Comscore Tracker

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!

Apa saja yang bisa kamu syukuri hari ini?

Banyak orang yang meremehkan kekuatan dari bersyukur. Padahal, ini berhubungan dengan kesehatan jiwa dan raga. Meski terkesan sepele, tetapi dampaknya luar biasa bagi kesehatan dan kualitas hidup kita.

Khususnya di masa pandemi yang segala sesuatunya tidak pasti dan penuh kekhawatiran, ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kita. Yuk, coba pikirkan sejenak apa yang bisa kamu syukuri setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan lewat bersyukur.

1. Memperbaiki kondisi mental

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi orang-orang dengan suasana hati yang baik (unsplash.com/Zachary Nelson)

Mensyukuri sesuatu dalam hidup adalah salah satu faktor yang berperan dalam kesehatan mental yang positif.

Sebuah penelitian dalam jurnal Journal of Happiness Studies tahun 2020 menyebut bahwa praktik dari rasa bersyukur dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Studi sebelumnya dalam jurnal Social Behavior and Personality tahun 2003 menemukan bahwa bersyukur berhubungan dengan peningkatan suasana hati.

Bila dilakukan setiap hari secara teratur, praktik bersyukur dapat menumbuhkan perasaan positif dan bisa berkontribusi pada kesejahteraan diri.

2. Jadi lebih peduli akan kesehatan

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi bersepeda (pexels.com/Pixabay.com)

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Personality and Individual Differences tahun 2012, orang-orang yang bersyukur mengalami nyeri lebih yang jarang dan melaporkan perasaan lebih sehat.

Tidak mengagetkan kalau orang-orang yang bersyukur cenderung lebih peduli terhadap kesehatannya. Mereka berolahraga lebih sering juga mungkin lebih sering melakukan pemeriksaan kesehatan, yang mana ini berkontribusi terhadap usia yang lebih panjang.

Baca Juga: Manfaat Berdoa bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bisa Tenangkan Hati

3. Kualitas tidur membaik

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi tidur (pexels.com/Vlada)

Pernah mendengar ada hubungan kondisi tidak bersyukur dengan kesulitan tidur? Ya, saat seseorang kurang bersyukur mungkin seseorang bisa terjaga pada malam hari sehingga kualitas tidur memburuk.

Menurut penelitian dalam jurnal Applied Psychology: Health and Well-Being tahun 2011, menuliskan jurnal yang berisi tentang rasa syukur dapat memperbaiki tidur. Menulis selama 15 menit bisa membuat tidurmu lebih baik, lebih nyenyak, dan lebih lama.

4. Menurunkan tekanan darah

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi cek tekanan darah (pexels.com/cottonbro)

Sebuah penelitian bertajuk "Gratitude: effect on perspectives and blood pressure of inner-city African-American hypertensive patients" yang dipublikasikan dalam Cochrane Central Register of Controlled Trials meneliti 82 partisipan dewasa. Sebanyak 41 orang secara acak ditugaskan untuk berpartisipasi dengan membuat daftar hal-hal yang mereka syukuri lewat telepon dan menerima perawatan seperti biasa, sementara kelompok kontrol hanya menerima perawatan seperti biasa.

Tekanan darah, permusuhan atau kebencian yang terukur, skor rasa syukur, dan data demografis dikumpulkan sebelum dan sesudah tes. Pasien dalam kondisi bersyukur yang menyelesaikan studi mencapai penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan secara statistik, sedangkan kelompok kontrol tidak.

Anggota kelompok eksperimen juga meningkatkan skor rasa syukur, yang dikaitkan dengan perubahan perilaku kesehatan yang positif.

Selain itu, penelitian ini menemukan korelasi terbalik yang signifikan antara rasa syukur dan permusuhan. Penyelidikan lebih lanjut menyarankan korelasi antara rasa syukur dan kemungkinan berhenti merokok, serta rasa syukur dan penurunan berat badan.

Ada pula penelitian dari University of California San Diego School of Medicine, Amerika Serikat, yang merekrut 86 laki-laki dan perempuan, rata-rata usia 66 tahun, yang sudah mengalami kerusakan pada jantung, baik karena tekanan darah tinggi yang berkelanjutan selama bertahun-tahun atau akibat serangan jantung atau infeksi pada jantung itu sendiri.

Partisipan mengisi kuesioner standar untuk menilai seberapa bersyukur mereka terhadap orang, tempat, atau hal-hal dalam hidup mereka.

Dari situ, ditemukan bahwa semakin besar rasa bersyukur seseorang, semakin sehat kondisi mereka. Partisipan dilaporkan penurunan mood depresi, kualitas tidur yang lebih baik, serta lebih berenergi.

5. Meningkatkan sistem imun

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi perasaan bahagia (unsplash.com/Yingchou Han)

Tak pernah lupa memanjatkan syukur juga bisa berkontribusi pada rasa kesejahteraan diri secara keseluruhan.

Penelitian telah membuktikan bahwa stres menurunkan respons kekebalan terhadap potensi ancaman tubuh, sedangkan peningkatan kesejahteraan mental bisa membantu tubuh kita melawan penyakit, menurut laporan dalam jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society B tahun 2004.

Mempraktikkan rasa syukur juga dapat meningkatkan aspek fisik lainnya, seperti sebuah studi dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2017 yang mengatakan kalau itu dapat mengurangi risiko yang terkait dengan gagal jantung.

6. Kita bisa jadi lebih optimistis

Sehat Jiwa Raga, 6 Manfaat Bersyukur Ini Jarang Disadari!ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi seorang optimis bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menua dengan sehat, menurut laporan dalam American Journal of Epidemiology tahun 2009.

Jika kamu merasa kurang optimistis, bersyukur dapat membantu menumbuhkannya, seperti yang disarankan oleh sebuah studi dalam jurnal Aging and Mental Health tahun 2018.

Dalam sebuah penelitian di Journal of Personality and Social Psychology tahun 2003, cuma butuh waktu 10 minggu untuk berlatih rasa syukur secara teratur untuk para partisipan merasa lebih optimistis dan positif tentang kehidupan mereka pada saat sekarang dan masa depan.

Itulah beberapa manfaat bersyukur untuk kesehatan kita, baik fisik maupun mental. Sebetulnya masih banyak lagi manfaatnya, seperti meningkatkan hubungan kita dengan orang lain. Siapkan jurnal, yuk, catat apa saja hal-hal yang kamu syukuri dalam hidup setiap harinya!

Baca Juga: 7 Aktivitas Positif Ini Bantu Cegah Depresi saat Pandemi COVID-19

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya