Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet Yoyo

Eating well is a form of self-respect.

Diet yoyo adalah pola diet yang menyebabkan berat badan cepat turun dan cepat untuk naik kembali. Diet ini biasanya dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan secara ekstrem. Misalnya saja, tidak sarapan pagi, makan siang dengan porsi kecil, kemudian makan malam juga dalam porsi yang sangat kecil atau bahkan tidak makan.

Pola diet ini tentu akan menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, ironisnya pola diet ini juga menaikkan berat badan dengan cepat dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Dilandir dari harpersbazaar.co.id, pola diet ini akan memicu reaksi hormon.

Maksudnya, setiap ada makanan yang masuk, tubuh akan langsung menyimpan semua makanan yang masuk tersebut menjadi lemak. Hal ini dinamakan survival mode. Tubuh akan mengubah semua asupan makanan menjadi lemak, hingga pembakaran kalori semakin sedikit, ditambah lagi bila jarang berolahraga, maka berat badan akan naik juga secara drastis dalam waktu singkat.

Berikut ini 5 hal yang wajib kamu ketahui agar terhindar dari diet yoyo.

1. Diet adalah soal mengatur pola makan

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet YoyoPhoto by Element5 Digital on Unsplash

Dilansir dari harpersbazaar, Emilia Achmadi, seorang ahli gizi sekaligus pengatur strategi kesehatan menjelaskan bahwa diet itu sebenarnya adalah mengatur pola makan, bukan mengurangi asupan makanan secara berlebihan. Pola makan yang sehat akan bisa bertahan lama hingga menjadi gaya hidup sehat. Butuh waktu untuk mengubah pola makan, dari pola makan yang berantakan dan tidak sehat menjadi lebih sehat dan teratur. Tentu waktu yang relatif lama juga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, tapi akan bertahan lama.

Diet itu adalah mengatur pola makan sehat yang bertujuan untuk kesehatan, bukan hanya penampilan. Salah satu pola makan yang baik untuk menghindari diet yoyo adalah pola makan 80/20. Artinya, seseorang tidak dapat 100% melakukan diet atau melakukan pantangan terhadap suatu makanan sepanjang waktu.

Contoh pola makan 80/20 adalah misalnya dalam seminggu kalian bisa menyediakan satu hari untuk makan makanan yang kalian inginkan. Atau bisa saja, dalam seminggu kalian makan 3 kali sehari, maka gunakanlah dua kali makan, misalnya makan pagi dan makan malam, dengan makanan sehat dan satu kali makan, makan siang, makanan berlemak yang kalian inginkan. Tapi, tentu saja tidak berlebihan. Pola ini sangat ampuh dan banyak digunakan oleh artis hollywood, seperti Cameron Diaz, Jessica Alba, Miranda Kerr.

2. Diet yoyo menyebabkan kemampuan metabolisme jadi menurun

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet YoyoPhoto by Juan Marin on Unsplash

Saat mengurangi makanan secara drastis, tubuh akan mengubah semua makanan menjadi lemak untuk bertahan. Pembakaran kalori akan semakin sedikit dan metabolisme juga akan menurun. Akibat mengurangi asupan makanan secara drastis tubuh juga akan kehilangan berat badan secara drastis dalam jumlah yang besar. Padahal menurut para ahli gizi, tubuh tidak boleh kekurangan lebih dari 2 sampai 3 kilogram dalam sebulan. Atau penurunan berat badan yang sehat itu adalah setengah kilo sampai satu kilo dalam 7 sampai 12 hari. Apabila lebih dari itu, metabolisme tubuh akan menurun dan tentu hal itu buruk bagi kesehatan tubuh.

3. Berhenti hanya fokus pada jumlah kalori

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet YoyoPhoto by Monstruo Estudio on Unsplash

Dalam diet tentu perlu menjaga agar asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita tidak lebih besar dari kalori yang keluar. Hal tersebut penting agar tidak ada kalori yang berlebih dalam tubuh dan berubah menjadi lemak jahat. Namun, fokus pada jumlah kalori saja akan membuat hasil dietmu tidak bertahan lama.

Berhentilah hanya fokus jumlah kalori makananmu. Itu akan mengakibatkan stres. Fokuslah pada pola makanmu. Selain menjaga jumlah kalori yang masuk, fokus jugalah pada jenis makanan yang masuk ke tubuhmu.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan menarik, kita tentu harus mengonsumsi makanan yang sehat. Artinya, daripada mengonsumsi junk food secara berlebihan ada baiknya mulai sekarang untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Makanlah makanan yang bervariasi dengan komposisi yang seimbang, tanpa mengabaikan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Ingat, tujuan utama diet adalah untuk kesehatan.

4. Diet yoyo dapat mengganggu kesehatan

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet YoyoPhoto by rawpixel.com on Unsplash

Menurut para ahli, selain menurunnya metabolisme,  diet yoyo juga akan menurunkan daya tahan tubuh sebanyak 30% setiap hari. Seseorang akan mudah stres dan depresi karena berat badan yang terus naik turun, bahkan terus naik dari sebelumnya. Diet yoyo dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain turunnya daya tahan tubuh dan stres, naik turun berat badan secara terus menerus akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, menurunkunkan fungsi hati dan menimbulkan penyakit-penyakit kronis lainnya. Selain itu seseorang akan mudah terkena serangan jantung. Pada usia lanjut, hal ini akan menyebabkan seseorang dapat meninggal dunia secara mendadak.

5. Olahraga rutin itu penting

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui untuk Menghindari Diet Yoyopinterest.com

Untuk memperoleh tubuh yang sehat dan ideal, olahraga sangat diperlukan. Ingat, diet bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan penampilan yang diinginkan tapi untuk kesehatan. Untuk itu perlu untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan ideal. Olahraga jenis aerobik sangat bagus untuk dilakukan secara rutin, seperti joging, bersepeda ataupun berenang. Olahraga jenis aerobik dapat membakar kalori dan menghancurkan lemak dengan cepat, dapat membentuk otot dan juga meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres.

So, mulai sekarang terapkanlah pola hidup sehat ya, guys.

Amel S Photo Community Writer Amel S

v

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You