Comscore Tracker

10 Tempat Makan Murah di Malang, Anak Kos Wajib Tahu!

Bayar murah, bisa bikin kenyang

Kota Malang sering dijadikan destinasi wisata atau tempat menetap bagi penduduk luar kota, lantaran kota Malang memiliki udara yang sejuk dan biaya hidup yang serba murah. Terutama makanannya, Malang punya segudang tempat makan yang murah dan enak, lho. 

Nah, buat kamu yang hidupnya serba hemat, pasti butuh banget info tempat makan murah, apalagi anak kos, nih. Yuk, langsung aja simak, deretan warung makan ini dijamin bikin kenyang dan gak bikin kantong seret!

1. Ayam Nelongso

Lalapan merupakan kuliner yang mudah ditemui di kota Malang, salah satunya adalah Ayam Nelongso. Warung makan yang menyediakan sajian lalapan dengan ayam goreng, sambal dan nasi hangat ini adalah favorit para mahasiswa karena harganya yang murah yaitu mulai dari Rp5 ribu aja.

Keistimewaan dari Ayam Nelongso adalah kamu bisa memilih jenis sambal yang kamu inginkan, ada sambal bawang, sambal tomat, sambal cabai hijau, sambal teri dan masih banyak lagi, kamu bisa ambil aneka sambal ini sepuasnya, lho!

Selain ayam, ada menu lain seperti aneka ikan goreng dan tahu tempe. Cabang Ayam Nelongso sudah banyak tersebar di kota Malang, kamu bisa mudah menemuinya di tepi jalan-jalan poros di Malang, seperti di Jl. Suhat (Soekarno-Hatta) dan Sigura-gura.

2. D'Keprek

Kalau Ayam Nelongso terkenal karena aneka sambalnya, D’keprek menawarkan spesialisasi yang berbeda yaitu bumbu rempah pedas khas D’keprek. Tidak hanya pedas, namun rasanya bikin kita ngga bisa lupa sama kelezatan rasa bumbunya.

Kamu juga bisa memilih level pedas sesuai selera, D’Keprek menamakan level kepedasannya dengan IPK nih, mulai dari IPK 0.00 (tanpa cabe) sampai yang tertinggi IPK 4.5 (20 cabe). Menu yang tersedia bermacam-macam, mulai dari ayam keprek, telur dadar keprek, mie keprek, tahu dan tempe keprek.

Harganya pun sangat ramah di kantong, mulai dari Rp8 ribu hingga Rp14 ribu per porsi. Nah uniknya lagi, D’Keprek memberikan 1 porsi ayam geprek dan teh manis bagi yang berpuasa di hari Senin dan Kamis pada pukul 18.00 – 19.00 WIB. Saat ini D’keprek memiliki dua outlet yaitu di Kertosentono dan Mertojoyo Selatan.

3. Kober Mie Setan

Kuliner mie pedas satu ini, sangat populer di Malang. Berlokasi di tepi Jalan Suhat (Soekarno-hatta), Kober Mie Setan selalu terlihat penuh dengan antrian pembeli. Tidak heran, sajian mie goreng dengan bumbu pedas, yang ditemani dengan siomay, selada dan taburan ayam kering ini bakal bikin kamu pengen nambah terus.

Kamu juga bisa memilih level kepedasan sesuai selera, dari mulai level 0 sampai level 5. Tapi hati-hati, level 2 aja bakal bikin lidah kamu serasa meledak!

Untuk yang tidak bisa makan pedas, disarankan pesan mie iblis atau mie setan yang level kepedasannya lebih rendah. Kamu bisa merasakan sensasi pedas Kober Mie Setan ini hanya dengan Rp9 ribu per porsi. Berani coba?

4. Warung Babe

10 Tempat Makan Murah di Malang, Anak Kos Wajib Tahu!warungbabe.business.site

Warung lalapan Babe terkenal dengan menu yang serba krispi, seperti ayam krispi, aneka ikan krispi, sosis krispi, serta menu andalannya, brokoli dan rolade krispi. Kamu sudah bisa menikmati satu porsi lalapan krispi ini mulai dari Rp6 ribu aja, guys.

Walaupun terlihat sederhana, warung ini sering dipenuhi pembeli saat jam makan siang, konon karena rasa sambalnya yang lezat. Enaknya makan di warung ini, kamu bisa pesan nasi setengah porsi, tentu saja harganya lebih murah daripada nasi satu porsi ya.

Warung Babe buka mulai pukul 10.00—20.00 WIB. Untuk menuju warung ini, kamu bisa berjalan melalui pintu keluar Timur UB, lokasi tepatnya di Jl. Mayjen Panjaitan Gg. 17 Nomor 4. 

5. Ceker Setan Jl. Jakarta

Pecinta ceker mana suaranya? Walaupun hanya buka pukul 22.00 sampai 03.00 WIB saja, banyak pembeli yang rela antri lho buat makan ceker pedas ini. Saking banyaknya, kamu harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu sebelum membeli.

Tapi gak usah khawatir ya, semua itu pasti bakal terbayar oleh rasa ceker pedas yang mantul! Rasa gurih kaldu dan bumbu pedas yang meresap, bakal bikin kamu "kesetanan". 

Kamu bisa mencicipi ceker pedas ini hanya dengan Rp1.000 saja per ceker, sedangkan untuk sayap ayam Rp2.500 per sayap. Warung ceker setan ini berlokasi di Jl. Jakarta, dan mudah ditemui, karena letaknya di tepi jalan.

