Comscore Tracker

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

Banyak khasiat daging kambing yang jarang diketahui orang

Umat Islam merayakan Iduladha setiap tahunnya dengan menyembelih hewan kurban bagi mereka yang mampu. Di Indonesia, hewan yang paling sering disembelih sebagai kurban adalah kambing. Selain karena mudah didapat, harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan hewan ternak lainnya. 

Walaupun banyak yang menganggap daging kambing bisa meningkatkan kolesterol, tapi sebetulnya daging kambing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, lo. Ingin tahu apa saja manfaat kambing untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak berikut ini!

1. Daging kambing rendah kalori

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi daging kambing (exportersindia.com)

Gulai, kari, hingga sate adalah olahan daging kambing yang sering dibuat ketika perayaan Iduladha. Makanan-makanan tersebut terlihat "berat" dan tinggi kalori, kan?

Padahal, kenyataannya kalori yang terkandung di dalam daging cukup rendah jika dibandingkan dengan daging sapi dan ayam, lo. Dilansir Livestrong, berikut ini perbandingannya per 85 gram:

  • Daging sapi: 179 kalori;
  • Daging ayam: 162 kalori;
  • Daging babi: 180 kalori;
  • Daging kambing: 122 kalori.

2. Rendah lemak

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi daging kambing (commons.wikimedia.org/David Blaine)

Tak hanya rendah kalori, daging kambing ternyata juga rendah akan lemak jenuh. Ternyata, tubuh kambing yang ramping itu lebih banyak disusun oleh otot dan daging daripada lemak. 

Dilansir Harvard School of Public Health, satu porsi daging kambing hanya mengandung 0,79 gram lemak jenuh. Ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam (3 gram lemak/porsi) dan sapi (1,7 gram lemak/porsi). 

Baca Juga: Kandungan Gizi pada Daging Domba, Apakah Lebih Sehat dari Kambing?

3. Kaya akan protein

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi daging kambing (imgix.net)

Daging kambing atau yang disebut juga sebagai chevon ternyata merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan kita. Tak seperti daging merah lainnya, kamu tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Pasalnya, kandungan protein dalam 23 gram daging kambing sama dengan yang ada di dalam 25 gram daging sapi dan ayam. Hanya dengan mengonsumsinya sebanyak 85 gram, kamu sudah mencukupi 46 persen kebutuhan protein harian, lo!

4. Cocok untuk kamu yang sedang diet

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi daging kambing (pixabay.com/BlackWolfi)

Dengan jumlah kalori dan lemak jenuh yang rendah, daging kambing bisa dijadikan alternatif makanan ketika diet. Ditambah lagi, daging kambing bisa memberikan asupan protein yang cukup walau hanya dimakan dalam porsi kecil. 

Namun, ternyata tak hanya itu. Mengutip dari laman Livestrong, daging kambing juga kaya akan vitamin B yang bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Walaupun begitu, tetap saja jangan dimakan secara berlebihan, ya!

5. Bagus untuk kesehatan jantung

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi kesehatan jantung (ctfassets.net)

Mengonsumsi daging kambing ternyata bisa menyehatkan jantung. Ini berkat kandungan potasium atau kalium di dalamnya. Keduanya merupakan jenis mineral penting untuk tubuh, yang bisa menjaga fungsi jantung tetap bekerja normal. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan kita mengonsumsi kalium sebanyak 3.500 mg per hari melalui makanan. Kamu bisa mendapatkan sekitar 15 persennya dari 100 gram daging kambing.

6. Bisa mencegah hipertensi

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi cek tekanan darah (medicalnewstoday.com)

Orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi tak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging kambing. Sumber protein hewani yang satu ini memiliki kadar sodium yang rendah dibandingkan daging-dagingan lainnya. 

Dilansir Deli Chic, 100 gram daging kambing hanya mengandung 82 miligram sodium. Bandingkan dengan kandungan sodium dalam daging babi sebesar 1.203 miligram per 100 gram. Jauh berbeda, kan? Namun sekali lagi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

Baca Juga: Kebiasaan Ini Tingkatkan Risiko Hepatitis, Hindari Mulai Sekarang!

7. Ampuh untuk mencegah anemia

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi seseorang dengan anemia (unsplash.com/zohre_nemati)

Selama ini kita tahu bahwa para penderita anemia sebaiknya banyak mengonsumsi daging sapi, hati, dan makanan lain yang kaya akan zat besi. Jarang disebut, daging kambing juga merupakan sumber mineral tersebut. Jika 100 gram daging sapi mengandung 2,6 miligram zat besi, 100 gram daging kambing mengandung 3,7 miligram zat besi. 

8. Tak seperti yang sering dituduhkan, daging kambing ternyata rendah kolesterol

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi kari kambing (sbs.com.au)

Ini, nih, yang ditunggu-tunggu! Selama ini banyak orang yang mengira bahwa daging kambing bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Namun, sebenarnya tidak. Yuk, lihat perbandingannya dengan daging lain berikut ini:

  • Dalam 100 gram daging sapi terkandung 90 miligram kolesterol;
  • Dalam 100 gram daging ayam terkandung 88 miligram kolesterol;
  • Dalam 100 gram daging kambing terkandung 75 miligram kolesterol. 

Percaya, kan?

Yang membuat daging kambing disebut-sebut tinggi kolesterol itu bukan karena dagingnya, tapi lebih karena bahan-bahan yang digunakan dalam memasak. Misalnya santan, minyak, dan lain-lain.

9. Memiliki khasiat untuk mencegah kanker jika dimakan secara tepat

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi daging kambing (pinimg.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang mulai meninggalkan daging merah (sapi, domba, kambing, dan babi) karena mengandung zat karsinogenik (penyebab kanker) jika tidak dimasak secara tepat. 

Tak bisa dimungkiri, risiko tersebut memang masih ada pada daging kambing. Akan tetapi, daging kambing mengandung sejumlah zat yang bisa mencegah kanker, yaitu vitamin B12, conjugated linoleic acid (CLA), selenium, dan klorin.

Agar yang didapat hanya manfaatnya, hindari masak daging kambing dengan cara dipanggang, dibakar, diasap, dan cara masak yang menggunakan suhu tinggi lainnya.

10. Baik untuk kesehatan mentalmu

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi mindful eating (unsplash.com/pablomerchanm)

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, mengonsumsi daging kambing bisa mendukung kesehatan mental juga. Kandungan omega-3, vitamin B6, B12, zat besi, hingga selenium di dalamnya bisa mencegah depresi, stres, dan gangguan kecemasan.

Next time kalau kamu sedang banyak pikiran, coba makan daging kambing, deh!

11. Cocok dikonsumsi ibu hamil

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi kehamilan (unsplash.com/astonmullins)

Perempuan yang sedang hamil sering kali menolak makanan yang berbau tajam seperti daging kambing, karena bisa memicu mual dan muntah. Namun, nyatanya daging kambing membawa manfaat untuk kehamilan. Berikut ini di antaranya:

  • Mengurangi munculnya gejala anemia
  • Mencegah gejala depresi
  • Mendukung perkembangan otak janin
  • Mengurangi risiko hiperaktif (ADHD), autisme, dan cerebral palsy pada bayi
  • Mencegah kecacatan lahir

12. Baik untuk dikonsumsi anak-anak

Jelang Iduladha, Kenali 12 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatanilustrasi anak makan daging (kidsdigfood.com.au)

Tak hanya untuk ibu hamil, ternyata daging kambing juga baik untuk dikonsumsi anak-anak. Ini berkat kandungan omega-3, asam lemak esensial yang punya segudang manfaat. Mulai dari mencegah depresi hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk anak-anak, omega-3 berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Tak hanya itu, asam lemak tersebut juga cocok dikonsumsi anak-anak dengan gangguan hiperaktif dan autisme.

Itulah segudang manfaat daging kambing untuk kesehatan yang jarang diketahui orang. Ternyata sangat menyehatkan, ya. Namun, perlu diperhatikan bahwa khasiat-khasiat di atas akan hilang ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan dan memasaknya dengan cara yang tidak sehat.

Siap-siap masak daging kambing, nih, saat perayaan Iduladha nanti!

Baca Juga: Benarkah Memanggang Daging Meningkatkan Risiko Kanker?

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya