Comscore Tracker

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!

Sudah pernah coba nasi lemak? 

Salah satu jenis olahan nasi yang paling populer di Indonesia adalah nasi uduk. Olahan ini memiliki cita rasa yang gurih dengan berbagai lauk pauk yang lebih beragam. Nasi uduk memang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai olahan untuk sarapan.

Ternyata, tak hanya di Indonesia saja yang memiliki olahan semacam ini. Negara tetangga kita, yaitu Malaysia juga memiliki olahan yang hampir serupa dengan nama nasi lemak. Namun, kira-kira apa ya perbedaannya? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja perbedaan antara nasi lemak dan nasi uduk, berikut lima daftarnya! 

1. Sambal yang digunakan 

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!stefangourmet.com

Meski memiliki rempah yang hampir serupa dengan cita rasa yang gurih, namun perbedaan dari sambal yang digunakan ternyata jelas jauh berbeda. Nasi lemak memiliki sambal yang terbuat dari cabai, terasi, bawang, dan garam.

Sebaliknya, nasi uduk kebanggaan masyarakat Indonesia memiliki kacang tanah yang telah digoreng, garam, cabai, dan jeruk limau. 

2. Makanan hasil akulturasi

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!asianinspirations.com.au

Kedua jenis olahan nasi ini memang merupakan hasil akulturasi dari beberapa ragam suku. Namun, keduanya memiliki ragam akulturasi yang berbeda satu dengan lainnya. Untuk nasi lemak ternyata merupakan akulturasi dari Bangsa Melayu dan Bangsa Sumatera. Sementara, untuk nasi uduk ternyata merupakan hasil akulturasi dari Bangsa Melayu, Jawa, dan Batavia. 

Baca Juga: Tak hanya Nasi Uduk, Ini 8 Ide Sarapan dari Berbagai Negara di Dunia!

3. Aroma khas dari keduanya

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!foodrepublic.com

Jenis olahan nasi uduk dan nasi lemak memiliki aroma yang berbeda dan dapat dibedakan satu sama lain. Nasi lemak memiliki aroma yang lebih segar ala pandan. Sementara itu, aroma dari nasi uduk lebih terasa kaya akan rempah-rempah yang digunakan. Untuk itu, maka tak sulit membedakan keduanya dari aroma yang tercium. 

4. Komposisi rempah

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!blog.ssth.ch

Bila dibandingkan dengan nasi lemak, ternyata nasi uduk memiliki komposisi yang jauh lebih kompleks dan banyak. Nasi lemak memiliki komposisi antara lain, santan, daun pandan, jahe, dan kayu manis. Sementara, nasi uduk terbuat dari cengkeh, daun salam, kayu manis, sereh, lengkuas, jahe, dan pala.

5. Bahan pelengkap untuk penyajian

5 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Lemak, Sama-sama Enak Ternyata!Youtube/El Mundo Eats

Kedua jenis makanan ini memiliki bahan pelengkap untuk proses penyajian yang hampir serupa, namun tak sama. Dimulai dari nasi lemak yang disajikan dengan telur rebus, irisan mentimun, kacang tanah goreng, ayam goreng, dan ikan teri.

Sementara, nasi uduk memiliki penyajian dengan bahan-bahan seperti tempe orek, telur balado, telur dadar, ayam goreng, dan lain sebagainya. 

Nah, beberapa perbedaan di atas dapat menjadi tips mudah untukmu dalam membedakan keduanya. Tentunya antara nasi lemak dan nasi uduk sama-sama memiliki cita rasa yang gurih dan lezat maksimal, ya! 

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Ini Semakin Lezat dengan Menggunakan Alas Daun, Unik!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya