Comscore Tracker

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisi

Masih percaya kalo sakit leher karena salah bantal?

Sakit leher yang terjadi ketika baru bangun tidur kerap dikaitkan dengan penggunaan bantal yang salah. Akan tetapi, nyatanya 7 hal ini justru menjadi penyebab terjadinya sakit di bagian leher tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasan lehermu bisa sangat sakit ketika baru bangun tidur di pagi hari, pahadal bantal ataupun posisi tidurmu tidak bermasalah!

1. Gejala Serangan Jantung

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisivaalweekblad.com

Sakit pada bagian leher ternyata bisa menjadi indikasi jika seseorang mengalami serangan jantung. Terlebih sakit tersebut diiringi dengan gejala lainnya seperti sesak napas, berkeringat, nyeri di bagian lengan atau rahang. Jika gejala tersebut terjadi, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter.

2. Terlalu Sering Menunduk

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisiheart.net

Terlalu sering menunduk dalam melakukan berbagai aktifitas merupakan penyebab utama terjadinya sakit leher. Salah satu kegiatan tersebut adalah bermain gadget dengan posisi menunduk atau kurang nyaman pada bagian tengkuk leher. Hal ini lah yang biasanya menyebabkan sakit leher ketika bangun tidur.

3. Cedera

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisiquirklawyers.com

Ternyata leher merupakan bagian tubuh yang sangat rentan terhadap cedera. Sayangnya, jika tulang leher mengalami keretakan, maka akan berpengaruh pada rusaknya sumsum tulang belakang. Selain itu, terdapat pula cedera pada tulang leher bernama whiplash yang diakibatkan sentakan secara tiba-tiba.

Baca Juga: Waspada Minum Bir Ciu, Ini 7 Fakta Kesehatan Bir Tradisional Tersebut!

4. Otot Tegang

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisichiropracticak.com

Faktor utama lain yang menjadi penyebab terjadinya sakit leher adalah ketegangan otot. Biasanya, hal ini diakibatkan oleh aktivitas dan perilaku yang buruk seperti duduk terlalu lama tanpa mengubah posisi, tidur dengan posisi leher yang buruk, dan menyentak leher saat olahraga. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti kelas yoga atau berlatih meditasi.

5. Meningitis

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisispillednews.com

Meningitis atau radang selaput adalah peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Cedera yang terdapat pada bagian leher nyatanya dapat menyebar hingga ke bagian sumsum tulang belakang. Hal ini menjadikan sakit leher sebagai indikasi yang patut di waspadai jika kamu mengalami gejala meningitis.

6. Degenerasi Disk Tengkuk

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisiminnesotaspineinstitute.com

Seiring perkembangan usia, disk tulang belakang akan mengalami proses penuaan yang disebabkan adanya dehidrasi dan jumlah bantalan pada tulang belakang yang berkurang. Akibatnya, leher serta bagian belakang lainnya akan merasakan nyeri dan sakit karena tulang saling bergesekan satu sama lain sehingga saraf menjadi iritasi.

7. Terlalu Banyak Membawa Barang

7 Alasan Leher Sakit Saat Bangun Tidur, Bukan Salah Bantal atau Posisizeenews.india.com

Mungkin ini menjadi salah satu hal yang sering disepelekan. Akan tetapi, ternyata membawa tertalu banyak barang pada tas akan berpengaruh pada otot bahu dan leher. Hasilnya, kondisi tersebut akan menyiksa leher dan punggung.

Beberapa hal tersebut adalah faktor yang dapat menyebabkan leher sakit terutama ketika baru bangun tidur. Jika tidak ingin ada hal berbahaya yang terjadi, sebaiknya kurangi aktivitas yang menyiksa leher.

Baca Juga: Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Ini

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You