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Malang Ini Bak Restoran dan Kafe Luar Negeri

6. Warung Mak Par

Warung lalapan yang tempatnya tersembunyi ini, sangat hits di kalangan mahasiswa. Warung yang menjual lalapan ayam krispi ini berlokasi di Jl. Joyo Tamansari.

Walaupun bukan di pusat kota, saat jam makan siang warung ini selalu ramai pembeli. Warung Mak Par terkenal dengan ayam krispinya yang besar dan porsi nasinya yang bikin kenyang, serta sambalnya yang super nikmat.

Warung lalapan yang berdiri sejak 1990 ini, mempersilahkan para pembelinya untuk mengambil porsi sambal sebanyak yang kita mau, tapi hanya untuk yang makan di tempat ya. Kamu bisa mendapatkan satu porsi nasi lalapan Warung Mak Par hanya dengan Rp8 ribu saja. 

7. Warung Citra Bu Dewi

10 Tempat Makan Murah di Malang, Anak Kos Wajib Tahu!warung-citra-bu-dewi.business.site

Warung Bu Dewi terkenal dengan rasa makanannya yang khas. Warung yang terletak di depan rumah pemiliknya ini, menyediakan banyak pilihan menu istimewa nih, seperti lalapan jamur krispi, tahu dan tempe krispi, ayam serundeng, terong balado dan lain-lain.

Harganya pun murah, mulai dari Rp5 ribu, kamu sudah dapat lauk pauk dan nasi. Kita juga bisa pilih sambal sesuasi selera, ada sambal bawang dan sambal tomat.

Adapula menu andalan Warung Bu Dewi yaitu ayam jingkrak, ayam yang dimasak menggunakan bumbu rempah dan daun kemangi. Kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp9 ribu per porsi untuk menikmati Ayam Jingkrak ini.

Warung Bu Dewi buka setiap hari Senin—Jumat mulai pukul 14.00—22.00 WIB. Lokasinya terletak di Jl Kerto Raharjo No. 100.

8. Bakso Prima

Bakso malang identik dengan isi menu tambahannya yang bervariasi, seperti tahu, siomay, aneka gorengan, dan mie. Nah yang satu ini spesial, Bakso Prima juga menyediakan usus dan daging babat untuk menu tambahannya. Kita bisa memilih isi tambahan bakso sesuai selera, harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp2ribu—Rp5ribu.

Bakso Prima sangat terkenal di kalangan mahasiswa, selain harganya yang murah, paduan bakso dan rasa kuah kaldu yang gurih sangat lezat, terutama disantap saat hujan. Selain itu, irisan sayur kol juga ditambahkan dalam satu mangkok bakso, sehingga rasa tekstur baksonya lebih lengkap.

Kamu bisa mengunjungi warung Bakso Prima di Jl. Soekarno Hatta No. 37. Bakso Prima buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.    

9. Sambal Lalap Telap Telep

10 Tempat Makan Murah di Malang, Anak Kos Wajib Tahu!twitter.com/bayudzulfikar_

Satu lagi warung lalapan yang perlu kamu tahu nih, Warung Telap Telep. Warung ini menyediakan menu lalapan pada umumnya seperti, tahu dan tempe goreng tepung, ceker, ayam goreng dan ikan goreng.

Yang membuat warung ini spesial adalah bumbu tepung gorengnya yang mantul banget, bisa bikin ketagihan. Warung ini terkenal dengan sambal ijonya yang lezat, namun ada juga pilihan sambal merah.

Dengan Rp5 ribu saja kamu sudah bisa dapat dua tahu, dua tempe plus nasi dan lalapan. Murah banget kan? Warung ini juga punya ceker goreng yang enak banget lho, tapi kamu harus datang lebih awal karena kalau tidak ingin kehabisan.

Warung Telap Telep bertempat di salah satu ruko di Jl. Simpang Gajayana No. 610, dan buka setiap hari mulai pukul 11.00—23.00 WIB.

10. Nasi Lengko Belakang UB

10 Tempat Makan Murah di Malang, Anak Kos Wajib Tahu!regional.kompas.com

Gak perlu jauh-jauh ke Tegal, di Malang kamu juga bisa menikmati nasi lengko khas daerah Tegal. Warung yang buka mulai pukul 03.00—15.00 WIB ini, sudah lama menjadi menu sarapan langganan para mahasiswa. Hanya dengan Rp4 ribu kamu sudah bisa dapat satu porsi nasi lengko, kamu juga bisa pesan porsi jumbo dengan harga Rp5 ribu.

Untuk yang belum tahu, nasi lengko adalah nasi dengan taburan tahu, timun, kubis, kerupuk asinan, dan bumbu kacang di atasnya. Yang membedakan nasi lengko ini dari nasi lengko lainnya adalah sambal kecapnya yang pedas.

Kamu juga bisa pilih menu tambahan, seperti telur dadar, ayam goreng dan gorengan bakwan. Nasi Lengko ini berlokasi di Jl MT Haryono Gang 19, tepatnya di pintu keluar kampus UB bagian Timur dekat gedung UKM. Jalur ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki ya, guys.

 

Nah, terbukti kan kalo Malang tempatnya kuliner serba murah. Bisa banget jadi rekomendasi menu makan kamu di akhir bulan, nih!

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tempat Makan Ayam Goreng Asli Malang Terlezat

Fa Photo Writer Fa

An ordinary girl who loves poetry and watching movies

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya