Comscore Tracker

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepat

Super efektif lho, guys!

Penyakit asam lambung, atau yang dikenal di dunia kedokteran sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), adalah saat di mana naiknya asam lambung ke esofagus dan ditandai oleh nyeri pada ulu hati hingga rasa terbakar di dada. Penyakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas apalagi saat kamu sedang sibuk-sibuknya.

Sebelum langsung beralih pada obat-obatan dokter, ada solusi alami yang bisa kamu coba untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari penyakit yang tidak nyaman ini. Ingat, ini hanya bisa mengurangi gejala yang dirasakan, bukannya menyembuhkan asam lambung itu sendiri. Dilansir dari berbagai sumber, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Buat campuran baking soda

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Satu sendok teh baking soda bisa menetralisir asam lambung sehingga saat asam lambungmu naik, kamu tidak akan merasakan sensasi terbakar. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 8 ons air dan minum semuanya.

Ulangi sesuai kebutuhan, tetapi jangan melebihi 7 kali dalam sehari. Hindari juga penggunaan campuran ini selama lebih dari seminggu, karena kandungan garamnya yang tinggi dan bisa menyebabkan timbul efek samping lainnya seperti mual hingga pembengkakkan.

2. Kunyah permen karet

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Saat kamu merasakan gejala-gejala asam lambung muncul, coba kunyah permen karet yang bebas gula selama 30 menit setelah makan. Hal ini disarankan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research. Mengunyah permen karet menstimulasi kelenjar air liur sehingga meningkatkan produksi air liur. Air liur bisa membantu membersihkan asam apa pun.

3. Hindari tiduran setelah makan

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Saat kamu makan dan kemudian berbaring, isi perutmu bisa dengan mudah terdorong kembali ke atas. Namun saat kamu berdiri, gravitasi bekerja dan membantu perutmu menjaga makanan. Sebaiknya kamu makan tiga sampai empat jam sebelum kamu akan tidur untuk memberi waktu agar makananmu benar-benar dicerna dan tidak menyebabkan asam lambungmu ikut naik.

Baca Juga: Hindari 5 Bahan Makanan Ini Jika Kamu Sedang Menderita Sakit Maag

4. Makan buah-buahan

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Bukan sembarangan buah — pisang memiliki sifat antasid alami yang melawan asam lambung. Makan pisang matang setiap hari untuk mengurangi gejala yang dihasilkan saat asam lambung naik. Apel juga bisa membantu mengurangi gejala GERD.

Untuk mencegah ketidaknyamanan di malam hari, iris apel dan makanlah beberapa jam sebelum tidur. Pastikan untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk, anggur dan nanas.

5. Minumlah teh jahe

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Teh jahe sangat bagus untuk banyak penyakit perut, dari sakit perut umum sampai mual hingga GERD kronis. Agar rasa yang didapatkan sempurna, rebus irisan akar jahe dalam air selama 30 menit. Untuk manfaat maksimal, minum teh sebelum makan untuk mencegah GERD.

6. Makan mustard

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatleitesculineria.com

Mustard penuh dengan mineral dan mengandung cuka yang adalah asam lemah. Mustard juga mengandung alkalin sehingga mampu menetralkan asam yang muncul karena GERD. Cobalah makan 1 sendok teh mustard ketika kamu mulai merasakan serangan dari gejala asam lambung.

7. Minum teh chamomile

7 Obat Rumahan untuk Masalah Asam Lambung, Meredakan dengan Cepatpexels.com

Untuk menyeimbangkan tingkat keasaman di perutmu, kamu juga bisa minum secangkir teh chamomile. Coba minum teh ini 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Chamomile juga mengurangi tingkat stres, yang dapat berkontribusi untuk mulas. Tidak harus merebusnya dari yang berbentuk daun, sekarang teh chamomile yang instan pun sudah tersedia di supermarket.

Cukup rebus air, masukkan daun chamomile dan biarkan mendidih selama sekitar 45 detik. Bisa juga langsung ikuti petunjuk dan saran pembuatan di plastik pembungkus teh chamomile instanmu. Tambahkan madu atau lemon kalau kamu suka.

Cobalah ketujuh cara di atas saat gejala asam lambungmu sangat mengganggu aktivitasmu. Kalau kamu sangat sering mengalami asam lambung, jangan ragu ya untuk mencari bantuan tenaga medis profesional! Selamat hidup sehat!

Baca Juga: Sakit Maag Jangan Pernah Diremehkan! Kamu Harus Sadar Bahaya Seriusnya

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You