Comscore Tracker

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! 

Sekali coba pasti bisa

Keterbatasan tempat untuk olahraga adalah salah satu faktor yang membuat orang melirik yoga agar tubuh berkeringat. Selain bisa dilakukan di mana saja, gerakan atau pose yoga juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

Menukil Healthline, yoga punya manfaat kesehatan yang menyeluruh mulai dari fisik, mental, dan pikiran. Mulai dari mengusir stres, mengurangi kecemasan, mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan jantung, mengurangi nyeri, meningkatkan fleksibilitas, dan masih banyak lagi.

Untuk mempraktikkan yoga pun kamu tak memerlukan banyak peralatan. Kamu cuma mengandalkan matras atau kalau tak ada bisa melakukannya di atas karpet atau alas yang cukup empuk untuk menghindari cedera.

Lalu, pose apa saja yang bisa dipelajari para pemula? Pertanyaan ini bisa dibilang gampang-gampang susah untuk dijawab. Ini karena terdapat lebih dari 300 pose yoga yang bisa dipelajari seorang yogi (praktisi yoga). Namun, beberapa pose bisa, kok, dipelajari oleh pemula untuk meningkatkan minat berlatih dan tetap merasakan manfaatnya.

Dirangkum dari Verywell Fit dan Doyou, inilah pose yoga untuk pemula yang bisa segera kamu praktikkan.

1. Mountain pose

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! freepik.com/yanalya

Mountain pose atau tadasana merupakan dasar dari semua pose yoga berdiri. Pose yang satu ini terbilang mudah karena "hanya berdiri", tetapi kamu bisa merasakan adanya kedamaian dalam gerakan ini.

Melansir Yoga Outlet, tadasana dimanfaatkan untuk menguatkan paha, pergelangan kaki, lutut, bokong, dan perut. Selain itu, pose ini juga bisa meredakan nyeri panggul, lho.

Cara melakukannya:

  • Mulailah dengan berdiri sambil merapatkan kaki
  • Tekan jari kaki ke bawah dan rapatkan paha
  • Bernapaslah secara teratur dengan menarik perut dalam-dalam dan angkat dada seakan udara mengisi dada dan perut. Tetap posisikan bahu dalam keadaan relaks
  • Rasakan tulang belikat tegak saat membuka dada. Kedua tangan mengikuti gerakannya, tapi usahakan telapak tangan menghadap ke dalam
  • Lakukan pose yoga ini 5-8 napas dan ulangi sesuka hati hingga kamu merasa lebih relaks

2. Warrior I

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! verywellfit.com/Ben Goldstein

Pose warrior I  berguna untuk melatih kekuatan serta stamina. Pose yoga ini memberikan rasa kepercayaan diri, meregangkan pinggul, dan paha sambil memperkuat bagian dan inti tubuh.

Cara melakukannya:

  • Mundurkan kaki kiri ke belakang dan usahakan tubuh tetap dalam keadaan lurus. Usahakan kaki kiri lurus hingga membentuk sudut 45 derajat dari lantai. Saat bersamaan, tekuk kaki kanan hingga membentuk 90 derajat  
  • Angkat lurus kedua tangan hingga telapak tangan menyatu ketika kaki kiri ke belakang. Pertahankan posisi ini selama 5-8 kali napas
  • Kembali ke pose semula dan lakukan gerakan ini dengan kaki satunya

Baca Juga: 5 Pose Acro Yoga yang Dilakukan dengan Pasangan, Pasutri Wajib Coba! 

3. Warrior II

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! verywellfit.com/Ben Goldstein

Setelah sukses dengan pose warrior I, kamu bisa melanjutkan dengan pose warrior II. Melansir CNY Healing Arts, manfaat dari gerakan warrior II adalah meregangkan kaki, memperkuat pergelangan kaki, relaksasi pinggul, meningkatkan stamina, mencegah osteoporosis, dan lain-lain.

Cara melakukannya:

  • Bawalah lengan kanan ke depan dan lengan kiri ke belakang. Usahakan kedua tangan dalam keadaan lurus
  • Tahan posisi perut di dalam dan posisikan tubuh atas sampai perut dalam keadaan lurus. Posisikan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat
  • Secara perlahan, majukan tubuh ke depan dengan lutut ditekuk 90 derajat dan tahan napas selama lima tarikan napas panjang
  • Kembali ke posisi semula dan lakukan dengan kaki yang lain

4. Bridge pose

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! shape.com

Pose yoga ini membuat tulang punggung lebih relaks, mengencangkan bokong, dan melenturkan tubuh.

Cara melakukannya:

  • Dengan posisi berbaring telentang, taruh kedua tangan di samping tubuh, dan rentangkan kaki selebar pinggul
  • Tekan kaki ke bawah dan angkat bokong dari matras
  • Tetap pertahankan kedua tangan di bawah. Ketika bokong diangkat, satukan kedua tangan di bawahnya.
  • Tahan 8-10 tarikan napas, lalu kembalikan posisi kedua tangan di samping tubuh dan turunkan pinggul. Ulangilah pose ini sebanyak dua kali

5. Child's pose

5 Pose Yoga yang Wajib Dikuasai Pemula, Gak Sulit Kok! verywellfit.com/Ben Goldstein

Child's pose ini termasuk gerakan yoga yang bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh, pikiran, dan mental. Kamu bisa melakukan pose ini sebelum tidur atau saat kamu butuh istirahat.

Cara melakukannya:

  • Posisikan tubuh duduk di lantai lalu majukan tubuh hingga kedua tangan lurus dengan telapak menempel ke matras
  • Turunkan dahi ke lantai dan biarkan tubuh relaks dan senyaman mungkin
  • Tahan posisi ini selama yang kamu inginkan

Yuk, jadikan yoga sebagai rutinitas harian untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Tidak perlu waktu lama untuk yoga, kamu bisa kok menyempatkan waktu hanya dengan 5 menit saja setiap harinya. Tetap semangat berolahraga, ya!

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga untuk Melancarkan Buang Air Besar, Cegah Sembelit! 

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya