semakin gurih dan legit cocok sebagai makanan atau takjil di bulan puasa saat ini.

Dari kelima sajian kue berbahan dasar jagung di atas, mana nih yang ingin kamu coba?

Baca Juga: Resep dan Cara Buat Puding Jagung Manis, Nikmat untuk Berbuka Puasa!

Windy Ayu Lestari Photo Writer Windy Ayu Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya