Comscore Tracker

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!

Termasuk gigi, daging, kulit di tubuhmu atau efek kecelakaan

Setiap kita pasti pernah terluka, baik itu luka kecil ataupun hingga luka akibat kecelakaan yang besar. Saat terluka, rasanya ingin sekali agar rasa sakit itu segera hilang dan luka tersebut segera sembuh bukan? Nah, ini ada waktu penyembuhan untuk 7 luka ataupun kerusakan fisik yang mungkin kamu alami.

1. Gigi lepas

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!casipitdentalgroup.com

Entah karena proses perapihan gigi ataupun karena kecelakaan, seseorang mungkin diharuskan untuk mencopot giginya. Masa penyembuhan awal biasanya memakan waktu sekitar satu hingga dua minggu

Jaringan tulang dan gusi baru akan tumbuh ke dalam celah yang bolong. Namun, seiring waktu, daerah yang kehilangan gigi itu bisa  menyebabkan gigi yang tersisa bergeser. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengunyah sementara waktu.

2. Keseleo

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!drkeast.com

Bisa disebabkan karena kecelakaan ataupun berlari di dataran yang tidak rata, keseleo membutuhkan waktu untuk sembuh sekitar 6-12 minggu. Untuk keseleo yang tidak terlalu parah, bisa ditangani dengan kompres air dingin. Namun, operasi bisa dibutuhkan jika ada ligamen yang robek.

3. Cedera hamstring

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!engineered2win.com

Cidera ini bisa berupa tarikan hingga robekan pada otot hamstring. Biasanya dialami oleh para atlet olahraga. Cidera ini memiliki waktu penyembuhan dari 3 sampai 6 bulan. Terkadang butuh waktu hingga satu tahun untuk sembuh dan seringkali dikarenakan kurangnya fisioterapi dan peregangan yang tidak memadai. Bisa juga karena kembali berolahraga terlalu dini. 

Baca Juga: 12 Reaksi Tubuh Ini Patut Diwaspadai, bagi Kamu yang Gak Punya Alergi!

4. Patah tulang

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!patah tulang

Tergantung pada tingkat keparahan patah tulang dan seberapa baik seseorang mengikuti rekomendasi dokter mereka, tulang dapat memakan waktu antara mingguan hingga bulanan untuk sembuh. Menurut Klinik Cleveland, waktu penyembuhan tulang rata-rata adalah antara 6-8 minggu, meskipun bisa bervariasi tergantung pada jenis dan lokasi cidera.

5. Penggantian lutut

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!consumeraffairs.com/

Knee Replacement atau penggantian lutut dilakukan ketika sendi lutut telah aus, dan paling sering sebagai akibat dari arthritis. Kamu mulai bisa berhenti menggunakan alat bantu berjalan dan melanjutkan aktivitas normal sekitar enam minggu setelah operasi.

Namun, mungkin diperlukan hingga tiga bulan sampai rasa sakit dan bengkak untuk berkurang. Diperlukan waktu hingga satu tahun agar pembengkakan di kaki benar-benar hilang.

6. Operasi Plastik

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!amwajpolyclinic.com

Waktu penyembuhan bagi operasi plastik bervariasi dan tergantung pada jenis operasi yang dilakukan. Ada kemungkinan untuk membutuhkan enam bulan sampai bengkak hasil operasi hilang sepenuhnya, dan bekas luka akan memudar seiring waktu. Berikan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan dirinya dan jangan panik dulu saat melihat bengkak yang tidak hilang-hilang.

7. Cangkok Kulit (Skin Graft)

Dari Patah Tulang Sampai Oplas, Ini Waktu Pemulihan 7 Kerusakan Fisik!healthline.com

Pencangkokan kulit adalah prosedur pembedahan yang melibatkan pengangkatan kulit dari satu area tubuh dan memindahkannya ke area tubuh yang berbeda. Pembedahan ini dapat dilakukan jika bagian tubuhmu telah kehilangan lapisan pelindung kulit akibat luka bakar, cedera, atau penyakit lainnya.

Bagian kulit yang menjadi pendonor akan sembuh dalam satu hingga dua minggu, tetapi kulit yang dicangkok akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk pulih. Setidaknya tiga hingga empat minggu setelah operasi, biasanya pasien harus menghindari aktivitas apa pun yang bisa menyebabkan peregangan pada kulit cangkokannya.

Saat kamu mengalami cedera, jangan lupa untuk dengar-dengaran dengan nasihat dokter ya. Apapun yang doktermu katakan, percayalah kalau hal itu untuk kebaikanmu dan kesembuhanmu.

Baca Juga: Awas! Ini yang Terjadi pada Tubuhmu Ketika Kamu Meng-kretek-an Jari!

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You