Comscore Tracker

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Ini

Jangan terus-terusan digaruk, ya, nanti malah luka!

Siapa, sih, yang belum pernah digigit nyamuk? Makhluk yang satu ini sering bikin jengkel! Pasalnya, gigitan nyamuk timbulkan bentol di kulit dan terasa gatal.

Ketika gigitan nyamuk menerobos kulit, air liurnya akan terdeteksi sebagai zat asing, sehingga sistem imun meresponsnya dengan meningkatkan aliran darah.

Banyak cara yang bisa dilakukan demi membasmi nyamuk. Mulai dari menyemprot ruangan, berburu dengan raket listrik, dan sebagainya. Sayangnya, tak jarang nyamuk masih saja bermunculan. 

Kalau kamu terlanjur digigit nyamuk dan bekas gigitannya terasa sangat gatal, jangan buru-buru mengambil losion anti nyamuk atau menggaruknya tanpa henti. Ada, lho, bahan alami yang ada di rumah untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk, supaya gatalnya cepat hilang. Apa saja?

1. Mengoleskan madu

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Iniunsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Dilansir dari laman Medical News Today, madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menyembuhkan luka.

Menurut sebuah studi dalam "Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine" tahun 2011, madu alami dapat membantu mengurangi inflamasi dan mencegah infeksi. Inilah yang membuat madu dapat meredakan gejala saat dioleskan di area kulit yang digigit.

Namun, kalau setelahnya mau keluar rumah, bersihkan madu dari kulit terlebih dulu, ya. Bisa-bisa kamu jadi sasaran empuk gigitan nyamuk (lagi) dan serangga lainnya kalau masih ada sisa madu yang menempel.

2. Manfaatkan lidah buaya

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Inipixabay.com/Rosina-Sch

Menurut sebuah studi dalam jurnal "Research in Pharmaceutical Sciences" tahun 2012, jenis lidah buaya Aloe littoralis terbukti mampu mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka.

Mengoleskan gel lidah buaya ke area gigitan nyamuk dapat membantu meredakan bentol dan mengusir rasa gatal.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!

3. Mengencerkan bawang putih

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Inipixabay.com/Anrita1705

Beberapa krim menggunakan ekstrak bawang putih karena bisa diandalkan untuk menyembuhkan luka dan memiliki sifat antivirus. Namun, hindari menggosok bawang putih langsung ke kulit. Pasalnya, bawang putih mentah dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit.

Cara pakai yang dianjurkan adalah dengan mengencerkan bawang putih cincang dengan minyak kelapa atau losion, lalu oleskan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk selama beberapa menit, lalu bersihkan.

Cara tersebut bisa diulangi beberapa kali hingga rasa gatalnya hilang.

4. Gosok dengan minyak daun basil

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Inipixabay.com/tookapic

Daun basil (selasih) memiliki senyawa kimia yang dapat mengatasi masalah kulit gatal. Sifat antiinflamasi dari minyak daun basil dapat membantu mengatasi inflamasi gigitan nyamuk.

Menurut studi dalam jurnal "Drug Development and Industrial Pharmacy" tahun 2008, seperti dilansir dari laman National Library of Medicine, senyawa kimia eugenol yang terkandung dalam daun selasih dapat meringankan kulit yang gatal.

Kalau tidak punya minyak tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya: rebus dua gelas air dan setengah ons daun kemangi kering. Setelah campuran tersebut dingin, basahi lap bersih dengan ramuan tersebut, lalu usapkan ke bagian kulit yang digigit nyamuk.

Kalau nggak mau repot, kamu bisa cincang daun basil dan gosokkan ke kulit.

5. Pakai kantong teh celup dingin

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan dengan 5 Bahan Alami Iniunsplash.com/Lynda Sanchez

Efek yang diberikan teh hijau dan hitam tidak hanya berguna untuk mengatasi mata bengkak. Efek inflamasi teh rupanya juga dapat membantu meredakan bentol dari gigitan nyamuk.

Dilansir dari laman Men's Health, kantong teh yang dicelupkan ke air dingin dapat mengurangi aliran darah ke permukaan kulit. Ini dapat meringankan bengkak dan gatal-gatal.

Bergantung jenisnya, teh juga mengandung senyawa tanin, yang mana itu dapat meredakan bengkak.

Cara pakainya gampang, tinggal celupkan kantong teh ke dalam air dingin, peras kantong teh, lalu tempelkan ke area kulit yang digigit nyamuk selama 10-15 menit.

Gimana, mudah, kan?

Daripada terus digaruk yang malah bisa sebabkan luka, lain kali kalau kulit bentol digigit nyamuk dan gatal-gatal, lebih baik praktikkan cara-cara di atas, ya!

Baca Juga: Bisakah Virus Corona Menular lewat Gigitan Nyamuk? Ini Penjelasannya!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya