Comscore Tracker

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriput

Bisa didapat dari makanan atau suplemen

Beberapa penyebab utama penuaan adalah akumulasi sel rusak yang disebabkan oleh molekul reaktif yang dikenal sebagai radikal bebas dan pemendekan telomer, yang merupakan struktur yang terletak di ujung kromosom yang berperan penting dalam pembelahan sel. Salah satu gejala penuaan yang paling tampak adalah kulit keriput.

Meskipun penuaan tidak bisa dihindari, tetapi kita bisa berupaya untuk memperlambat atau meminimalkannya. Banyak penelitian telah menemukan bahwa ada beberapa nutrisi yang memiliki sifat antipenuaan, dan meningkatkan asupan nutrisi ini bisa jadi cara alami untuk memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit terkait usia.

Yuk, kita simak apa saja nutrisi yang bisa mengatasi penuaan!

1. Vitamin C

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriputilustrasi buah-buahan sitrus (pexels.com/Karolina Grabowska)

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang terkenal akan kemampuannya melindungi kulit dan memperbaiki serta meregenerasi jaringan, menurut ahli dari The University of Arizona College of Medicine, Amerika Serikat (AS).

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang memblokir kerusakan akibat radikal bebas, yang sebagian besar terkait dengan proses penuaan dan mungkin berperan dalam kondisi kronis lainnya, seperti penyakit jantung.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C harian dari makanan, seperti buah sitrus, paprika hijau, dan beri, maupun melalui suplemen. Vitamin C juga mampu membuat kulit tetap awet muda dengan membantu produksi kolagen.

2. CoQ10

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriputilustrasi potongan ikan salmon (pixabay.com/Tsarlee)

Coenzyme Q10 (CoQ10) ialah antioksidan yang diproduksi tubuh. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam produksi energi dan melindungi dari kerusakan sel.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat CoQ10 dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, dan meningkatkan asupan CoQ10 telah terbukti meningkatkan aspek kesehatan bagi individu yang lebih tua.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam The Journals of Gerontology Series A Biological Sciences and Medical Sciences, suplementasi CoQ10 terbukti mengurangi stres oksidatif, yaitu kondisi yang ditandai dengan akumulasi radikal bebas dan molekul reaktif lainnya yang mempercepat proses penuaan dan timbulnya penyakit yang berhubungan dengan bertambahnya usia.

Meskipun CoQ10 menjanjikan sebagai suplemen antipenuaan, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjadikan suplemen ini pilihan untuk mencegah dan mengatasi penuaan.

Beberapa sumber CoQ10 alami antara lain ikan, jeroan, jeruk, stroberi, dan wijen.

Baca Juga: 5 Perubahan pada Kulit akibat Kurang Tidur, Bikin Keriput?

3. EGCG

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriputilustrasi teh hijau (pixabay.com/appledeng)

Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan polifenol yang dapat ditemukan dalam teh hijau. Senyawa ini menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan dan mengurangi risiko banyak penyakit kronis di masa depan.

Di antara banyak manfaat kesehatan potensial EGCG, salah satunya adalah memperlambat penuaan dengan memulihkan fungsi mitokondria dalam sel dan bekerja pada jalur yang terlibat dalam penuaan, termasuk jalur persinyalan protein kinase yang diaktifkan AMP (AMPK).

Penelitian pada hewan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa EGCG dapat melindungi dari penuaan kulit dan kerutan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV).

4. Kolagen

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriputilustrasi buah-buahan beri (pexels.com/Susanne Jutzeler)

Kolagen populer sebagai kunci awet muda karena potensinya untuk mengurangi tampilan penuaan kulit. Kolagen merupakan komponen integral dari kulit yang membantu menjaga struktur kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat, dan hilangnya kolagen di kulit dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi kolagen dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kulit kering. Misalnya, sebuah studi pada jurnal Nutrients yang dilakukan pada 72 perempuan menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5 gram kolagen bersama dengan beberapa bahan lain, termasuk biotin, setiap hari selama 12 minggu secara signifikan memperbaiki hidrasi kulit, kekasaran, dan elastisitas.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Skin Pharmacology and Physiology terhadap 114 perempuan menemukan bahwa pengobatan dengan 2,5 gram peptida kolagen selama 8 minggu secara signifikan mengurangi kerutan mata dan meningkatkan kadar kolagen di kulit.

Beberapa sumber kolagen alami adalah ikan, daging ayam, putih telur, sitrus, dan beri.

5. Vitamin A

Bikin Awet Muda, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Kulit Keriputilustrasi brokoli (pixabay.com/ExplorerBob)

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan berguna dalam membantu menjaga kesehatan serta membuat kulit tampak awet muda. Retinoid adalah senyawa vitamin A yang alami dan aktif secara biologis.

Retinol, retinal, dan asam retinoat adalah beberapa turunan vitamin A yang paling efektif memperlambat proses penuaan dengan mendukung regenerasi sel, produksi kolagen, mengobati jerawat dan psoriasis, serta menghaluskan kerutan. Faktanya, vitamin A adalah vitamin pertama yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sebagai agen anti kerut yang mengubah tampilan permukaan kulit dan memiliki efek antipenuaan.

Beberapa sumber vitamin A terbaik adalah, sayuran hijau, jeroan, minyak ikan kod, ikan berlemak, keju, wortel, dan beberapa buah-buahan.

Jadi, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan membuat kamu tampak lebih muda di masa depan, pastikan kamu mencukupi nutrisi di atas yang bisa didapatkan dari makanan maupun suplemen, ya!

Baca Juga: Ketahui 10 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Keriput, yuk Hindari!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya