Comscore Tracker

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu Sadari

Olahraga itu menyehatkan kalau kamu tahu caranya

Olahraga itu menyehatkan tubuh, pikiran, dan membuat kita senang. Namun terkadang kita terkena cedera yang membuat kita malah terhambat untuk melakukan banyak hal. Nah, supaya kamu tidak mengalami cedera yang tidak diinginkan maka kamu perlu banget memperhatikan 5 hal ini.

1. Tidak melakukan pemanasan

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu SadariGoogle

Kalau kamu memulai olahraga tanpa melakukan pemanasan seperti jogging atau peregangan maka akan menyebabkan otot menjadi tidak siap dan menjadi kurang responsif sehingga otot akan mudah tertarik.

2. Berolahraga berlebihan

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu Sadarit-nation.com

Olahraga memang membuat tubuh sehat. Tapi jika dilakukan tanpa istirahat yang cukup tentunya akan menimbulkan cedera yang tidak disadari. Itu semua terjadi karena meningkatnya potensi ditubuh kita untuk mendapatkan cedera kronis dengan menaruh beban secara terus-menerus di tubuh sampai melebihi batas dari apa yang bisa kita terima di tubuh.

3. Teknik latihan yang buruk

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu Sadariassets.nhs.uk

Apasih yang membuat latihan itu bermanfaat untuk tubuh kita? Nah, teknik yang benar saat kita melakukan suatu gerakan latihan akan memberi efek positif ketubuh kita namun kalau kita melakukan suatu gerakan dengan cara yang salah atau posisi tidak benar akan membuat otot menjadi kelebihan beban, apalagi jika dilakukan secara terus-menerus.

Maka dari itu kalau kita tidak mengetahui gerakan yang benar sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu seperti mengikuti tutorial dan yang paling mudah kalau malas mencari informasi adalah menggunakan jasa pelatih.

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, Ini 6 Cara Memilih Olahraga yang Cocok untukmu

4. Peralatan yang tidak layak

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu Sadariindianexpress.com

Kadang banyak yang berfikir kalau punya peralatan olahraga yang dipakai terus menerus kondisi peralatannya tidak akan berubah. Nah, kamu harus ingat setiap peralatan olahraga juga punya umurnya masing-masing. Jadi jangan lupa mengecek peralatan yang kamu gunakan masih layak atau tidak. Karena ini juga berdampak kepada tubuh kita menjadi tidak terlindungi dengan baik dari benturan dan tekanan yang terjadi saat berolahraga.

5. Faktor genetik

5 Penyebab Cedera Olahraga yang Kadang Tidak Kamu Sadarigeneticliteracyproject.org

Ini nih hal yang kebanyakan orang tidak sadar? Kenapa faktor genetik itu juga berpengaruh terhadap cedera. Pernah lihatkan misalnya ada satu keluarga tinggi semua, tapi ada juga seluruh keluarga pendek semua. Nah, kalian wajib cari tahu sendiri nih cedera yang biasanya mudah menimpa dikeluarga kalian.

Karena faktor genetik berpengaruh di bentuk tubuh dan struktur dari persendian kalian. Sehingga membuat setiap orang berbeda-beda. Contohnya seperti ada yang mudah cedera dibagian tubuh tertentu tapi ada juga orang yang tahan banting dari cedera.

Baca Juga: Penyuka Tantangan, 5 Olahraga Ekstrem Ini Bisa Memacu Adrenalinmu

Harrismu Photo Writer Harrismu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya