Comscore Tracker

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh 

#RamadanMasaKini Dapat pahala, dapat juga manfaatnya!

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Seluruh umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Salah satunya dengan menjalankan puasa, yakni menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai matahari tenggelam selama sebulan penuh.

Selain mendatangkan pahala, ternyata berpuasa juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi jika kita menjalankan puasa secara penuh selama bulan suci Ramadan. Langsung saja kita bahas manfaat puasa berikut ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Unsplash.com/Blubel

Dengan mengatur pola makan saat berpuasa, maka akan meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan yang kaya akan vitamin dan serat seperti buah-buahan. Konsumsilah buah-buahan pada saat sahur dan berbuka, maka kamu akan mendapatkan manfaat puasa yakni peningkatan sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Unsplash.com/i yunmai

Perut kosong saat berpuasa di siang hari akan membuat glukosa berangsur rendah. Saat glukosa habis maka akan terjadi proses ketosis yang dapat memecahkan lemak-lemak secara perlahan. Jadi jika puasa rutin dilakukan dengan pola makan teratur akan membatu menurunkan berat badan. So dapat pahala, berat badan pun turun juga.

3. Membersihkan racun di dalam tubuh kamu

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Pixabay.com/PublicDomainPictures

Ketika berpuasa, tubuh kamu mengalami istirahat dari beratnya makanan yang masuk. Saat itulah tubuh akan mengalami pembersihan dari kotoran, racun, dan zat lainnya yang merusak kesehatan kamu.

Baca Juga: 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 

4. Puasa dapat meremajakan sel kulit yang telah mati

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Unsplash.com/x )

Sel-sel kulit yang mati perlu diganti agar kulit tetap kencang dan cerah. Ternyata dengan berpuasa bisa mengganti sel kulit yang telah mati lho. Karena saat berpuasa metabolisme dalam tubuh berhenti dan ketika itulah sel kulit mengalami peremajaan. Wah bermanfaat untuk kecantikan juga ya!

5. Mengurangi kadar gula darah dalam tubuh

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Pixabay.com/stevepb

Ketika berpuasa tentu tidak ada makanan yang masuk sebagai energi dalam tubuh. Untuk itu tubuh menggunakan glukosa yang tersimpan dari sisa asupan saat sahur sebagai energi agar tubuh bisa menahan lapar sampai bedug tiba. Nah dengan berpuasa maka kadar gula darah akan berkurang secara perlahan.

6. Meningkatkan fungsi organ tubuh

6 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan bagi Kesehatan Tubuh Unsplash.com/Brandon Wilson

Dengan berpuasa maka kamu akan memberikan ruang untuk rangsangan sel, jaringan, dan juga organ tubuh. Jika puasa dilakukan dengan rutin dan teratur, organ tubuh berangsur-angsur akan mengalami pemulihan dari rangsangan ketika sedang berpuasa. Fungsi organ tubuh pun akan mengalami peningkatan.

Nah itu dia 6 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh di bulan suci Ramadan. Selain dapat pahala, kita juga dapat banyak manfaat sehatnya. Jadi, gak sia-sia dong kita menahan lapar selama seharian.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya